Cara Mengganti Rantai Kamprat Sepeda Motor


- Rantai kamprat perlu diganti setelah rantai sudah sangat kendor dan tidak memungkinkan lagi untuk digunakan.

Yaps, jika kamprat sudah kendor dan terus bekerja maka akan mengakibatkan piston menghantam katup sehingga mesin akan sulit menyala atau bahkan tidak menyala sama sekali (kompresi bocor).

Ngeri banget kan.?

Lebih praktis sebenarnya untuk mengganti rantai kamprat hanya dengan membawa motor ke bengkel wkwkwk.

Tapi jika punya banyak waktu luang dan peralatan untuk bongkar-bongkar mesin juga lengkap, bisa deh dicoba ganti kampratnya sendiri.

Tutor ganti kamprat kali ini untuk motor sekelas moped/bebek/sport satu silinder aja. Untuk matic engga dulu.

Mang kenapa sama matic.? Rantai kamprat motor matic terletak di tengah-tengah mesin. Lalu kenapa jika rantai ada di bagian tengah mesin.?

Kabar buruknya, jelas harus bongkar bodi dulu trus turun mesin trus bongkar mesin sampai habis.

Kabar baiknya.? Jeng-jeng..!!

Jeroan mesin motor matic cukup sederhana karena hanya ada crakshaft (kruk as) aja. Tapi tetap aja harus bongkar mesin. Kalau suka main puzzle bisa dicoba ganti kamprat motor matic heheh. :v

Oke balik lagi,

Tadi sampai mana ya.? eh iya..

Fz jelasin langsung ke proses pergantian kampratnya aja yah. Karena setiap motor beda-beda, ada yang harus lepas bodi dulu, lepas ini dulu lepas itu dulu biar mesin bebas dari gangguan komponen lain.

Cara Mengganti Rantai Kamprat Sepeda Motor

Alat yang disiapkan :

  1. Kunci 8 T, pas & ring
  2. Kunci 10 T, pas & ring
  3. Kunci sok 12, 14, 17, 19
  4. Obeng plus/kembang (+)
  5. Obeng min (-)
  6. Kunci treker magnet
  7. Lap bersih
  8. Tali atau sejenisnya
  9. Wadah untuk oli mesin
  10. Palu 
Komponen yang disiapkan :
  1. Rantai kamprat baru
  2. Sealer atau paking baru *jika perlu
  3. Tensioner baru *jika perlu dan tensioner mulai rusak
  4. Motor baru *jika perlu wkwkwk
Langkah Pembongkaran Rantai Kamprat Motor

1. Tap/kuras terlebih dahulu oli mesin

2. Sembari menunggu oli mesin habis, longgarkan semua baut tutup magnet. Hati-hati dalam membuka baut tutup magnet, jangan sampai kepala baut slek atau patah di dalam. Gunakan kunci 8.

3. Pasang baut drain oli mesin, lalu lepas semua baut tutup magnet. Ingat posisi baut semula yang dilepas jika baut ada yang panjang dan pendek. Jangan sampai tertukar.

4. Buka baut pengikat tensioner, lalu angkat tensioner.

5. Buka penutup gear kamprat yang ada di bagian atas kepala silinder. Lalu lepas baut pengikat gear kamprat dan ambil gearnya.

Oh iya, kenapa fz gak di TOPin dulu mesinnya. Oke, jadi gini. 

Pada beberapa motor ada yang tidak memiliki tanda TOP atau posisi nol derajat mesin atau posisi paling atas piston. Artinya dikondisi ini semua komponen bebas, seperti kedua katup menutup. Pada posisi ini, piston melakukan langkah kompresi.

Jika tidak ada tanda TOP nya, maka beri tanda dengan tipp-ex pada magnet dan juga gear kamprat seperti ini.


Jadi memasangnya harus sama dan lurus lagi. Sama halnya dengan magnet, beri tanda seperti ini juga.

Untuk mengetahui posisi TOP piston tanpa adanya tanda ialah dengan mencabut busi dan memasukkan obeng untuk memastikan posisi piston sudah berada pada posisi paling atas.

Jadi, putar magnet sambil merasakan piston bergerak naik, pastikan piston paling atas, lalu beri tanda pada magnet dan juga gir kampratnya.

Jika pada magnet dan gear kamprat ada tandanya topnya, ditopkan boleh, tidak ditopkan juga boleh.

Lanjutt..

6. Longgarkan dan lepas baut pengunci pada rotor magnet dengan kunci sok 17 atau 19.


7. Pasang kunci treker magnet sampai cukup kuat, lalu putar bagian T kunci treker sampai mentok, lalu pukul dengan palu. Tapi santai saja ya om wkwk.


Jika magnet sudah lepas, pastikan spi magnet aman, lepas dan letakkan di tempat yang aman. Jangan sampai spi magnet hilang karena akan mengakibatkan pengapian meleset yang berujung pada motor tidak bisa hidup. Kalaupun hidup, pasti akan sinjal.



8. Lepas karburator, throttle body, dan komponen lain yang terhubung dengan kepala silinder.

9. Lepas baut pengikat kepala silinder, biasanya ada 4 buah dengan kunci 12. Ada dua lagi di sampingnya dengan ukuran kunci 8.

Tapi beda motor beda kunci yang digunakan yah, sesuaikan saja dengan baut yang ada di kepala silinder. Jika motor sport biasanya pakai kunci L.

10. Jika baut sudah lepas, tarik kepala silinder hingga lepas dan lanjutkan melepas blok silinder.

11. Dan lepas rantai kamprat lama.

Langkah Pemasangan Rantai Kamprat

1. Pasang rantai kamprat pada gearnya di kruk as.


2. Pasang blok silinder lalu tarik rantai kamprat hingga keluar dari blok silinder.

3. Pasang kepala silinder dan masukkan rantai kamprat ke dalamnya. Untuk mencegah rantai kamprat jatuh atau bergeser masuk ke blok silinder, ikat rantai dengan tali agar bisa ditarik nantinya.

4. Pasang semua baut kepala silinder dan blok silinder lalu kencangkan.

5. Pasang terlebih dahulu spi magnet lalu pasang rotor magnet.

6. Pasang baut pengikat magnet dan kencangkan secukupnya.

7. Putar magnet ke arah tanda TOPnya.

8. Ini yang sedikit repot, anda harus menepatkan tanda gear kamprat dengan tanda TOPnya saat tengah memasang rantai kamprat.


Yang harus diperhatikan sebelum memasang gear kamprat, yaitu memastikan noken as dalam keadaan "bebas". Artinya noken as dapat diputar bebas ke kanan ataupun kiri.

Jika noken as dalam keadaan bekerja (menekan katup) maka noken as tidak dapat diputar.

Untuk itu sebelum memasang gear kamprat, putar noken as untuk memastikannya bebas. Jika tidak bebas, putar hingga nokes as bisa berputar bebas.

Dan pastikan juga di magnet tidak berubah posisi TOP nya.


Jika gear kamprat belum lurus dengan tanda TOP mesin, tahan posisi rantai kamprat lalu putar gear kamprat turun satu mata rantai, jika masih kurang, tahan rantai lalu putar gear turun satu mata rantai lagi sampai terlihat benar-benar lurus dengan tanda topnya.

9. Jika gear kamprat sudah tepat lurus tandanya dengan tanda top mesin, putar noken as sampai pas dengan dua buah lubang baut pada gear kamprat. Pasang bautnya dan kencangkan.

10. Pasang penutup gear kamprat, sebelum menutup pastikan lagi posisi top mesin apakah sudah tepat.

11. Pasang komponen kepala silinder seperti karburator atau throttle body, selang-selang udara, knalpot dan sebagainya.

12. Pasang tensioner rantai kamprat. Nah, tensioner rantai kamprat ini dapat diputar dengan obeng min (-) untuk menaikkan penekan rantainya.

Putar terus sampai klik, diposisi itu tensioner terkunci agar bisa dipasang. Jika diputar lagi, penekan rantai kampratnya akan turun lagi secara otomatis.

Nah, putar lagi sampai penekan tensioner terkunci lalu pasang kedua bautnya. Setelah itu putar lagi hingga penekan rantai turun otomatis. Jika kurang yakin, putar lagi sampai ada suara "trek".

13. Pasang tutup magnet lalu pasang bautnya dan kencangkan secara menyilang.

14. Jangan lupa tuang oli mesin kembali.

15. Periksa lagi baut-baut yang sudah dipasang tadi, dan coba tes nyalakan motor.

Oke, gimana penjelasan fz..? bisa dipahami gak.? maaf banget kalau bikin pusing hehehe.

Satu lagi, tadi fz bilang ada sedia'in paking atau sealer gitu, itu buat jaga-jaga aja kalau pakingnya robek/bengkok/patah dan sebagainya.

Okedeh, sekian dari fz tentang ganti rantai kamprat sepeda motor, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu