-->

Cara Agar Mudah Diterima Oleh Google AdSense Ala



- Yaps hai, setelah fz diterima menjadi publisher iklan Google Adsense, fz mau berbagi pengalaman mendaftar Google Adsense buat calon-calon blogger. Lebih tepatnya lagi, ini diary fz yang insyaallah dapat memberi pencerahan untuk blogger yang akan mencoba mendaftar Adsense.

Kenalan dulu deh, aslinya blog otomotif yang lebih menjurus ke bagian Tipsnya. Kalau mau nulis berita misal seperti berita otomotif fz agak kudet karena tinggalnya di hutan wkwk. :v

Bertepatan dengan bulan September 2017, pas 9 bulan setelah bulan Desember 2016 lalu fz mulai menulis di blog, fz diterima menjadi publisher iklan Google Adsense. Wah, pas banget ya kaya bayi. :v

Disitu, fz mengalami 2 kali penolakan oleh Google Adsense, yap sebut saja GA. Hanya saja, penolakan yang kedua merupakan penolakan terindah buat fz wkwkwk. Kenapa? karena sehari setelah email penolakan masuk dan fz lagi galau-galaunya, bergetarlah hp fz karena ada pesan yang masuk. Wah email dari google lagi, pas liat ternyata dari GA. Wah GA ngirim email lagi yang pratinjaunya "Situs Anda sekarang terhubung ke AdSe...". Uhhh gembiranya. :v Ini si GA ngasih surprise hahaha.


Lanjut, cara-cara seperti yang fz akan bagikan dan juga cara-cara di website lain sebenarnya tidaklah baku harus melakukan ini harus melakukan itu harus begini harus begitu. Tidak.

Ada blog yang mengatakan begini, blog yang mengatakan begitu, ada juga blog yang membantah keduanya. Cara agar GA dapat menerima si blogger ini untuk menjadi publisher iklannya ditentukan oleh blogger itu sendiri.

Misal blog A mengatakan agar mudah diterima oleh GA penanyangan harus 1000 per hari, hmm, nggak juga, fz penanyangannya cuma 100 perhari. Berarti kalau kayak fz bisa diterima? ya nggak juga. Karena ada teman fz penayangannya seratus per hari gak diterima. :v

Misal lagi baca blog B bilang jika sekarang daftar adsense buat blog sulit. Ah nggak juga. :v
Buat fz, mendaftar GA dan diterima oleh mereka merupakan hal yang bisa digambarkan dengan "untung-untungan". Kenapa? karena itu tadi, semua gak mesti harus begini begitu. Tapi, bukan berarti kita gak mau mengetahui, belajar dan mempelajari cara-cara dan pengalaman dari berbagai sumber bukan.?

Konsisten

Ini kuncinya sobat. Anggap saja seperti kendaraan, perlu sebuah kunci untuk dapat menghidupkannya. Agar blog hidup, selalu konsisten atau rajin dalam memposting artikel-artikel menarik, bermanfaat dan dapat membuat pembaca mengatakan "mantap". Emang iya pembaca bilang mantap,? ya engga juga. :v

Pilih karakter blog yang sesuai dengan kesukaan kita. Misal fz yang suka besi ya nulis juga tentang besi wkwk.

Jangan karena ingin disebut konsisten tiap hari ngupload artikel, artikelnya udah gak jelas copas 100% lagi. Jangan dilakukan yah sobat. Pasti pernahkan nyari artikel, 1 halaman pertama google artikelnya sama semua tentang cara menggali tanah dengan mudah (misalnya). Semua sama bilang menggunakan sendok, titik komanya, paragrafnya semua sama 100% tanpa ada editing. Inilah contoh blogger yang gak bakal maju. Walaupun sudah approve GA, gak bakal bertahan lama.

Kebanyakan memang blogger yang pemalas hanya bisa melakukan copas artikel. Padahal menjadi blogger banyak manfaatnya, sebelum kita menulis artikel, terlebih dahulu kita membaca artikel dari berbagai sumber dan membuatnya singkat padat dan jelas dalam postingan kita. Artinya,? kita jago nulis dan membuat kata-kata.

Menjadi blogger membuat kita banyak mengetahui hal-hal apa saja, terlebih artikel yang kita tulis merupakan keahlian kita, membuat kita menjadi lebih menguasai teori dan juga prakteknya.

Kembali ke konsisten, coba untuk selalu mengupload setidaknya 2 artikel sehari, sebulan,? 60 artikel kan lumayan. Jika kuat, bisa tambah 1 artikel lagi. :v
Kenapa harus konsisten,? karena jika memasuki tahap review GA, mereka akan menilai jika orang ini serius dalam mengelola blognya. Untuk penayangan atau traffic, akan bertambah seiring banyaknya artikel yang dibuat. Tapi ingat, "nggak juga". :v
Tapi ada tapinya, kalau konten berkualitas dan konsisten, konten akan cepat terindex oleh google. Untuk menempati posisi pertama di halaman pertama, butuh SEO atau Search Engine Optimitation. SEO apa,? fz juga masih belum paham betul gimana cara SEO. Untuk mempelajari SEO ini fz sarankan sambil saja.

Kelengkapan Blog

Yaps kelengkapan blog. Kelengkapan blog merupakan pendukung agar blog mudah diterima oleh GA. Kelengkapannya seperti laman About atau tentang blog dan juga adminnya, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap dan Contact.

Jangan lupa menambahkan widget seperti Popular Post, Arsip Blog, Label Pilihan, Menu Navigasi yang lengkap, Related Post, Tombol Share Google Plus, Facebook, Twitter dan widget Subscribe.
Tujuannya agar blog terlihat Professional.
Buang saja widget yang tidak berguna seperti jumlah penayangan hari ini, jam, kalender, inilah, itulah dan sebagainya yang dianggap tidak penting.

Nah, pemilihan tema atau template. Gunakan yang simple, keren, hurufnya enak dimata dan responsive, loading cepat dan berlatar belakang warna putih. Coba gunakan template ini : Newcon Blogger Template
Untuk mendaftar GA, syarat lainnya ialah usia blog minimal 6 bulan. Nah, selama 6 bulan itu, berjuanglah dengan keras.
Tapi pak, saya pernah lihat blog yang ada iklannya trus terakhir dia posting artikel 7 bulan yang lalu dan gak pernah lagi posting artikel sampai sekarang, itu gimana ceritanya.?
Itulah laki-laki wahai anakku, laki-laki itu kebanyakan berjuang di awal lalu cuek di akhir. Beda dengan wanita yang cuek di awal berjuang di akhir. Nah, mungkin seperti itulah realita dalam blogging wkwk. :v

Kesimpulannya agar mudah diterima oleh GA :
  • Konsisten update blog
  • Jangan pernah ada artikel copas (copas? idih gak kreatif amat)
  • Gunakan gaya bahasa sendiri saat menulis artikel (biar gak kaku)
  • Gunakan template blog sederhana, keren, tulisan enak di mata dan berlatar belakang putih
  • Buat laman seperti About, Privacy Policy, Disclaimer, Contact Me dan Sitemap
  • Gunakan hanya Widget yang penting, dan yang paling penting
  • Perbanyak berdoa agar diterima dan menjadi blogger yang sukses, aamiin.
Yups, tentang cara agar blog mudah diterima oleh GA sekian dulu dari fz. Terus berusaha, karena yang berusaha pasti akan memetik dan mendapatkan hasilnya. Oke, semoga bermanfaat.
LihatTutupKomentar