Cara Membuat Charger Aki Pakai Kiprok Motor

Cara membuat casan atau charger aki motor menggunakan kiprok motor yamaha vega r, dioda bridge(dioda kiprok) dan trafo 3 atau 5 ampere, pembuatan charger / Casan aki ini terbilang cukup sederhana dan mudah dikarenakan kita menggunakan bahan yang mudah dicari di sekitar kita bahkan kita bisa menggunakan barang bekas yang ada dirumah apabila sudah tidak terpakai tapi masih bagus dan berfungsi dengan baik.

Sebelum melakukan perakitan alangkah baiknya jika anda memperhatikan jenis kiprok motor apa yang akan digunakan untuk membuat charger aki tersebut yang pakai kiprok motor karena pada setiap kiprok memiliki pin yang berbeda - beda fungsinya, baik itu kiprok motor yamaha, honda, suzuki Atau yang lainnya, dan yang menggunakan dioda bridge perhatikan juga pada setiap pin nya disitu ada empat pin yang dua pin ada kode positif dan negatif nya nanti menuju ke positif dan negatif aki sedangkan yang dua pin lagi menuju ke trafo untuk pemasangan di bolak balik sama saja.

Baca Juga : Arti Pin Kiprok Motor

Kita juga harus berhati - hati untuk membuatnya jika kita salah maka akan merusak komponen tersebut dan tentunya juga kita akan menggunakan listrik PLN yang ada di rumah kita yang bertegangan tinggi. 

Saya akan membuat empat buah rangkaian charger dan menggunakan dua trafo yang berbeda yaitu trafo CT dan trafo non CT atau trafo NOL (0), jika menggunakan trafo CT maka pilih salah satu saja untuk pin 15 voltnya jika tidak ada 15volt bisa juga menggunakan 18volt karena nanti output dari kiprok hanya berkisar 13-14volt apabila menggunakan output travo12volt maka pengisian aki akan terasa lama bahkan susah untuk mengisi penuh dan dibawah ini saya sudah siapkan wirring charger aki otomatis menggunakan trafo 5 ampere dan kiprok motor yamaha vega r, dimana fungsi kiprok pada sepeda motor selain untuk pembatas arus lampu penerangan juga sebagai pengubah arus AC menjadi DC karena didalam kiprok tersebut ada rangkaian dioda sebagai penyearah dan terdapat juga IC sebagai saklar otomatis saat melakukan pengisian ke aki motor, maka dari itu saya menggunakan kiprok sepeda motor karena akan otomatis berhenti melakukan pengisian saat aki sudah terisi penuh. berbeda dengan rangkaian charger yang menggunakan dioda bridge (dioda kiprok) yang banyak dijual ditoko elektronik jika hanya menggunakan dioda tersebut maka charger tersebut akan terus melakukan pengisian walaupun aki sudah terisi penuh, yang nantinya akan merusak sel aki dan membuat aki cepat soak karena fungsi dioda bridge (dioda kiprok) hanya sebagai penyearah saja yaitu merubah arus AC menjadi arus DC.

 Rangkaian charger otomatis trafo CT pakai kiprok motor


 Rangkaian charger otomatis trafo non CT atau travo NOL (0) pakai kiprok motor
 

Rangkaian charger non otomatis trafo CT pakai dioda bridge (dioda kiprok)

Rangkaian charger non otomatis trafo non CT atau travo NOL (0) pakai dioda bridge (dioda kiprok)


Baca juga : Cara Membuat Rangkaian Instalasi Lampu Sein Motor

Pada gambar di atas adalah skema pemasangan casan atau charger aki yang menggunakan kiprok sepeda motor dan juga menggunakan dioda bridge (dioda kiprok), saya menggunakan trafo 5 ampere dan menggunakan output dari trafo yang menuju ke kiprok sebesar 15 volt, dan itu masih arus bolak - balik (AC), setelah kita sambungkan ke kiprok motor atau dioda bridge maka arus yang tadinya bolak - balik (AC) maka akan berubah menjadi arus searah (DC). dan arus tersebut akan setabil di tegangan searah (DCkurang lebih 13 - 14 volt  pada output kiprok motor dan dioda bridge tersebut.

Kiprok sepeda motor bersifat charger otomatis karena setelah aki tersebut penuh maka kiprok ini akan berhenti dalam pengisian atau pengecasannya, pada saat pengisian kiprok ini akan menjadi hangat karna pada saat itu kiprok masih bekerja untuk pengisian aki, tetapi setelah Aki penuh  maka kiprok akan menjadi dingin di karenakan kiprok sudah tidak melakukan pengisian terhadap aki ini sangat aman jika digunakan sewaktu kita tinggal pergi tidak kawatir over charge, sedangkan rangkaian charger yang menggunakan dioda bridge ini tidak aman jika kita tinggal terlalu lama bahkan sampai berjam-jam karena jika terlalu lama melakukan pengisian nanti akan terjadi over charge yang lama kelamaan akan merusak sel aki tentunya aki akan cepat rusak atau soak.

Mungkin itu sedikit penjelasan dari saya tentang pembuatan atau perakitan charger aki otomatis yang menggunakan sebuah kiprok sepeda motor, jika masih ada yang bingung silahkan bertannya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu