Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghindari Penyebab Ban Benjol


- Ban adalah piranti yang selalu menarik untuk dibicarakan, memberi kesan dan menegaskan bagaimana sebuah kendaraan tampil menarik dan juga untuk hal yang sangat penting yaitu keselamatan sang pengendara.

Tentunya, selalu menyempatkan waktu untuk perawatan yang lebih teliti dan memastikan ban tetap berada pada kondisi yang selalu layak untuk dipergunakan.

Jika tidak, usia ban kendaraan anda akan jauh lebih singkat dari yang seharusnya disarankan. Yang lebih celaka, bahaya mulai sering mengintai anda!

Satu contoh ban kendaraan anda mengalami benjol di sekitar sisinya atau di pertemuan antara tapak dan sisi ban yang langsung mempengaruhi kinerja sang ban.

Secara rakitan dan pola ban bergantung pada faktor gesekan antara kendaraan dan permukaan jalan serta beban kendaraan, lalu bagaimana bila ban terjadi benjolan?

Jawabannya sudah jelas, namun yang mesti dicari tahu adalah apa penyebab dari munculnya benjolan ban kendaraan secara tiba-tiba, berikut penjelasannya :

1. Seringnya kekurangan atau kelebihan angin pada ban
Membiarkan ban kurang angin atau gembos dalam waktu lama, dan sebaliknya begitu menambah angin justeru cenderung berlebihan ( ban mengalami deformasi bentuk ) adalah penyebab munculnya benjol pada ban.

Konstruksi ban, baik itu ban pelapis silang dan ban sabuk, serta ban radial yang saling bersilangan dengan sudut terhadap sumbu pusat ban akan mengalami suhu juga tekanan berbeda jika kondisi kekencangan berubah-ubah. Jaga selalu tekanan ban pada kondisi yang disarankan.


2. Hindari menggilas material yang dapat memberi tekanan berlebih terhadap telapak ban
Misalnya batu sebesar kepalan tangan atau sejenis benda lain yang perlahan tapi pasti akan menimbulkan benjolan pada ban kendaraan. 

Karena peristiwa ban benjol biasanya dipicu oleh masuknya udara diantara dua lapisan pembentuk ban. Udara itu akan berkembang  disaat ban menggelinding di jalan atau mendapat sodokan- tonjokan dari kepalan batu.

Ban benjol juga bisa disebabkab oleh ketidaktelitian saat proses produksi awal dari pabrikan beserta kegagalan sistem suspensi yang seharusnya menjaga kelurusan atau aligment roda pun menyumbang andil memperburuk ban kendaraan anda.

Akhirnya, jalan yang muluspun tak lagi terasa rata, resiko untuk celaka juga meningkat.

Ban benjol tidak bisa diperbaiki, cuma bisa diganti. Jika gagal mengantisipasi maka bersiaplah untuk rugi.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Cara Menghindari Penyebab Ban Benjol"