Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Dijamin Bisa

Belajar Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Dijamin Bisa
Belajar Cara Mengendarai Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar
Belajar cara menyetir mobil matic tentu saja berbeda dengan cara menyetir mobil manual, mengendarai mobil bertransmisi otomatis akan terasa lebih mudah daripada mobil bertransmisi manual yang notabennya lebih ribet dalam urusan cara memindahkan gigi mobil.

Cara oper gigi mobil matic bisa sangat nyaman lantaran kita tidak perlu menginjak kopling dan persneling, tinggal tancap gas saja. Oleh karena itu belajar mengemudi mobil matic untuk pemula memang sangat dianjurkan. Walaupun demikian tetap harus berhati-hati dalam mengendarai mobil matic, lantaran banyak kasus kecelakaan mobil matic.

Melihat kasus tersebut belajar menyetir mobil secara otodidak tidak disarankan, lebih baik menyisihkan sedikit buat biaya belajar mobil daripada harus mengorbankan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu belajar setir mobil tanpa kursus juga nggak dapat sertifikat mengemudi, lumayan loh bisa untuk ngurus buat SIM A baru.

Panduan ini ditujukan hanya untuk sebatas pengetahuan saja Brosis, untuk praktek mengendarai mobil harus ada instruktur ahli ya.

Ok langsung saja berikut tahapan cara menyetir mobil matic bagi pemula yang benar.

Cara Mengendarai Mobil Matic yang Benar dan Aman

Belajar Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Dijamin Bisa
Transmisi Otomatis Mobil Matic
Penjabaran selengkapnya tentang cara mengendarai mobil matic yang benar bisa dibaca di bawah ini yang terbagi dalam beberapa sub kategori.

Siapkan Mental

Saat pertama kali belajar membawa mobil pastikan Brosis tahu cara menghilangkan rasa takut menyetir mobil karena jika tidak yang ada mobil nggak akan jalan Brosis. Ingat persiapan mental itu penting di samping teknik menyetir mobil yang benar.

Paham Kode Stik Persneling Mobil Matic

Hal pertama yang harus Brosis ketahui saat mencoba mobil matic adalah tahu cara oper gigi mobil matic. Kenapa? karena ini sangat penting mengingat jika salah posisi dapat membahayakan atau berakibat mesin tidak hidup (mati).

Arti Kode Transmisi Matic

Berbeda dengan presneling mobil manual yang dipenuhi dengan angka-angka, persneling mobil matic lebih cenderung berisikan tombol-tombol.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil yang Benar dengan Budget Pas-Pasan

Berikut beberapa fungsi tombol pada tuas persneling matic:
Parking (P): Menandakan mobil dalam kondisi terparkir.
Reverse (R): Menandakan mobil siap untuk berjalan mundur.
Neutral (N): Menandakan mobil dalam kondisi bebas (tanpa gigi).
Drive (D): Menandakan mobil siap untuk berjalan ke depan.
Nah, untuk kode angka 1,2, dan 3 akan dijelaskan di bawah. Setelah kenal silakan lanjut ke berikutnya.

Tuas Presneling di Posisi P atau N

Saat menjalankan mobil matic pastikan tuas transmisi berada di posisi parking atau neutral, jika tidak biasanya mobil tidak akan menyala.

Saat hendak memindahkan ke posisi D (Drive) biasakan menginjak rem terlebih dahulu, hal ini untuk mengantisipasi mobil melaju mendadak.

Bedakan Pedal Rem Sama Kopling

Ketika Brosis sudah terbiasa mengemudikan mobil bertransmisi manual pastinya akan sedikit keder. Pasalnya kaki kiri yang sudah terbiasa menekan keras pedal kopling kini diharuskan menekan lembut pedal rem.
Belajar Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Cara Menyetir Mobil Matic Bagi Pemula yang Benar Dijamin Bisa
Pedal Gas (Kanan) & Pedal Rem (Kiri)
 
Itulah alasannya kenapa banyak terjadi kecelakaan, selain itu kerusakan komponen girboks kemungkinan terjadi.

Baca Juga: Apa Penyebab Pedal Kopling Mobil Keras?

Nah, untuk pemula yang baru belajar nyetir mobil matic bakalan lebih terbiasa mengenali kedua pedal ini yaitu rem (kaki kiri) dan gas (kaki kanan).

Gunakan Riding Mode

Menggunakan mode berkendara tentu saja sangat dianjurkan, salah satu alasannya mesin mobil akan mengatur secara efisien penggunaan bahan bakar. Salah satu dampaknya konsumsi bahan bakar jauh lebih irit lantaran mesin bekerja tidak terlalu ekstra atau santai.

Nah, sebaliknya jika Brosis sudah mahir dan suka dengan kecepatan bisa diupgrade ke mode sport untuk performa mesin yang maksimal.

Gunakan Presneling Manual

Saat belajar nyetir mobil matic akan lebih baik jika mengaktifkan manual mode. Caranya cukup tekan tuas transmisi ke posisi M (Manual).

Selebihnya tentang arti kode + - transmisi matic adalah posisi perpindahan gigi. Pilih (+) untuk menambah gigi dan pilih (-) untuk mengurangi gigi.

O iya beberapa mobil matic mungkin sudah memiliki fitur paddle shift artinya perpindahan gigi transmisi bisa dilakukan sekaligus pada setir mobil tanpa harus memegang presneling.

