Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor dengan Cepat!

Cara menghilangkan karat pada besi sepeda motor dengan cepat Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor dengan Cepat!
Karat Motor

Banyak cara menghilangkan karat pada besi motor yang dapat Brosis lakukan demi mengkilapkan si kuda besi kesayangan, mulai dari menggunakan bahan yang sudah sangat familiar sampai memanfaatkan barang yang tak terduga di sekitar kita.

Karat motor biasanya paling sering kita temui pada bagian leher knalpot motor Brosis, bagian ini sangat rawan buat kena beginian. Lantas adakah bahan-bahan mujarab buat bersihkan karat motor?

Sebenarnya ada banyak bahan yang kita manfaatkan demi memoles kembali tunggangan kita, langsung saja kita mulai bereksperimen dengan bahan penghilang karat besi ini.

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Sepeda Motor dengan Cepat

Amplas

Solusi pertama menuntaskan masalah besi tua ini yaitu dengan amplas, tool sederhana yang sangat ampuh mengusir karat pada besi motor.

Sangat mudah silahkan Brosis pilih jenis amplas besi yang dapat Brosis beli di toko material terdekat, ada yang berbahan kain atau pun kertas tergantung selera. Hal yang terpenting saat hendak mau membeli amplas yaitu tahu nomor amplas apa mau kasar, sedang, atau halus. Silahkan Brosis pilih sesuai kebutuhan, jika tidak tahu bisa diraba pakai tangan seberapa tinggikah tingkat kekasarannya.

Cairan Asam

Metode selanjutnya untuk menghilangkan karat motor ini berasal dari cairan asam yang ada di sekitar kita, bisa berasal dari bahan alami atau pun kimia.

Berikut bahan-bahan yang dapat Brosis manfaatkan, di antaranya :

#Cuka Apel
Bahan pertama penghilang karat motor datang dari dapur rumahan Brosis, larutan cuka ini dinilai efektif menumpas karat besi.

Adapun jenis cuka yang direkomendasikan adalah cuka sari apel bukan cuka putih biasa, sebenarnya juga bisa akan tetapi kurang maksimal.

Nah, untuk cara kerjanya bisa Brosis gosokan langsung menggunakan larutan cuka ini atau pun jika komponen yang karatan tergolong kecil cukup direndam semalaman bersama larutan cuka ini.

#Lemon
Alternatif selanjutnya dalam menumpas karat motor datang dari si kuning ini Brosis, silahkan Brosis belah jadi dua yang sebelumnya irisan lemon sudah ditaburi garam dapur agat lebih mudah dalam menghilangkan karat motor Bro. Gosok berulang kali sampai terkikis karatnya.

#Asam Klorida
Larutan ini sangat efektif dalam menghilangkan karat besi motor Brosis, silahkan gunakan untuk melihat hasil kinerjanya.

Ada baiknya setelah menggunakannya kita keringkan dibawah panas matahari, hal ini untuk membuat uap yang akan keluar walaupun besi sudah kering. Uap tersebut juga bisa mempengaruhi komponen lainnya, maka dari itu ada baiknya dibuang dulu.

#Asam Fosfat
Sama seperti halnya di atas larutan ini juga sangat manjur membuang karat Bro, bisa direndam atau pun dengan cara digosok langsung.

Agar hasil maksimal lebih baik direndam selama semalaman, dan segera kikis karat bisa menggunakan amplas atau pun lainnya.

Minuman Bersoda

Tips cara menghilangkan karat motor selanjutnya datang dari minuman ringan yang biasa kita konsumsi. Siapa sangka ternyata solusi bisa datang dari sebuah minuman kalengan.

Baca Juga : Panduan Cara Merawat Jok Sepeda Motor Anti Kusam dan Bolong

Caranya sangat mudah Brosis yaitu cukup merendam besi yang berkarat semalaman, jika sudah bersihkan dengan air sabun untuk hasil lebih optimal. Selain direndam bisa juga secara langsung dengan hanya menunggu berapa menit saja.

Cairan Khusus Penghilang Karat

Obat penghilang karat besi selanjutnya datang dari cairan khusus ini, sering kita dengar dan tak awam lagi kita melihatnya.

WD40 adalah cairan penghilang karat besi motor yang bisa kita dapatkan di toko onderdil Brosis, bentuknya dalam kemasan kaleng dengan dilengkapi pemantik spray.

Sebelum menggunakannya ada baiknya kita kocok terlebih dahulu selama beberapa saat, karena itu petunjuknya hehe.

Hasil maksimal dapat Brosis dapatkan dari beberapa kali semprot, 1-3 kali bahkan lebih untuk hanya menghilangkan karat motor (tergantung tingkat keparahan).

Beberapa alternatif lain cairan penghilang karat besi yaitu Metal Rescue Rust Remover Bath, The Works, The Works Basic, Acid Magic, dan Evapo-rust.

Bensin

Tips menghilangkan karat motor selanjutnya datang dari bahan bakar lebih tepatnya pertamax plus dengan kombinasi minyak tanah secukupnya.

Baca Juga : Tips Cara Merawat Mesin Sepeda Motor dengan Benar beserta Tips Cara Merawat Aki Sepeda Motor

Mudah saja Brosis hanya dengan campuran kedua bahan tersebut sudah bisa mengatasi bercak karatan pada motor. Biar lebih maksimal membersihkan karat motor ada baiknya juga digosok dengan sabut baja.

Soda Kue

Cara menghilangkan karat motor berikutnya adalah dengan soda kue dapat Brosis peroleh dengan menanyakan hal ini pada sang istri hehe.

Soda kue sangat akrab di dapur rumahan Bro, jadi bahan ini sangat mudah kita dapatkan. Selain itu ritual penmbuatannya yang bisa dibilang sangat mudah yaitu hanya membutuhkan dua bahan yaitu antara soda kue dan air.

Campurkan kedua bahan untuk kita buat sebagai pasta, usahakan jangan terlalu encer. Selanjutnya oleskan pada karat besi sambil digosok untuk hasil maksimalnya.

Alternatif lainnya untuk membersihkan karat motor Brosis bisa menggunakan hidrogen peroksida, jika ada. Simak Juga Review Kelebihan dan Kekurangan Rantai Motor, Belt, dan Shaft

Alat Khusus

Dalam hal membersihkan karat pada motor akan lebih mudah lagi jika kita mempunyai tool-tool khusus seperti gerinda dengan piringan bersabut besi atau pun lainnya.

Kasus motor karatan kerap kali menimpa beberapa komponen seperti : Knalpot motor, Rangka, Jari-jari dan Velg Roda, Rantai, sampai Swing Arm. Beberapa bagian motor tersebut menjadi langganan tetap penyakit besi tua ini.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor dengan Mudah

Nah, dari beberapa alternatif cara menghilangkan karat pada besi motor di atas untuk setiap cara ada baiknya selalu di gosok menggunakan beberapa alat seperti : sabut besi (seperti sabut pencuci piring), sikat baja, amplas, sampai kain sebagai finishingnya.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu