Cara Menghilangkan Dan Mencegah Karat Pada Knalpot


- Karat memang selalu menjadi rival tangguh setiap besi. Salah satu yang harus berhadapan dengannya ialah knalpot. Knalpot yang posisinya terletak di bawah dan ditambah knalpot yang bersuhu panas membuat karat semakin mengincar si knalpot.

Karat yang membandel ini membuat tampilan motor atau mobil menjadi kurang berkesan, karena pandangan mata pasti tertuju kesana dan hati berkata "haha, keren sih tapi karatan.". Lalu bagaimana cara menghilangkannya? berikut fz sajikan.

Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot

1. Gunakan oli bekas
Menggunakan oli bekas cukup ampuh menghilangkan karat dari knalpot. Caranya cukup mudah, panaskan mesin hingga knalpot panas lalu oleskan oli bekas pada knalpot. Saat mengoleskan oli bekas, maka akan banyak asap.

Cara ini untuk menghilangkan karat yang baru bermunculan di permukaan knalpot. Untuk karat yang bandelnya luar biasa harus menggunakan cara yang lebih ekstrim lagi.

2. Gunakan bahan bakar minyak campuran solar dan pertamax
Cara ini dipercaya selain menghilangkan karat dari knalpot, juga dapat membuat knalpot lebih terlihat mengkilap. Untuk cara ini knalpot tidak perlu dipanaskan. Cukup dengan mengoleskan campuran bahan bakar tersebut lalu sikat dengan sikat gigi bekas. Jika masih ada karat, lakukan proses ulang.

3. Gunakan Porstex
Cara ini tidak fz rekomendasikan. Karena Porstex merupakan cairan pembersih porselen dengan bahan kimia yang cukup "keras" hingga dapat berbahaya bagi besi. Karat dapat dihantam oleh Porstex dengan mudah dan knalpot juga akan bersih mengkilap.

Tapi, setelah kering, karat akan lebih cepat kembali pada permukaan besi. Walaupun cara mengatasinya juga ada, tetap saja ini namanya kerja dua kali bukan.?

4. Gunakan pasta gigi
Pasta gigi digunakan untuk menghilangkan karat di permukaan knalpot yang dilapisi krom. Selain menghilangkan karat, pasta gigi juga membuat lapisan krom terbebas dari kusam dan membuatnya lebih mengkilap.

Cara menggunakannya cukup mudah, hanya dengan mengoleskan pasta gigi pada permukaan yang berkarat, diamkan beberapa menit lalu gosok hingga karat hilang dari peredarannya.

5. Gunakan amplas dan pilox atau spray paint
Lakukan ini jika karat sudah sangat membandel. Dengan menggunakan amplas kasar untuk melepas karat utamanya, lalu amplas halus untuk meratakan permukaan knalpot. Lakukan pengamplasan ke semua permukaan knalpot.

Setelah di amplas, bilas dengan air lalu keringkan. Sementara itu, cat semprot yang sering digunakan ialah bermerk Samurai Paint high Temp. Cat semprot lain yang berkualitas sama juga ada.

Setelah knalpot kering, semprot cat secara merata lalu jemur lagi di terik matahari. Nah cara ini selain menghilangkan karat dengan mudah, karat juga akan sulit untuk kembali lagi ke knalpot. Knalpot juga akan terlihat baru karena warnanya yang kembali cerah.


Untuk mencegah karat mengenang kembali masa lalu, cukup dengan menjaga kebersihan knalpot dari lumpur yang menempel setelah motor digunakan.
Jangan biarkan motor terkena air hujan. Selain membuat knalpot bertambah karat, juga akan mengganggu kesehatan cat motor.

Jadi, itu dia dari fz tentang cara menghilangkan dan mencegah karat datang lagi ke knalpot. Jaga selalu kebersihan knalpot, konsentrasi penuh saat berkendara karena keselamatan dimulai dari kita, untuk kita dan orang disekeliling kita. Oke, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu