Cara Merawat Kendaraan Yang Berwarna Putih


- Kendaraan baik mobil maupun motor yang berwarna putih memiliki kesan yang natural, bersih dan mewah. Itulah kenapa kendaraan yang berwarna putih selalu menjadi incaran para pemilik.

Tapi, warna putih lama kelamaan akan "menguning" atau kusam. Hal ini menjadi momok menakutkan bagi sebagian orang dan akhirnya membuat orang enggan untuk memilih warna putih. Memiliki kendaraan yang berwarna putih harus punya penanganan istimewa. Berikut fz uraikan cara merawat kendaraan yang berwarna putih.

1. Hindari memarkir kendaraan di bawah terik matahari
Penyebab utama cat kendaraan warna putih menguning ialah akibat terkena cahaya matahari yang berlangsung lama dan rutin setiap hari. Sebenarnya yang menguning bukan warna putihnya, melainkan lapisan yang biasa dikenal "clear" atau pengkilapnya yang mengusam hingga menimbulkan efek kuning.

Hal ini berlaku untuk semua warna, karena panas dari terik matahari tidak mengenal warna cat dan kualitas cat apapun yang berujung pada buruknya tampilan kendaraan. Untuk itu, usahakan cari tempat parkir yang teduh juga aman.

2. Setelah terkena air hujan, segera bilas dengan air bersih
Hujan juga bisa membuat cat putih menguning. Ini diakibatkan karena terdapat kadar asam pada air hujan. Terlebih lagi jika hujan panas, kadar asam pada air hujan lebih tinggi. Itu akan berdampak buruk pada cat dan tidak luput juga komponen-komponen lain kendaraan yang akan terkena korosi.

Jadi, segera bilas kendaraan dengan air bersih saat sampai di rumah.

3. Ketahui cara mencuci kendaraan yang benar
Seperti menggunakan air yang bebas dari garam maupun zat-zat lain. Selain itu gunakan sabun khusus yang berkualitas agar tidak meninggalkan jamur atau bercak-bercak bekas sabun.

Gunakan kain atau sponge yang bersih dan bebas dari debu ataupun pasir. Hindari mencuci kendaraan di bawah terik matahari karena akan membuat sabun kering di permukaan cat. Setelah selesai mencuci, segera lap bodi kendaraan dengan lap sintetis yang berdaya serap air tinggi untuk menghindari bercak air pada cat.

4. Lakukan perawatan khusus pada cat secara berkala
Seperti dengan memberikan cairan penghilang jamur atau bisa juga wax agar jamur hilang dan membuat cat lebih mengkilap. Jika ingin hasil lebih maksimal dan juga simpel, bisa dengan membawa kendaraan ke salon khusus kendaraan.


Sebenarnya, warna apapun jika tidak diperhatikan baik-baik pasti akan mengalami kekusaman juga. Hanya saja memang warna putih ini lebih cepat terasa. Pemilik kendaraan yang berwarna putih harus lebih ekstra memerhatikan kendaraannya.

Untuk itu, rawat dan jaga selalu kendaraan agar tetap gagah saat menemani kita di perjalanan, oke, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu