Cara Membuat SIM C Baru 2019 Tanpa Nembak Lengkap

Cara Membuat SIM C Baru Tanpa Nembak Lengkap Cara Membuat SIM C Baru 2019 Tanpa Nembak Lengkap
SIM C
Bagaimana cara membuat SIM C ? Pertanyaan yang menggambarkan betapa sulitnya hanya untuk memiliki sebuah Surat Izin Mengemudi Sepeda Motor, Bener gak Brosis. Mengikuti serangkaian tes ujian teori SIM C plus diharuskan untuk mengikuti pula tes ujian praktek SIM C, membuat sebagian orang malas untuk mengurusnya.

Alhasil cara membuat SIM C nembak menjadi solusi terakhir yang hanya akan menguntungkan segelintir calo atau oknum-oknum tertentu. Sebenarnya untuk persyaratan membuat SIM C itu tidak terlalu ribet Brosis, yah tinggal nyerahin data diri saja plus beberapa tes kesehatan yang notabennya biaya pembuatan SIM C jauh lebih murah. Hal ini tentu berbeda dengan biaya membuat SIM C nembak yang cenderung melambung tinggi.

Perlu diketahui juga untuk memiliki SIM C sekarang sudah bisa dilakukan secara online dengan metode pembuatan SIM C Online ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mengurus SIM. Nah, langsung saja untuk teks prosedur cara membuat SIM C Offline Brosis bisa cek di bawah ini.

Cara Membuat SIM C 2019 Tanpa Nembak (Calo)

Kita awali dulu dari serangkaian prosedur atau langkah-langkah membuat SIM C motor ini, berikut gambarannya.

Prosedur Pembuatan SIM C Baru
Syarat Membuat SIM C
Serangkaian Tes Ujian Teori dan Praktik SIM C
Pembayaran Biaya Pembuatan SIM C
Pengambilan SIM C
Di bawah ini adalah beberapa rincian dimulai dari apa saja sih syarat-syarat membuat SIM C sepeda motor?

Syarat Membuat SIM C

Harap diperhatikan ya Brosis karena ini akan menjadi kendala jika salah satunya belum terpenuhi.
1. Seseorang harus berusia minimal 17 tahun.
2. Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).
3. Sehat baik secara jasmani atau pun rohani.
4. Berpenampilan rapi artinya memakai pakaian kemeja dan bersepatu.
5. Bersedia mengisi formulir permohonan tertulis.
6. Tidak buta huruf artinya bisa membaca dan menulis.
7. Membayar syarat Administrasi.
8. Mempunyai wawasan tentang peraturan lalu lintas serta tahu dasar-dasar mengendarai sepeda motor.
9. Bersedia untuk mengikuti semua aturan termasuk tes teori dan tes praktik pembuatan SIM.
Cukup mudah bukan tentang sekilas apa saja syarat membuat SIM C sepeda motor. Sekarang kita lanjut ke langkah-langkah membuat SIM C selanjutnya.

Cara Membuat SIM C

Adapun pembuatan SIM C baru bisa Brosis simak di bawah ini, sebagai berikut.
Cara Membuat SIM C Baru Tanpa Nembak Lengkap Cara Membuat SIM C Baru 2019 Tanpa Nembak Lengkap
Proses Tes Ujian Praktek SIM C
Fotokopi Kartu Tanda Penduduk
Hal yang pertama yang perlu Brosis siapkan adalah fotokopi KTP buat jaga-jaga jika tidak tersedia mesin fotokopi.

Surat Keterangan Kesehatan
Sediakan juga surat keterangan kesehatan jasmani dan rohani. Bisa Brosis peroleh dari Rumah Sakit Umum atau jika tidak mau repot bisa memanfaatkan fasilitas kesehatan di klinik kepolisian.

Pendaftaran dan Pengisian Formulir
Ambil formulir permohonan pembuatan SIM C dengan besaran biaya yang telah ditentukan. Selanjutnya isi formulir pendaftaran SIM C tersebut sesuai data diri. Jika sudah selesai silahkan serahkan ke petugas loket selanjutnya Brosis tinggal duduk manis sambil menunggu panggilan.

O iya bagi Brosis yang mau premi asuransi bisa mengurusnya dengan besara biaya sekitar Rp 30.000.

Tes Ujian Teori dan Praktek SIM C
Dalam sesi ini Brosis akan dihadapkan dua fase yaitu:
Tes Ujian Teori SIM C
Pada tahap ini Brosis diharuskan LULUS untuk bisa mengikuti tahapan selanjutnya, jika tidak Brosis harus mengulangnya. 
Tes Ujian Praktek SIM C
Selamat jika Brosis sudah lulus ujian teori kini saatnya Brosis melakukan ujian praktik mengendarai sepeda motor. Jika lulus Brosis bakalan dapat SIM C baru untuk pertama kalinya.
Lantas bagaimana jika tidak lolos atau gagal mengikuti ujian teori dan praktik pembuatan SIM C ?

Tenang saja Brosis masih memiliki banyak sekali kesempatan kedua ketiga keempat dan seterusnya hihi. Pihak kepolisian akan memberikan kesempatan berikutnya setelah tenggang waktu yang ditentukan, biasanya 7 hari, naik lagi jadi 14 hari, sampai 30 hari setelah gagal dalam mengikuti pembuatan SIM sebelumnya.

Lantas bagaimana jika kita tidak mau mengulangnya apakah biayanya akan dikembalikan?

Biasanya uang yang telah masuk akan dikembalikan Brosis, hal ini sebagai bentuk tanggung jawab pihak kepolisian.

Identifikasi Data Diri
Proses pembuatan SIM C berikutnya adalah proses pengambilan data diri Brosis sekalian. Biasanya akan dilakukan pengambilan sesi foto setengah badan, pengambilan sidik jari, dan juga tanda tangan.

Pengambilan SIM
Asyik SIM C sudah jadi sekarang Brosis tinggal menunggu untuk dipanggil. Berdoa saja semoga blankonya nggak habis, biar gak lama hehe.

Mudah bukan tata cara pembuatan SIM C sepeda motor ?

Hal yang perlu diingat bahwa masa berlaku SIM C adalah 5 tahun. Artinya apa bahwa untuk 5 tahun sekali Brosis harus melakukan perpanjangan SIM C, hal ini penting untuk memperbarui sekaligus mengaktifkan SIM lama Brosis sekalian. O iya perlu diketahui bahwa tanggal pembuatan SIM biasanya sama dengan tanggal lahir Brosis, jadi ya kalau ingat ulang tahun akan ingat pula perpanjang SIM C.

Berapa biaya membuat SIM C sepeda motor?

Tahap selanjutnya yaitu pembayaran biaya pembuatan SIM C motor berikut lampirannya.

Biaya Membuat SIM C

Golongan SIM C terdiri dari beberapa seri seperti: SIM C, SIM C1, dan SIM C2. Beda seri namun tetap sama di besaran nominal Brosis.

Besaran Jumlah Biaya Membuat SIM C Baru
Biaya SIM C adalah Rp. 100.000
Biaya SIM C1 adalah Rp. 100.000
Biaya SIM C2 adalah Rp. 100.000
Jika kita total keseluruhan dengan biaya tes kesehatan ditambah ikut asuransi yaitu sebesar Rp. 30.000 + Rp. 30.000 = Rp. 60.000. Jadi keseluruhannya menjadi Rp. 60.000 + Rp. 100.000 = Rp. 160.000.

Hanya menghabiskan Rp. 160.000 sudah dapat memiliki SIM C secara legal. Nah, jika Brosis pakai jasa calo SIM C besaran biaya yang harus Brosis tanggung biasanya Rp. 500.000 itu kalau nggak naik y hihi.

Baca Juga: Syarat Perpanjang SIM C Terbaru Lengkap

Sekian dulu untuk pembahasan tentang cara membuat SIM C baru, lebih baik murah tapi legal daripada mahal tapi ilegal. Lantaran sebenarnya syarat membuat SIM C itu mudah Brosis dan yang susah adalah lulus tes ujian teori SIM C serta lulus tes ujian praktek SIM C, maka dari itu persiapan yang matang jauh-jauh hari itu penting untuk mendapatkan SIM C Baru. Selamat berjuang dan ingat jangan gunakan jasa bikin SIM C nembak karena bisa menguras kantong xixi.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu