Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Arti Kode Mil Motor Honda PGM-FI




Saat ini semua kendaraan bermotor semakin canggih, dengan adanya sistem injeksi sebagai pengganti karburator yang ada pada sepeda motor.
Namanya juga bikinan manusia pasti suatu saat semua komponen yang sudah lama juga bakalan rusak, Motor injeksi mempunyai indikator kedipan yang ada pada panel speedo meter, kedipan indikator itu bukan sembarang kedipan karna semua itu mempunyai arti bahwa salah satu komponen sepeda motor sedang mengalami masalah.
jika anda memiliki masalah dengan motor anda dan menemui indikator injeksi berkedip secara tidak normal sebaiknya anda segera perbaiki motor anda.
dibawah ini saya akan memberikan arti kedipan yang ada pada indikator injeksi sepeda motor honda PGM-FI.

1 kedipan

Kedipan ini  memberikan arti bahwa sensor MAP (Manifold Absolute Presure) sedang mengalami kerusakan. MAP sendiri berfungsi sebagai pendeteksi jumlah udara yang masuk ke dalam mesin dengan cara mendeteksi perubahan tekanan pada intake manifold. Ketika sensor MAP ini bermasalah maka yang akan terjadi MIL akan memberikan sinyal kedipan satu kali namun berulang ulang. Meskipun sensor ini rusak, mesin akan tetap hidup kan tetapi sebaiknya segeralah memperbaiki kerusakan tersebut.

7 kedipan

7 kedipan merupakan sinyal indikator kerusakan pada bagian sensor Engine Oil Temperatur (EOT) dan Engine Coolant Temperature (ECT). Sensor tersebut digunakan untuk mendeteksi perubahan suhu mesin dengan mengubahnya ke dalam perubahan pada nilai tambahan thermistor. Kemudian sinyal elektrik yang dihasilkan oleh sensor tersebut dikirimkan ke ECM untuk menyesuaikan jumlah injeksi bahan bakar dan waktu pengapian berdasarkan temperatur mesin. Sehingga jika terjadi kerusakan pada sensor EOT maupun ECT maka akibatnya mesin akan sulit dihidupkan pada kondisi mesin dingin.

8 kedipan

Kedipan ini merupakan kode kerusakan yang paling berpengaruh pada performa mesin. Sebab kode ini memberikan arti bahwa ada kerusakan pada sensor Throttle Position (TP sensor). TP sensor berfungsi untuk mendeteksi sudut bukaan throttle valve. Sehingga jika sensor ini rusak maka akselerasi mesin motor Anda akan menurun.

9 kedipan

Kedipan ini berhubungan dengan kerusakan pada sensor Intake Air Temperature (IAT). IAT di pasang agar dapat mengatur percampuran udara dan bahan bakar sesuai dengan temperatur udara pada intake. Jika sensor ini rusak memang tidak terasa berpengaruh pada mesin akan tetapi lebih baiknya jika Anda tetap harus memperbaiki kerusakan ini agar tidak menjalar pada komponen lain.

12 kedipan

Kode sinyal kedipan berjumlah 12 kali ini juga salah satu kerusakan sistem injeksi yang termasuk fatal. Bisa dipastikan jika MIL mengirimkan kode kerusakan sebanyak 12 kedipan maka pasti motor Anda dalam keadaan mati atau mogok. Sebab kode sinyal ini berasal dari kerusakan injektor yang menempel pada bagian throttle body. Jika injektor ini rusak maka penyuplaian bahan bakar ke ruang bakar menjadi terhenti dan membuat mesin akan mati.

21 kedipan

21 kedipan MIL adalah megisyaratkan bahwa sensor O2 yang terdapat pada motor Honda PGM-FI sedang mengalami kerusakan. Cara kerja sensor ini adalah untuk memperbaiki campuran udara dan bahan bakar dengan mendeteksi konsentrasi oksigen dari hasil pembakaran. Sensor yang terpasang pada bagian saluran pembuangan silinder head ini ketika terjadi kerusakan memang tidaklah berpengaruh pada performa mesin namun jumlah kedipan yang di dapatkan pada MIL memberikan saran agar Anda memperbaiki kerusakan tersebut.

29 kedipan

Sensor Idle Air Control Valve (IACV) mempunyai fungsi sebagai pengatur jumlah aliran udara yang mengalir pada putaran stasioner. Jadi dengan adanya sensor IACV, Anda tek perlu lagi menyetel aliran udaranya karena sudah otomatis menyesuaikan dari putaran mesin stasioner. Kerusakan sensor inilah yang menyebabkan MIL berkedip sebanyak 29 kali kedipan. Sensor ini berhubungan langsung pada putaran stasioner mesin sehingga jika terjadi kerusakan maka yang akan terjadi adalah mesin motor akan sulit untuk dihidupkan.

33 kedipan

Kedipan ini bukanlah berasal dari kerusakan sensor-sensor pada motor PGM-FI akan tetapi berasal dari kerusakan bagian otak motor Honda PGM-FI yakni dari Engine Control Module (ECM). ECM atau yang biasa disebut Enggine Contol Unit (ECU) berkerja dengan menerima sinyal yang dihasilkan oleh sensor-sensor yang tersdapat pada mesin kemudian ECU akan mengolah data tersebut menggunakan peta kinerja multi dimensi (look-up table) untuk menentukan pencampuran air, udara, bahan bakar yang digunakan untuk mesin Honda PGM-FI.

52 kedipan

Kedipan ini menandakan bahwa Sensor CKP pada bagian Spull motor error atau rusak, bisa juga dikarenakan kabel sensor CKP tersebut ada yang putus atau terkelupas dan bergesekan dengan mesin motor, sehingga kedipan mil dengan kode 52 akan muncul terus menerus, dan motor akan sering mati jika dibawa jalan bahkan tidak dapat hidup sama sekali.

54 kedipan

Kedipan yang terakhir ini memberikan pernyatan bahwa Bank Angle Sensor pada motor Anda mengalami kerusakan. Sensor ini berhubungan langsung pada keselamatan Anda ketika terjadi kecelakaan karena Bank Angle Sensor bertugas memberikan sensor posisi motor ketika terjadi
kecelakaan. Sehingga ketika motor terjatuh, secara otomatis sensor ini memberikan perintah untuk mematikan mesin. Jika Bank Angle Sensor rusak maka mengakibatkan mesin motor tidak bisa dihidupkan karena sensor ini akan mematikan beberapa fungsi komponen motor Anda seperti injector, fuel pump dan ignition coil.
Perlu Anda ketahui bahwa sepeda motor Honda yang mengadopsi sistem injeksi tidak memiliki semua sensor seperti diatas, akan tetapi semua sepeda motor Honda injeksi memiliki sinyal MIL untuk memberikan peingatan kerusakan fungsi dari komponen motor Honda injeksi.
Itulah arti kedipan pada indikator injeksi mesin sepeda motor honda PGM-FI.

Post a Comment for "Arti Kode Mil Motor Honda PGM-FI"