Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setel Klep Motor

Klep Pada kendaraan bermotor sangatlah penting dan jika Penyetelan klep pada sebuah Sepeda motor jika terlalu rapat ataupun terlalu renggang ini juga akan bermasalah pada kerja mesin motor.
Jika klep terlalu rapat ini akan menyebabkan terjadinya kebocoran kompresi, dan motor susah hidup jika di pagi hari, karna saat pagi hari motor tersebut sudah dingin lain halnya jika motor dalam keadaan panas maka klep akan sedikit merenggang dan motor mudah dihidupkan tapi motor susah sekali untuk langsam.

Untuk penyetelan baiknya jika motor dalam keadaan dingin karna belum adanya pemuaian terhadap mesin.
Walaupun stelan klep saat ini sudah pas tapi stelan klep tersebut suatu saat dapat berubah karna AUS entah itu noken as, roker arm, stelan klep, atau pun rantai sentrink/rantai ketengnya.
Apabila di kepala silinder terdapat bunyi tik tik tik saat mesin pelan dan jika di gas suara tersebut jadi samar-samar dan bahkan hilang itu berarti klep yang terlalu renggang.

Jika klep IN terlalu rapat maka akan membuat motor susah hidup, dan jika terlalu renggang maka akan kekurangan udara dan bahan bakar yang masuk pada ruang bakar dan membuat motor tidak maksimal saat dihidupkan.
Jika klep EX terlalu rapat maka motor juga akan susah saat dihidupkan, dan jika terlalu renggang maka pembuangan gas buang hasilnya juga tidak sempurna.

Alat-alat yang diperlukan
1. Kunci stelan klep
2. Kunci ring8/ring9 gunakan ring yang bengkok jangan kunci ring yang lurus, karena jika pakai kunci ring yang lurus akan susah untuk penyetelannya.
3. Kunci tutup klep
4. Kunci T17, T14 tergantung pada mur magnetnya menggunakan kunci berapa.

Baca juga : Ukuran Setelan Klep Semua Motor

Sekarang kita lakukan cara pengerjaanya
1. Buka tutup yang ada di bak magnet dan buka tutup setelan klepnya
2. Putar magnet pelan - pelan berlawanan jarum jam jika magnet berada di sebelah kiri, dan untuk magnet yang di sebelah kanan putar magnet searah jarum jam.


3. Saat memutar magnet sambil perhatikan klep IN , jika piano klep sudah menekan klep IN dan balik lagi keatas keposisi semula, sebaiknya putar magnet secara perlahan dan sambil di perhatikan tanda TOP yang ada pada magnet tersebut,

Pada bagian magnet ada yang menggunakan tanda F dan T ada juga yang menggunakan tanda H dan I. dan pada kedua jenis model magnet tersebut untuk menentukan titik TOP nya pada huruf yang paling belakang yaitu huruf (T) dan huruf (I).

Dan untuk bak magnet yang disebelah kiri pada bagian bak magnetnya pasti ada coakan yang nantinya coakan tersebut akan kita paskan posisinya pada tulisan yang ada pada magnet, dan untuk magnet yang letaknya di sebelah kanan coakan tersebut ada pada bak mesin.


4. Jika coakan tersebut sudah pas pada huruf T atau I itu tandanya posisi piston sudah ada pada bagian atas atau TOP, dan posisi kedua klep sudah berada pada titik netral, jika anda kurang yakin silahkan copot businya dan coba colok lubang busi menggunakan obeng kecil, jika dirasa obeng tidak bisa masuk lebih dalam berarti obeng tersebut mengenai piston yang ada di atas silinder dan itulah yang dinamakan TOP.


5. Setelah titik TOP sudah pas kini saatnya kita mengecek celah antara piano dan klep dengan cara di goyang naik turunkan.


6. Gunakan kunci ring8/ring9 dan kunci setelan klep untuk memulai penyetelannya
untuk penyetelan yang menggunakan feeling sebaiknya jangan terlalu renggang dan terlalu rapat cukup di kasih celah sedikit saja antara piano dan klep tersebut,
untuk klep IN dan EX ukurannya berbeda
untuk klep EX lebih renggang sedikit dari klep IN.

7. Jika dirasa stelan klep menurut anda sudah pas coba putar-putar magnetnya dan posisikan ketitik TOP lagi, dan silahkan cek lagi klepnya apakah berubah atau tidak
jika dirasa tidak berubah silahkan tutup lagi semuanya baik itu tutup magnet maupun tutup klepnya, dan jika berubah tinggal kalian setel ulang lagi sampai dirasa pas oleh anda.

Itulah cara penyetelan klep pada sebuah kendaraan roda dua, baik itu motor matic, bebek, atau motor sport, setelah anda membaca artikel ini dan mempraktekkannya silahkan tinggalkan komentar atau bagikan artikel ini bila bermanfaat menurut anda.

Post a Comment for "Cara Setel Klep Motor"