Cara Mengetahui Knalpot Motor Bocor atau Rusak itu Mudah

Cara Mengetahui Knalpot Motor Bocor - Salah satu komponen kendaraan bermotor yang tidak boleh disepelekan keberadaannya yaitu komponen gas buang atau sering disebut knalpot. Meskipun knalpot motor hanya bertugas dalam membuang gas sisa-sisa pembakaran mesin, tetapi sedikit saja ada masalah pada knalpot bisa membuat performa sepeda motor menurun. Salah satu kerusakan pada knalpot yang sering terjadi adalah knalpot bocor, bukan hanya membuat akselerasi tarikan motor loyo tetapi juga bikin kenyamanan berkendara terganggu lantaran suara knalpot yang lebih berisik dari biasanya.

Penyebab knalpot motor bocor memang beraneka ragam tetapi mayoritas disebabkan karena sambungan antara pipa knalpot yang kurang rapat dan baut pengencang leher knalpot yang sudah kendur. Alhasil gas buang sisa pembakaran tidak keluar sebagaimana mustinya, hal ini tentu saja mempengaruhi tenaga mesin yang dihasilkan jadi tidak bisa maksimal karena knalpot bocor. Cara mengecek knalpot motor bocor memang bisa kita ketahui hanya dengan telinga kita, kendati demikian tetap kita harus mengecek knalpot bocor tersebut dengan seksama melalui beberapa tahapan cara mengetahui knalpot motor bocor di bawah ini.

Cara Mengetahui Knalpot Motor Bocor

 Salah satu komponen kendaraan bermotor yang tidak boleh disepelekan keberadaannya yaitu k Cara Mengetahui Knalpot Motor Bocor atau Rusak itu Mudah
Knalpot Motor Bocor

Akibat knalpot motor bocor selain menurunkan performa mesin juga dapat membahayakan pengendara lain, terlebih jika dikarenaka baut pengencangan leher knalpot motor yang kendur. Alhasil baut akan terlepas jatuh yang dapat menyebabkan ban mobil bocor jika melindasnya. Nah, untuk efek knalpot motor bocor bagi pengendara sendiri tidak begitu berbahaya selain hanya bikin kesal karena rasa capek mengendarai motor butut.

Nah, langsung saja berikut beberapa ciri-ciri knalpot motor bocor yang bisa Brosis ketahui dengan sangat mudah.

Salah satu cara mengetahui knalpot motor bocor atau tidak yaitu dengan mengendarai langsung sepeda motor kita, perhatikan ketika Brosis sekalian menarik gas dan menurunkan putaran gas tersebut. Amati apakah ada suara aneh kayak meledak-ledak atau suara knalpot menembak. Jika demikian dapat dipastikan bahwa knalpot motor bocor, terutama pada sambungan leher penghubung antara mesin dan knalpot.

Baca Juga: Cara Menghilangkan Karat pada Knalpot Bersih Mengkilap

Solusi knalpot motor bocor di atas bisa dengan mengencangkan kembali baut knalpot tersebut agar tidak lepas. Hal terpenting ketika hendak mau mengencangkan baut, harap berhati-hati karena baut motor masih dalam keadaan panas. Jadi diamkan sebentar sampai mesin motor dingin adalah cara terbaik yang bisa Brosis lakukan.

Adapun cara mengetahui knalpot motor bocor selain dari suara knalpot yang meledak-ledak yaitu dengan menghidupkan mesin dalam keadaan stasioner. Setelah itu Brosis sekalian bisa menutup lubang knalpot motor dengan menggunakan semacam karet atau sandal jepit. Amati apakah ada suara desis angin keluar selain dari lubang knalpot, jika demikian berarti knalpot motor bocor. Masalah ini biasanya terjadi pada sambungan knalpot motor, lebih tepatnya sambungan antara pipa knalpot motor.

Baca Juga: Knalpot Racing Mobil Terbaik di Indonesia

Cara mengatasi knalpot motor bocor karena sambungan pipa knalpot yang kurang rapat, dapat dilakukan dengan cara memberikan semacam lem khusus atau jika kondisinya parah bisa melakukan pengelasan terhadap sambungan knalpot tersebut. Ada juga alternatif cara memperbaiki knalpot motor bocor yaitu dengan memberikan kertas gerenjeng rokok sebagai penyumpal celah kerenggangan antar sambungan knalpot.

Lebih lanjut lagi tentang masalah knalpot motor bocor ini kerap melanda knalpot produk aftermarket knalpot KW atau tiruan. Knalpot jenis ini jarang sekali memiliki kualitas knalpot motor yang baik, kebanyakan problemnya ada disambungan antar pipa knalpot motor. Entah ukurannya terlalu kecil atau besar yang membuat angin mudah sekali keluar dari bodi knalpot, alhasil suara knalpot jadi jelek dan tidak gurih Bro. Selain itu packing knalpot yang rusak juga menjadi sebab knalpot motor mengalami kebocoran. Terlepas dari pembahasan di atas terkait cara mendeteksi knalpot motor bocor tersebut, memang sebenarnya hanya itu saja cara melakukannya sangat simpel dan mudah bukan untuk dipraktekan. Lantaran masalah knalpot motor bocor masih tergolong ringan dan mudah diperbaiki.

Sedikit tips cara mengetahui knalpot motor bocor di atas semoga dapat membantu Brosis sekalian terutama yang sedang mengalami masalah tersebut. Knalpot motor rusak dikarenakan bocor memang sangat mudah diatasi jadi Brosis tidak usah khawatir, cukup dengan menambalnya atau mengencangkannya masalah knalpot motor bocor selesai sudah. Baca Juga: Harga Knalpot PDK Terbaru dan Termurah di Indonesia

Post a Comment

0 Comments

Close Menu