Cara Merawat Mobil Bermesin Diesel dengan Benar Itu Mudah

 Mobil diesel sudah sering kita jumpai akhir Cara Merawat Mobil Bermesin Diesel dengan Benar Itu Mudah
Mesin Diesel

Mobil diesel sudah sering kita jumpai akhir-akhir ini, kemampuan dan kinerja mesin diesel memang sudah tidak diragukan lagi, oleh karena itu penting bagi setiap empunya untuk mengetahui cara merawat mesin diesel dengan tepat agar terhindar dari kerusakan tentunya.

Cara merawat mobil bermesin diesel cukuplah mudah walaupun memang sedikit ribet ketimbang mesin bensin, akan tetapi jika sudah terbiasa akan terasa mudah dan menyenangkan.

Adapun beberapa tahapan cara merawat mobil diesel terbagi dalam beberapa metode yang sudah saya rangkum di bawah ini.

Cara Merawat Mobil Bermesin Diesel dengan Benar Sesuai Anjuran


Bahan Bakar

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai sumber tenaga mesin diesel ini Brosis, konsumsi bahan bakar jenis solar tetaplah sama dengan bensin.

Baik cara perawatannya tidak jauh berbeda, seperti : penggunaan jenis solar yang baik tentu saja akan berdampak pada kebersihan mesin serta gas buang yang lebih bersahabat, selain itu pemilihan solar yang bagus juga mempengaruhi kinerja mesin yang tinggi dengan daya yang maksimal.

Nah, untuk mendapatkan solar yang berkualitas usahakan untuk memilih solar dengan kadar sulfur yang rendah. Hal ini dikarenakan solar jenis ini lebih ramah terhadap mesin, salah satunya mesin jadi lebih tenang dan tarikan mesin lebih ringan dengan hasil pembakaran yang ramah lingkungan.

Satu lagi khususnya dimesin diesel jangan sampai tangki bahan bakar kosong atau habis di jalan, hal ini bisa mengakibatkan mesin diesel masuk angin.

Nah, untuk mengantisipasinya usahakan untuk selalu mengecek lampu indikator mobil dan jangan biarkan sampai menyala Bro. Khususnya untuk mesin diesel pompa depan model vakum atau hisap, harus lebih berhati-hati.

Pelumasan

Lanjut ke tahap berikutnya tentang cara merawat mesin diesel yaitu dengan memperhatikan kualitas oli dari sitem pelumasan mesin diesel tersebut, selalu gunakan oli yang berkualitas untuk kinerja mesin lebih optimal.

Pemilihan oli mesin diesel yang encer dapat mengakibatkan keausan dari masing-masing komponen mesin Bro, selain itu getarannya juga makin hebat plus suara berisik mesin yang memekakan telinga.

Lain ceritanya jika oli mesin diesel kental juga dapat mempengaruhi kinerja mesin, salah satunya mesin jadi lebih ekstra lagi dalam menggenjot.

Oleh karenanya ada baiknya selalu lihat pedoman kekentalan oli (viskositas) yang disarankan lewat buku petunjuk masing-masing kendaraan.

Kinerja mesin diesel yang lebih ekstra dengan temperatur yang tinggi membuat kita kudu jeli akan sistem pelumasan mesin diesel.

RPM Mesin

Nah, perawatan mesin diesel yang satu ini cenderung berbeda dari sebelumnya. Rpm kendaraan bermesin diesel harus lebih sering dipacu untuk kesehatan injector serta ruang bakar mesin agar selalu prima.'

Kendati demikian untuk mendapatkan Rpm yang diinginkan, tidak harus selalu bertaruh nyawa kebut-kebutan di jalan.

Patokan Rpm sebesar 3000rpm, rasanya sudah cukup membuat mobil Brosis lebih bugar dan sehat.

Filter Bahan Bakar

Tips cara merawat mesin diesel berikutnya datang dari filter solar Bro, berbeda dari mesin bensin mesin diesel masih memerlukan sket pemisah antara solar dengan air.

Filter solar sangat penting peranannya dalam menjaga kinerja mesin, berguna dalam membuang air pada solar itu sendiri lantaran bahan bakar solar sendiri terdiri dari dua unsur yaitu solar dan air.

Buka kran filter air jika dirasa sudah penuh, biasanya akan muncul pemberitahuan di dashboard panel mobil yang berkedip menandakan air yang sudah penuh.

Nah, untuk penggantian filter solar baiknya setiap 10.000Km bersaomaan dengan penggantian oli mesin. Namun, jika malas bisa juga diganti setiap mucul peringatan di dashboard mobil walaupun cara seperti ini tidak dianjurkan dilakukan.

Filter solar yang mumpuni akan berdampak pada kebersihan bahan bakar yang bersih dengan aliran bahan bakar ke mesin yang lebih lancar.

Filter Udara

Selain filter bahan bakar hal yang perlu dibersihkan secara rutin yaitu filter udara Bro, lakukan pembersihan menggunakan udara bertekanan untuk hasil maksimal.

Lakukan pembersihan secara terjadwal untuk menjaga kinerja mesin tetap prima, pembersihan bisa dilakukan sesering mungkin jika kondisi lingkungan sangat berdebu.

Suhu Pendinginan

Penting untuk tetap memperhatikan suhu kerja mesin terutama saat melakukan pedinginan, usahakan jika Brosis sering melakukan perjalanan jauh ke luar kota mungkin atau touring. Sebaiknya dalam melakukan pendinginan harus tetap memperhatikan cara yang dianjurkan, usahakan jangan langsung mematikan mesin usai touring Brosis.

Hal tersebut bisa berakibat Turbo charger cepat rusak, itu dikarenakan proses pendinginan mesin yang kurang sempurna.

Proses pendingan mesin yang dibantu oleh sirkulasi oli, memang tidak dianjurkan mesin langsung dimatikan begitu saja. Pasalnya pada saat itu komponen Turbo charger masih sangat panas-panasnya atau overheat, karena itu memerlukan pendingingan secara bertahap.

Pemanasan Mesin

Cara merawat mesin diesel selanjutnya mungkin sudah sangat familiar sekali, seperti : memanaskan mesin sebelum digunakan, penting untuk dilakukan untuk sirkulasi oli secara menyeluruh ke setiap komponen.

Lakukan pemanasan setiap kali mau bepergian atau pun tidak, mesin yang sering dihidupkan akan lebih baik ketimbang mesin yang sering mati.

Beberapa tips merawat mesin diesel tersebut memang sangat mudah kita lakukan, maka dari itu lebih baik mencegah sebelum kerusakan terjadi. Karena kita tahu sendiri jika kendaraan bermesin diesel sudah masuk bengkel biasanya ongkosnya cenderung melejit.

Baca Juga : Detil Perbedaan Mesin Mobil Bensin dan Diesel Secara Lengkap

Kabar baiknya mesin diesel sekarang jauh lebih optimal dalam kinerjanya, seperti penambahan Common Rail di sistem bahan bakarnya dan juga Exhaust Gas Recirculating untuk sistem gas buangnya, serta tak luput Turbo Charger sebagai penyempurna kinerja mesin dan gas buang.

Meskipun demikian pemahaman cara merawat mesin diesel harus kita ketahui dan juga terapkan untuk mesin diesel lebih sehat dengan performa yang prima, cukup sekian edisi Tips Otomotif kali ini salam...

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu