Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Rangkaian Instalasi Lampu Sein Motor Motor Honda

Sebenernya semua kendaraan telah di lengkapi dengan adanya lampu sein, dan lampu - lampu yang lainnya.
Tetapi apabila kita ingin membuat sendiri instalasi lampu sein pada motor kita yang mana lampu sein bawaan pabrik telah kita hilangkan karena kita telah meringkas kabel bodi sedemikian rupa sehingga jalur kabel - kabel lampu sein telah hilang berikut komponenya.

Dan akhirnya pada suatu hari sempat terfikir oleh kita untuk menambahkan lagi lampu sein tersebut ke sepeda motor kita itu.
Sebenarnya sangat mudah untuk instalasinya asalkan alat dan bahan yang di butuhkan telah tersedia dengan lengkap.

Di bawah ini saya akan menjelaskan cara untuk membuat lampu sein pada sepeda motor, alat dan bahannya sebagai berikut :

  1. Aki motor
  2. Flasher sein
  3. Sekring + rumahnya
  4. Lampu sein + fitting dan reflektor/rumah sein
  5. Saklar sein yang ada di setang motor sebelah kiri.
  6. Tang
  7. Gunting
  8. Isolasi
  9. Kabel secukupnya
Baca juga : Warna Kabel Semua Motor

 Cara pasangannya sebagai berikut :

  • Pastikan kiprok yang ada di sepeda motor kita masih berfungsi dengan baik untuk jalur pengisian/pengecasannya karena fungsinya untuk mengisi aki supaya aki tidak drop.
  • Pastikan kunci kontak juga masih berfungsi dengan baik karena selain untuk menyambung dan memutus kelistrikan mesin kunci kontak sepeda motor juga berfungsi untuk menyambung dan memutus kelistrikan lampu - lampu yang ada di motor.

Lihat instalasi berikut ini, saya menggunakan jalur warna kabel yang berbeda - beda supaya kita dapat dengan mudah untuk memahaminya.

  •  Pasang ke empat lampu sein motor dulu pada tempatnya masing - masing
  •  Pasang aki berikut sekringnya
  •  Sambungkan kabel massa (-) pada semua lampu sein motor dan sambungkan juga kabel massa tersebut ke sasis/mesin motor.
  •  Sambung kembali kabel dari semua lampu sein tersebut,  untuk lampu sein bagian kiri kita sambung ke kabel saklar sein bagian kiri dan untuk lampu sein kanan kita sambung ke kabel saklar sein bagian kanan.
  •  Sambungkan kabel dari saklar sein yang bagian tengah menuju kunci kontak
  •  Sambungkan lagi Kabel dari kunci kontak yang satunya menuju ke flasher sein
  •  Untuk flasher sein sepeda motor ada dua pin, Masing - masing pin tersebut ada lambang hurufnya yaitu huruf (B) dan huruf (L), huruf B berarti ke batrai dan huruf L berarti ke lampu, tapi sebelum menuju lampu harus melalui kunci kontak dan saklar sein terlebih dahulu
  •  Untuk label yang dari kunci kontak tadi pada nomor 7 kita sambungkan ke pin flasher huruf (L) dan kemudian pin flasher huruf (B) kita sambungkan ke sekring aki sepeda motor kita yang menggunakan arus positif (+).


Setelah anda melakukan langkah - langkah di atas dengan benar pastinya lampu sein akan menyala, dengan catatan semua komponen tadi masih normal dan dapat bekerja dengan baik.

Baca juga : Cara Membuat Casan/Charger Aki Motor Pakai Kiprok

Sekian dari saya artikel tentang membuat instalasi lampu sein pada sepeda motor dan semoga bermanfaat bagi pembaca setia blog saya ini.

Post a Comment for "Cara Membuat Rangkaian Instalasi Lampu Sein Motor Motor Honda"