Arti Pin Kiprok Motor Yamaha, Honda, Suzuki

Mengenal tentang Regulator/kiprok pada sepeda motor, pada umumnya arus listrik yang dihasilkan dari spull sepeda motor adalah arus AC(Arus bolak-balik) maka dari itu pada setiap sepeda motor selalu dibekali dengan komponen yang bernama Regulator/kiprok.

Kiprok fungsinya sebagai penyearah arus listrik yang di hasilkan oleh spull motor menjadi DC(Arus searah) pada saat kondisi mesin hidup maka spull akan mengeluarkan arus listrik AC kemudian akan masuk ke kiprok dan keluar dari kiprok arus listrik yang dihasilkan dari spull tersebut akan menjadi arus DC.

Setelah arus listrik berubah menjadi DC maka akan masuk ke Aki motor dan ini di namakan sistem pengisian atau pengecasan karena aki motor adalah ber arus DC, jika aki motor sudah terisi penuh maka kiprok akan otomatis menghentikan pengisian pasokan listrik ke aki motor tersebut sehingga tidak terjadi overcharge terhadap aki.

Jika kiprok rusak maka sistem pengisian terhadap aki juga akan terhenti dan aki juga akan mengalami kerusakan, selain itu fungsi kiprok adalah untuk membatasi arus listrik dan mensetabilkan arus listrik terhadap lampu motor yang sumber listriknya didapat dari spull, jika kiprok rusak tidak hanya aki saja yang akan rusak tetapi salah satu penerangan motor yaitu lampu akan cepat putus pada saat rpm tinggi. 

Baca juga : Warna Kabel Semua Motor

Mari belajar bersama mengenal pin-pin yang ada pada soket kabel Regulator/kiprok sepeda motor.

  • YAMAHA

 

Pin 1 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning (ke lampu penerangan)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +)

  • YAMAHA FI
VIXION NVA
 
 
 
Pin 1 ke Aki +
Pin 2 Massa
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Spull
 
VIXION NVL
 
 
 
Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Lampu depan
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Massa

MIO M3

 

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Massa
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Spull

MIO J

 

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Lampu depan
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Massa

MX KING

 

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Massa
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Spull

R15 OLD

 

Pin 1 ke Spull
Pin 2 ke Massa
Pin 3 ke Aki +
Pin 4 ke Spull

JUPITER Z1 FI

 

 
Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Lampu depan
Pin 3 ke Spull
Pin 4 ke Massa
 
VIXION OLD


Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (massa dan negatif aki)
Pin 3 Kabel putih (ke spull)
Pin 4 Kabel putih (ke spull)
Pin 5 Kabel putih (ke spull)

NMAX

Pin 1 ke Aki +
Pin 2 ke Kosong
Pin 3 ke Massa
Pin 4 ke Spull
Pin 5 ke Spull
  • HONDA

 

Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel kuning (ke lampu)
Pin 3 Kabel putih (dari spull pengisian)
Pin 4 Kabel hijau (massa dan negatif aki)

HONDA TIGER DAN MEGA PRO PRIMUS


Pin 1 Kabel merah (ke batteray +)
Pin 2 Kabel hitam (ke kunci kontak, cdi, speedometer, lampu-lampu, dan kelistrikan lainnya
Pin 3 Kabel hijau (massa dan negatif aki)
Pin 4 Kabel kuning (ke spull)
Pin 5 Kabel kuning (ke spull)

 BEAT FI


Pin 1 Kabel merah strip hitam jalur ke kunci kontak
Pin 2 Kabel merah strip putih jalur ke aki
Pin 3 Kabel putih jalur dari spull pengisian
Pin 4 Kabel hijau Massa
Pin 5 Kabel kuning jalur dari spull penerangan dan dicabang menuju ke saklar dim (jauh dekat)
  • SUZUKI

 

Pin 1 Kabel hitam strip putih (massa dan negatif aki)
Pin 2 Kabel Putih strip merah (dari spull pengisian)
Pin 3 Kabel kuning strip putih (ke lampu)
Pin 4 Kabel merah (ke batteray +) 

Itulah penjelasan dari saya tentang arti dari pin kiprok sepeda motor jika ada yang mau menambahkan ataupun yang ditanyakan silahkan tulis di kolom komentar.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu