Cara Terbaik Memperbaiki Knalpot Motor Bocor dengan Benar

Cara Memperbaiki Knalpot Motor Bocor - Bagi penggemar modifikasi sepeda motor salah satu komponen yang vital dalam menunjang tampilan si kuda besi kesayangan adalah knalpot. Oleh karena itu komponen knalpot motor jangan sampai rusak, karena ada beberapa problem yang sering mengintai knalpot seperti knalpot motor berkarat atau keropos hingga knalpot motor bocor. Lebih lanjut lagi terkait knalpot bocor ada banyak penyebab knalpot motor bocor, salah satunya adalah paking knalpot motor yang rusak. Adapun untuk cara mengatasi knalpot motor bocor akan kita bahas pada sajian renyah kali ini.

Pengaruh knalpot motor bocor memang sangat beragam, salah satu efek knalpot bocor adalah menurunnya akselerasi tarikan motor ditambah dengan komsumsi bbm yang boros lantaran pelepasan energi yang tidak maksimal. Cara memperbaiki knalpot motor bocor yang paling sering digunakan adalah dengan melakukan pengelasan pada sambungan knalpot yang merenggang, namun apakah hanya itu saja sedangkan ada cara yang lebih mudah mengatasi knalpot bocor tanpa pengelasan. Selain itu metode perbaikan knalpot bocor ini lebih mudah diterapkan dengan bahan baku yang bisa kita temukan dikeseharian kita. Kendati demikian metode tersebut hanya sebatas alternatif perbaikan pada kondisi mendesak saja.

Cara Memperbaiki Knalpot Motor yang Bocor dengan Benar

 Bagi penggemar modifikasi sepeda motor salah satu komponen yang vital dalam menunjang tam Cara Terbaik Memperbaiki Knalpot Motor Bocor dengan Benar
Knalpot Motor

Setidaknya ada 4 cara perbaiki knalpot motor yang bocor, mulai dari metode yang umum dan lumrah digunakan sampai cara perbaikan untuk kondisi darurat.

1. Ganti Paking Knalpot

Kerusakan knalpot yang paling sering terjadi adalah pada bagian paking knalpot yang sudah lejek, paking knalpot ini adalah bagian yang penghubung antara knalpot dan mesin motor. Jadi komponen ini memang sangat rawan mengalami kerusakan karena letaknya yang tepat berada pada saluran buang mesin, selain bagian leher knalpot yang sering kropos.

Cara memperbaiki knalpot bocor dengan mengganti paking knalpot adalah langkah paling benar sesuai petunjuk perbaikan kerusakan sepeda motor, langkah ini sering dilakukan pada bengkel-bengkel profesional. Paking knalpot yang rusak mengakibatkan udara keluar melalui sela-sela sambungan knalpot, dalam artian terjadi kebocoran gas buang sebelum sampai ke bagian leher knalpot motor.

Langkah dan cara memperbaiki knalpot motor bocor yaitu dengan melepas kedua baut pengencang yang menempel pada mesin motor, setelah itu ganti paking yang telah rusak dengan paking baru. Jika satu paking knalpot masih dirasa longgar, Brosis bisa menambahkan satu paking lagi atau double paking. Hal ini sering dilakukan ketika kita sulit mencari paking motor yang pas dengan milik kita. Akan lebih baik lagi ketika mengganti paking motor standar dengan pakin motor aftermarket yang berbahan alumunium. Pakin tersebut mampu bekerja lebih baik dalam menahan gas panas mesin, alhasil paking jadi lebih kuat dan tahan lama atau awet.

2. Las Knalpot

Cara memperbaiki knalpot motor bocor berikutnya yang bisa Brosis lakukan yaitu dengan melakukan pengelasan pada bagian knalpot motor yang bocor. Cara ini kerap sekali dilakukan terutama pada bagian leher knalpot yang lebih cepat berkarat dan berlubang karena panas dan korosi besi. Nah, untuk caranya Brosis bisa datang langsung ketukang las knalpot motor terdekat di sekitar Brosis sekalian. Pengerjaannya sendiri tergolong cepat tidak sampai berhari-hari, soal biaya atau harga las knalpot motor tergantung dari besar kecilnya lubang yang bocor.

Baca Juga: Tips Ampuh Cara Menghilangkan Karat pada Besi Motor

3. Alumunium Foil

Jika Brosis sekalian hendak mengganti paking knalpot motor yang rusak namun kesulitan mencari paking motor yang pas. Ada metode perbaikan alternatif untuk keadaan darurat yang bisa Brosis lakukan yaitu dengan memanfaatkan gerenjeng dalam rokok. Alumunium rokok yang mampu menahan panas sangat cocok digunakan untuk merapatkan sela-sela sambungan knalpot dan mesin.

Adapun cara memperbaiki knalpot motor bocor dengan gerenjeng rokok yaitu dengan melilitkan kertas alumunium foil tersebut memutar pada kepala knalpot ke dalam dan luar pipa knalpot, semakin tebal semakin bagus untuk mengantisipasi udara panas keluar. Hal terpenting yang harus diperhatikan saat pemasangannya yaitu posisi emas gerenjeng rokok menghadap keluar. Hal ini dimaksudkan agar gerenjeng lebih lama bertahan terhadap panas. Jika masih kesulitan mendapatkan bungkus rokok, Brosis bisa memakai alumunium foil khusus makanan.

4. Lem Sealer

Alternatif perbaikan knalpot motor bocor pada bagian paking knalpot yaitu dengan memanfaatkan lem sealer. Lem sealer yang berkualitas baik mampu menahan panas gas buang motor yang dikenal memiliki temperatur tinggi.

Cara memperbaiki knalpot motor yang bocor dengan lem sealer ini yaitu oleskan lem sealer merata ke seluruh ujung kepala knalpot terutama pada permukaan atas dan bawah paking knalpot motor. Selain itu oleskan lem sealer sekali lagi pada bagian pinggiran pipa kepala knalpot untuk hasil yang lebih maksimal. Setelah semuanya selesai Brosis sekalian langsung bisa memasang kembali knalpot seperti sediakala.

Langkah-langkah cara memperbaiki knalpot motor bocor tersebut dapat Brosis praktekan dengan mudah dan tidak memerlukan keahlian khusus seorang montir, kecuali untuk perbaikan pengelasan knalpot bocor yang membutuhkan kemampuan las yang baik. Knalpot motor bocor memang membuat kita sebagai pengendara tidak merasa nyaman karena suara knalpot yang menembak-nembak. Semoga postingan ini bisa bermanfaat buat Brosis sekalian dalam mengatasi knalpot motor yang bocor. Baca Juga: Ciri-ciri Knalpot Motor Bocor

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu