Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bunyi Ctek-Ctek Di Swing Arm Vixion


- Assalamualaikum abang-abang sekalian, jumpa lagi sama fz setelah sekian lama vakum nulis karena fz ikut pelatihan di suatu perusahaan. Jadi lama ga pegang komputer wkwk.

Oke, kembali lagi pada inti masalah yaitu munculnya bunyi-bunyi yang sangat tidak mengenakkan hati ini..

Yaaaaa betooll, suara ctak ctek ctak ctek bukan main bikin kesel.

Secara resmi kita jadikan tersangka dulu part yang bernama Bosh Monoshock Arm atau biasa dikenal sebagai Conrod, karena dari sinilah awal suara ctak ctek itu berasal.

Ini gambarnya,


Bisa dilihat ada 4 bearing di situ. Nah, bisa dipastikan terlebih dahulu dengan menggoyangkan tyre atau ban secara dikejut-kejut ke atas. Aduh gimana jelasinnya yaah, sampai sini abang2 paham ga..?


Nah, coba seperti foto di atas.. bannya dihentak ke atas supaya seolah-olah lagi nginjak lubang jalanan yang bikin timbul suara ctak ctek tadi.

Lalu bisa dipastikan secara langsung juga dengan membongkar Conrod tadi untuk melihat kondisi bearing conrod tersebut, jika bearing dan asnya sudah baret atau hancur/rusak jalan terbaiknya ialah mengganti bearing conrod tersebut.

Di bawah ini gambar salah satu kerusakan bearing conrod yang fotonya fz ambil dari sebuah grup vixion di facebook, nama membernya fz lupa.


Untuk harga bearing conrod berkisar 60 ribuan di online shop. Di bengkel biasa sama beres (bengkel resmi) fz belum tau karena conrod vixion fz juga baru aja muncul bebunyian hehehe. Nanti fz update lagi setelah tau harga pasarannya.

Lanjut part tersangka selanjutnya, Bearing Arm atau biasa dikenal dengan Bosh Porok.


Nah seperti itu bendanya, ada di ujung arm atau lengan ayunnya.

Untuk memastikan bearing ini yang oblak/rusak bisa dipastikan dengan cara menggoyang ban kanan kiri atas bawah, jikalau oblak, goyang dan sebagainya fix ini mesti diganti.

efek dari rusaknya bearing porok ini terasa pada saat menikung motor terasa oleng tidak stabil. Bukan itu saja, bunyi ctak cteknya juga mesti turut serta berpastisipasi.

Untuk harga bearing arm sendiri yang merk biasa (bukan ori Yamaha) fz kemarin sempat tanya itu kena 75 ribu. Berarti yg bagus sampe kualitas ori punya Yamaha bisa 100 ribu ke atas.

Fz juga tanya temen ada yang bilang sampai 180 ribu plus biaya pasangnya di bengkel biasa.

Lanjut ke part selanjutnya, yaitu Monoshock/Shockbreaker. Sering kali part ini jadi tersangka penyebab bunyi-bunyian tadi, ternyata tidak selalu.

Untuk shocknya hati-hati, seperti penuturan dari salah satu member di grup vixion juga, sudah ganti shock tapi masih tetap saja bunyi ctak ctek.

Betul, selama shock belum bocor atau rembes oli, maka pastikan dulu part-part ringan seperti bearing conrod dan juga bearing armnya yang rusak.

Dan kalau memang shock sudah rembes oli, berarti memang sudah waktunya untuk mengeringkan isi dompet. Duaarrrrr..

Yaps, harga shockbreaker tentunya tidak murah, sayang banget kan setelah ganti malah masih saja timbul bunyi-bunyi asing.

Terakhir, pastikan baut dan mur yang ada di swing arm sudah kencang. Bisa saja karena ada part yang longgar maka akan menjadi penyebab bebunyian asing saat motor melewati jalan yang tidak rata.

Itu saja dari fz tentang masalah bunyi ctak ctek di Vixion, utamakan keselamatan dan jangan lupa selalu konsentrasi saat berkendara. Stay cool dan...

Semoga bermanfaat.. :)

Post a Comment for "Bunyi Ctek-Ctek Di Swing Arm Vixion"