Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membaca Kode Pada Ban


- Salah satu elemen penting yang memikul tugas berat setiap saat. Agar ban awet, tentu spesifikasi harus sesuai antara mobil dengan bannya. Spesifikasi ban tertera pada sisi luar atau sidewall ban dengan kode-kode yang cukup membingungkan.

Kode selalu penuh misteri, dan secara genetis manusia selalu suka dengan misteri. Itulah kenapa anda masih berada disini. Oke, mari kita pecahkan kode ini agar mudah dipahami.

Contoh penulisan kode ban yang umum ditemukan : 205 / 60 R 15 92 H

Angka 205 menunjukkan lebar permukaan atau penampang ban mobil dalam satuan milimeter. Semakin lebar, maka daya ban menerkam aspal lebih kuat.

Angka 60 menunjukkan aspek rasio (Aspect Ratio) dalam satuan persen. Berarti, aspek rasionya 60%. Aspek rasio adalah hasil perbandingan tinggi dan lebar ban dikali 100%. Semakin besar aspek rasio ban, semakin nyaman namun kemampuan membelok semakin menurun dan begitu sebaliknya.

Huruf R menunjukkan tipe ban Radial. Radial pada ban mengacu pada arah lapisan ban (Rigid Breaker). Lapisan ban selain radial, ada juga tipe lapisan diagonal atau ban bias.

Angka 15 menunjukkan ukuran rim atau velg.

Angka 92 menunjukkan load index atau berat beban maksimal ban. Semakin besar angka load index maka semakin besar beban yang dapat dipikul oleh ban.

Huruf H menunjukkan speed rating atau kecepatan maksimum ban yang diizinkan. Jika mobil dapat melesat hingga 200 km/h, maka gunakan ban dengan kode H dengan kecepatan maksimum 210 km/h.

Ada beberapa lagi jenis penulisan kode ban, seperti di dalam gambar dibawah ini.


Ada tambahan dari Ply Rating, ply rating adalah ukuran kekuatan ban bias (ban alur lapisan diagonal). Semakin tinggi angkanya, maka semakin tinggi ban dapat menahan tekanan angin. Ply rating ini berbanding lurus dengan load index.

Berikut gambar ban yang lengkap dengan kode-kodenya.


Kode pada ban sangat perlu kita ketahui. Karena jika anda akan mengganti ban baru, ban tersebut harus sesuai dengan spesifikasi atau medan tempur ban nanti. Setelah itu selalu periksa kondisi ban apakah mengalami aus yang berlebih, aus yang hanya sebelah saja dan sebagainya.

Tentu karena harga ban yang tidak murah, maka perhatian kepada ban juga harus lebih tegas. Jika ban mengalami kerusakan dapat membahayakan seisi dompet.

Dan yang terakhir, ban juga menjadi support untuk keselamatan dan kenyamanan dalam berkendara. Sekian dari fz tentang cara membaca kode pada ban, semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Membaca Kode Pada Ban"