Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Rantai Motor yang Bagus Terkuat dan Terbaik

Cara Memilih Rantai Motor - Salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang memiliki peranan cukup vital yaitu rantai atau chain. Rantai motor berfungsi dalam menyalurkan tenaga dari mesin ke roda, lebih daripada itu kinerja rantai motor terbaik juga mampu memberikan performa lebih dalam menghantarkan tenaga putar. Rantai motor yang bagus biasanya juga lebih kuat dan tidak mudah putus, selain itu ciri-ciri rantai motor berkualitas baik tidak menimbulkan suara berisik saat rantai bekerja. Rantai motor bunyi berisik pastinya bikin kita tidak nyaman saat mengendarainya, lebih dari itu kondisi seperti ini biasanya juga menandakan rantai motor kendor.

Cara mengetahui rantai motor yang bagus bisa dilakukan hanya dengan melakukan pengamatan visual saja, bukan hanya dari desain dan jenis rantai motor. Rantai motor berkualitas biasanya terbuat dari logam terbaik untuk menghasilkan rantai motor terkuat. Rantai motor bisa mudah putus ketika menggunakan bahan yang berkualitas rendah, hal ini bisa Brosis rasakan ketika baru beberapa bulan pemakaian rantai motor sudah kendor. Selain itu teknik pengencangan dan pengaplikasikannya yang tidak tepat juga dapat memicu rantai motor cepat putus.

Tips Cara Memilih Rantai Motor yang Bagus

 Salah satu komponen pada kendaraan bermotor yang memiliki peranan cukup vital yaitu ranta Cara Memilih Rantai Motor yang Bagus Terkuat dan Terbaik
Rantai Motor

Tips memilih rantai motor terbaik yang bisa kita bagikan kali ini berdasarkan pengalaman pengendara sepeda motor pada umumnya, dalam kata lain bahwa tips ini sering dipakai untuk membeli rantai motor pada umumnya yang sudah terbukti tokcer.

1. Beli Rantai Sesuai Kebutuhan

Cara memilih rantai motor yang pertama bisa Brosis lakukan yaitu mengetahui tujuan penggunaan rantai motor tersebut. Apakah rantai yang Brosis beli untuk pemakaian sehari-hari, untuk touring, atau malah untuk arena balap. Kesemuanya pastinya memiliki kemampuan yang berbeda-beda, karena itu penting untuk mengetahuinya.

2. Pilih Rantai Berdasarkan Kapasitas Mesin Motor (CC)

Sepeda motor yang memiliki cc motor yang tinggi sekelas motor sport pastinya menggunakan rantai yang lebih kuat dari rantai motor standar lainnya. Sedangkan untuk rantai motor sekelas bebek dengan cc motor biasa saja, pasti menggunakan rantai yang sudah disesuaikan. Hal ini penting diperhatikan lantaran jika salah pilih rantai motor bakalan cepat kendor atau putus. Rantai motor yang tidak sesuai hanya akan membuat pengendara celaka, atau setidaknya performa mesin bakalan tidak bisa maksimal dengan konsumsi bahan bakar yang lebih boros.

Berikut beberapa gambaran acuan cara memilih rantai motor berdasarkan kapasitas mesin atau cc motor.

Motor 50 cc - 135 cc

Sepeda motor yang memiliki cc kecil sekelas motor bebek, sangat cocok memakai rantai motor untuk pemakaian harian. Rantai motor jenis ini dirancang dengan kekuatan daya tarik rantai standar, karena hanya untuk pemakaian dengan kecepatan dan penggunaannya yang tidak terlalu lama.

Motor 50 cc - 150 cc

Lanjut untuk rantai motor dengan cc yang lebih tinggi lagi, rantai motor jenis ini sangat cocok digunakan untuk pemakaian berkendara jarak jauh atau touring. Rantai motor dengan desain dan material yang kuat untuk pemakaian yang lama, rantai motor ini sangat cocok buat Brosis sekalian yang doyan menjelajah. Nah, sebagai contoh penggunaannya rantai motor ini bagus dipakai untuk motor Yamaha Vixion.

Motor 250 cc

Nah, untuk motor sport rantai motor yang digunakan lebih kuat dari sebelumnya. Hal ini selain karena cc yang lebih gede, juga rantai motor jenis ini juga digunakan untuk ajang balap sepeda motor. Rantai motor jenis ini memiliki tingkat ketebalan plat hingga 2 mm. Hal ini tentu saja bertujuan untuk menahan torsi yang besar dari mesin motor.

Dari semuanya umumnya semakin tinggi cc motor yang digunakan semakin mahal juga harga rantai motor yang harus Brosis beli. Jadi sudah tahukan harus memilih rantai motor yang mana?

3. Perhatikan Ukuran Gir dan Rantai

Nah, tips memilih rantai motor selanjutnya yang tidak boleh Brosis lalaikan adalah melihat ukuran rantai dan gir yang digunakan. Pilih rantai yang ukurannya sama dengan gir motor yang dipakai, hal ini penting lantaran jika tidak sama rantai motor jadi mudah lepas atau terlalu ketat. Rantai jadi tidak bisa berjalan lancar dan sering slek. Solusi mudahnya biasanya penjualan rantai motor ada yang dijual dalam kemasan satu set gir dan rantai. Jadi Brosis tinggal pasang dan tidak memusingkan ukuran gir dan rantai.

4. Penyesuaian Kekencangan Rantai

Jika sudah dapat memilih rantai motor yang bagus, kini saatnya cara menyetel rantai motor yang benar sesuai anjuran. Saat membeli rantai motor baru dan belum pernah dipakai, diperlukan perlakuan khusus untuk mengoptimalkan kinerja rantai motor ke depannya. Rantai motor yang baru berbeda dari rantai motor lama. Saat memasang rantai motor baru sebaiknya melakukan penyetelan ulang setelah satu minggu pemakaian pertama, hal ini lantaran kondisi rantai akan berubah dan tentu saja mempengaruhi tingkat kekencangan.

Tips tambahan untuk cara merawat rantai motor yang benar yaitu saat membersihkan kotoran rantai motor selalu pakai cairan pembersih khusus rantai. Hindari pemakaian bensin untuk membersihkan rantai, hal tersebut dapat mengikis grease bawaan rantai motor.

Nah, untuk perawatan rantai motor secara berkala Brosis bisa memberikan cairan pelumas khusus rantai atau chainlube. Patut kita ketahui bersama bahwa perawatan berkala ini dapat memperpanjang usia pakai rantai motor, selain itu tarikan motor jadi lebih ringan dan enteng tidak ngeden. Resiko rantai motor kendor hingga putus jadi dapat diminimalisirkan, karena melakukan penyetelan dan peremajaan rantai motor secara berkala.

Tips cara memilih rantai motor yang bagus semoga bisa membantu Brosis sekalian untuk mendapatkan rantai motor terkuat dengan kualitas terbaik sesuai keingingan. Nah, soal harga rantai motor pastinya disesuaikan dengan jenis dan bahan material pembuatnya. Selain itu rantai motor terbaik biasanya juga dibanderol dengan harga yang mahal, jadi siapkan budget ekstra untuk meminang rantai motor impian. Baca Juga: Merk Ban Motor Terbaik di Indonesia

Post a Comment for "Cara Memilih Rantai Motor yang Bagus Terkuat dan Terbaik"