Cara Mengemudi Mobil Mundur

Sudah bosan maju dan ingin mudur? Berikut cara menyetir mobil matic saat mundur yang bisa Brosis sekalian ikuti.

Pertama-tama pindahkan tuas presneling ke posisi R (Reverse). Rasakan getaran mesinnya biasanya walaupun pedal gas belum diinjak mobil akan berjalan mundur secara perlahan. Saat menginjak pedal gas usahakan secara perlahan, sambil mata melihat spion kanan dan kiri. Jangan biasakan menengok ke belakang ya Brosis bikin pegel leher.

Belajar Nyetir Mobil Di Tanjakan

Sudah bisa nyetir mundur sekarang saatnya belajar cara menyetir mobil matic di tanjakan. Ketika menanjak hal penting yang harus diperhatikan adalah seberapa terjalnya tanjakan tersebut, semakin naik maka gunakan gigi terkecil mungkin biar powernya besar.

Ketika hendak mengendarai mobil matic di tanjakan pastikan Brosis tahu dulu fungsi angka 1,2, dan 3 pada transmisi. Selebihnya beberapa mobil sudah didukung dengan tuas transmisi L yang fungsinya juga sama.

Biasanya tertulis D1, D2, dan D3. Pilih salah satu sesuai keadaan jalan, perbandingannya seperti berikut:
Posisi Transmisi D1 batas kecepatan antara 0-30 Km/Jam.
Posisi Transmisi D2 batas kecepatan antara 40-50 Km/Jam.
Posisi Transmisi D3 batas kecepatan antara 60 Km/Jam.
Cara menaiki tanjakan curam dengan mobil matic terasa mudah jika kita paham akan kondisi jalur dan pengoperasiannya.

Belajar Nyetir Mobil Di Turunan

Sudah berhasil melibas tanjakan terjal kini saatnya kita belajar cara mengemudi mobil matic di jalan menurun. Sama halnya saat nanjak ketika turun pun posisi transmisi disarankan berada di D atau L.

Tips cara menyetir mobil matic di turunan adalah memanfaatkan Engine Brake (Rem Mesin) yaitu memposisikan transmisi ke gigi kecil untuk memperlambat laju kendaraan. Jangan gunakan posisi Neutral (N) karena hanya akan mempercepat laju kendaraan, akibatnya selain boros kampas juga rawan terjadi terkuncinya rem mobil.

Cara Mengendarai Mobil Matic di Lampu Merah

Bagaimana posisi transmisi yang benar saat lampu merah? 
Pertanyaan yang sering muncul di benak pengendara. Begini penjelasannya saat mobil matic berada di lampu merah sebaiknya posisi transmisi berada di posisi Neutral (N).

Kenapa demikian?
Karena jika Brosis menempatkannya di posisi D (Drive) maka kampas kopling bakalan terus bergesekan yang menyebabkan kampas kopling cepat aus dan mengurangi kinerja transmisi otomatis mobil matic.

Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan Deras di Jalanan Licin

Selain itu saat berada di lampu merah sebaiknya perilaku stop and go dibuang jauh-jauh Brosis. Suka menggeber mobil matic ketika lampu hijau sama saja merelakan katup solenoid rusak, karena sistem perangkat transmisi otomatis biasanya memerlukan waktu beberapa detik sebelum menghasilkan tekanan dari pelumas ke konverter torsi.

Cara Mengerem Mobil Matic yang Benar

Saat melakukan pengereman pada mobil matic sebaiknya jangan terlalu keras menekannya kecuali dalam keadaan terdesak.

Baca Juga: Tips Jitu Cara Mengemudi Jarak Jauh Agar Tidak Ngantuk

Adapun cara mengerem mobil matic di tikungan yang benar adalah dengan tidak terlalu membanting stir terlalu dalam biasanya mobil akan ngedrif. Setir mobil tetap dalam keadaan tenang sambil perlahan injak pedal rem dan melepaskan pedal gas.

Cara mengendarai Mobil Matic di Kemacetan

Tipsnya sama ketika kita berada di lampu merah, bedanya jika macetnya sebentar tinggal jalan secara perlahan. Usahakan juga untuk mengurangi arogansi menekan klakson mobil secara berlebihan karena hanya akan menambah panas suasana kemacetan.

Cara Parkir Mobil Matic yang Benar dan Aman

Belajar cara menyetir mobil matik selanjutnya adalah tata cara parkir mobil matic yang benar.

Untuk pemula cukup belajar cara parkir mundur mobil matic sudah lebih dari cukup Brosis, karena untuk parkir seri dan paralel bisa dipelajari seiring skill mengemudi yang semakin meningkat.

Saat hendak atret mundur Brosis pastikan dulu mobil dalam keadaan berhenti sebelum memindahkan tuas transmisi ke posisi R (Reverse). Hal ini bertujuan untuk menghindari kerusakan komponen karena perpindahan transmisi yang kasar.

Setelah mobil berhenti tepat di parkiran, saatnya Brosis menarik rem parkir (hand brake) untuk menahan agar mobil tidak berjalan sendiri. Cara menggunakan rem parkir adalah dengan menarik pegangannya sambil ujungnya ditekan.

Setelah lancar mengemudikan mobil silakan Brosis mengajukan permohonan pembuatan SIM.

Baca Juga: Cara Membuat SIM Mobil Baru Secara Lengkap

Panduan belajar cara menyetir mobil matic bagi pemula yang benar ini semoga dapat membantu Brosis sekalian dalam mengendarai mobil matic secara aman dan nyaman.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu