Cara Mengganti Busi Motor yang Benar Dijamin Nyala!

cara mengganti busi sepeda motor yang benar Cara Mengganti Busi Motor yang Benar Dijamin Nyala!
Busi Motor



Cara mengganti busi motor yang benar itu tak jauh dari bagaimana tata cara kita melepas dan memasang kembali busi sepeda motor apakah sesuai dengan aturan service yang berlaku atau tidak.

Ganti busi sepeda motor biasanya dilakukan tak kala kinerja mesin sudah semakin tidak bertenaga atau loyo. Akibat busi motor yang rusak selain bikin tarikan mesin motor lemah juga bikin konsumsi bahan bakar mesin motor lebih boros dari biasanya. Lebih dari pada itu busi mati juga bikin motor rewel ketika mesin motor dihidupkan, capek bro!

Cara Mengganti Busi Sepeda Motor yang Benar

cara mengganti busi sepeda motor yang benar Cara Mengganti Busi Motor yang Benar Dijamin Nyala!
Letak Busi Motor

#Point 1
Langkah pertama pastikan mesin sepeda motor sudah dalam kondisi mati, kenapa harus dalam kondisi mesin mati alasannya sih biar nggak nyetrum Bro!

#Point 2
Sebelumnya perlu diketahui bahwa untuk ganti busi motor hal yang harus pertama Brosis lihat adalah letak busi tersebut biasanya disesuaiakan dengan jenis motor yang ada. Jika motor tersebut adalah tipikal motor sport atau bebek pastinya akan lebih mudah dijangkau karena posisinya yang berada disisi kanan silinder head, hal ini berbeda dengan tipikal motor matik yang cenderung lebih ribet karena letak busi yang berada di bawah body sepeda motor.

#Point 3
Langkah cara mengganti busi berikutnya adalah melepas busi dari mesin, caranya lepas kabel busi dengan cara mencabutnya kayak nyabut rumput Bro.
cara mengganti busi sepeda motor yang benar Cara Mengganti Busi Motor yang Benar Dijamin Nyala!
Kunci Busi Motor

#Point 4
Setelah melepaskan kabel busi, maka akan terlihat kepala businya. Langsung saja ambil kunci busi dan pastikan kunci tepat berada ditengah busi dalam kondisi ngancing, setelah itu putar kunci busi berlawanan arah jarum jam.

#Point 5
Terakhir silahkan Brosis cek kondisi elektroda busi tersebut apakah busi motor masih baik atau tidak.

Lantas adakah akibat serius jika kita telat ganti busi motor?

Bahaya Akibat Telat Ganti Busi Motor

Busi motor yang sudah hangus pastinya telah menurun kinerjanya dalam memantikan bunga api, kenapa bisa demikian? Hal ini lantaran komponen utama busi yaitu elektroda busi baik itu ground atau pusat sudah hangus yang mengakibatkan celah busi semakin melebar.
cara mengganti busi sepeda motor yang benar Cara Mengganti Busi Motor yang Benar Dijamin Nyala!
Celah Busi Motor
Misalnya kondisi celah busi sebelumnya adalah 0,7 mm dan setelah mengalami kerusakan celahnya melebar 0,8 mm. Walaupun melebarnya hanya sebesar 0,1 mm tetap saja itu bikin performa motor menurun.

Baca Juga: Trik Sepele Cara Merawat Kampas Kopling Motor ini Terbukti Awet Bro!

Selanjutnya lebih buruk daripada itu resiko telat ganti busi yaitu menularnya penyakit ke beberapa komponen terkait pengapian. Beberapa diantaranya seperti kabel pengapian, tutup busi, koil, dan baterai (aki). Rusaknya sebagian komponen ini dikarenakan arus listrik yang biasanya normal kini mengalami perubahan baik itu naik atau turun voltasenya.

Akibatnya apa Brosis harus merogoh kocek lebih dalam lantaran harus melakukan penggantian menyeluruh terkait komponen-komponen tersebut. Oleh karena itu gantilah busi sebelum busi motor mati atau motor mogok, karena menjaga lebih baik daripada mengobati Bro!

Baca Juga: Cara Praktis Mengganti Minyak Rem Motor Tanpa Ribet

Beberapa ulasan seputar tips cara mengganti busi sepeda motor yang benar serta resiko bahaya akibat telat ganti busi motor di atas semoga dapat membantu Brosis sekalian. salam satu aspal...

Post a Comment

0 Comments

Close Menu