Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Detil Lampu LED Motor Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap

 mendadak jadi trendcenter tersendiri lantaran kemampuannya yang mampu memikat mata dengan Detil Lampu LED Motor Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap
Lampu Led Motor

Lampu LED Motor mendadak jadi trendcenter tersendiri lantaran kemampuannya yang mampu memikat mata dengan kemilau cahaya terang yang dihasilkannya, selain itu penggunaannya sebagai headlamp LED (lampu utama LED sepeda motor) juga menghemat konsumsi listrik terhadap aki motor sehingga terkesan lebih awet.

Melihat hal tersebut edisi tips otomotif kali ini akan menyajikan sajian gurih khusus lampu LED motor mulai dari, pengertian lampu LED, cara pasang lampu led motor, sampai keuntungan dan kerugian lampu LED motor, kesemuanya akan saya rangkum jadi satu Brosis untuk hidangan nikmat seputar dunia otomotif.

Langsung saja kita mulai dari lampu LED itu sendiri, cekidot...

Pengertian Lampu LED

Light Emitting Diode atau yang lebih dikenal dengan lampu LED merupakan diode pancaran cahaya yang tersusun menjadi sebuah lampu, setidaknya itu yang dikatakan oleh Wikipedia Brosis.

Lampu LED yang berhasil menggeser pamor lampu halogen untuk pengguna sepeda motor pada umumnya, merupakan bukti nyata bahwa konsumen juga ingin merasakan sensasi yang berbeda dengan harapan jauh lebih baik lagi.

Terkait penjelasan tentang lampu LED yang sudah kita kupas, selanjutnya kita akan membahas cara memasang lampu LED motor lebih tepatnya untuk headlamp LED motor.

Cara Pasang Lampu Utama LED Motor

Pemasangan lampu LED sepeda motor tidaklah serumit yang kita bayangkan, karena memang semakin ke sini segala sesuatu itu dimudahkan termasuk saat kita pasang lampu LED untuk lampu utama motor kita katanya tinggal ‘Plug and Play’ saja Bro...

Hal tersebut memang ada benarnya Brosis berikut penjelasan lebih lanjut mengenai cara memasang lampu utama LED motor.

  1. Langkah pertama yaitu membuka rumah lampu motor dengan menggunakan alat yang disarankan tentunya.
  2. Langkah selanjutnya yaitu mengganti bohlam lampu biasa dengan lampu LED, dengan memasukan 3 soket lampu LED biasanya sama seperti kepunyaan lampu biasa. Nah, jika tidak sesuai harapan bisa diakali dengan tetap mempertahankan soket lampu standar dan memotong kabel lampu LED yang kemudian kita sambungkan dengan soket lampu biasa.
  3. Langkah terakhir adalah memasang kembali rumah lampu yang sebelumnya lampu LED sudah dalam keadaan terpasang pada port, setelahnya kencangkan semua agar tidak goblak saat digunakan.

Mungkin itu saja cara memasang headlamp LED motor cukup dengan 3 langkah mudah Bro, kendati demikian ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika akan memasang lampu LED pada sepeda motor.

Hal yang harus diperhatikan adalah kita harus mengetahui jenis arus yang dipakai oleh sepeda motor itu sendiri, seperti yang kita ketahui bahwa syarat lampu LED motor menyala harus ditopang dengan kelistrikan arus DC atau Direct Current.

Akan tetapi tak usah khawatir kebanyakan produk motor di Indonesia sudah menerapkan sistem kelistrikan yang bersahabat dengan lampu LED.

Selain itu untuk patokan dayanya sendiri bisa dibilang cukup hemat dari jenis lampu lainnya, dengan konsumsi daya hanya sebesar 15-18 Watt sudah cukup untuk membuat headlamp menyala. Nah, untuk tipe yang digunakan biasanya memakai tipe H7, H6, dan H4 khusus lampu utama motor.

Lantas apakah penggunaan lampu LED hanya sebatas untuk lampu utama atau headlamp?

Tentu saja tidak Brosis bisa aplikasikan di semua sistem penerangan sepeda motor, tentunya dengan penyesuaian tersendiri. Seperti lampu sein yang harus disesuaikan dengan kapan lampu akan berkedip, yang bisa kita akali dengan Custom flasher yang diganti e-flasher untuk kinerja lampu sein yang normal.

Pembahasan tentang cara memasang lampu LED motor sudah kita kupas, selanjutnya kita ulik lagi mengenai kelebihan dan kekurangan lampu LED motor yang wajib Brosis ketahui.

Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor Lengkap

 mendadak jadi trendcenter tersendiri lantaran kemampuannya yang mampu memikat mata dengan Detil Lampu LED Motor Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap
Perbandingan Lampu LED dan Non Lampu LED


Untung rugi dalam setiap produk pastinya tetap ada, maka dari itu berikut sajian rinci terkait lampu LED.

Kelebihan Lampu LED Motor

Terang
Hal pertama yang akan Brosis dapatkan dari sebuah lampu LED adalah intensitas cahaya yang dihasilkan lebih terang ketimbang jenis lampu biasa atau halogen.

Hemat
Hal berikutnya walaupun cahaya yang dihasilkan cukup terang akan tetapi konsumsi listrik yang digunakan cenderung lebih hemat, hal ini tentu saja bertolak belakang dengan lampu motor jenis lain.

Irit
Kelebihan lampu LED selanjutnya yaitu terkait konsumsi bahan bakar, yang katanya lebih irit jika memakai lampu tipe ini. Lebih jelasnya soal konsumsi daya listrik yang jauh lebih kecil ketimbang lampu standar atau bohlam dan hal tersebut juga ikut mempengaruhi kinerja crankshaft yang jauh lebih ringan dan efisien.

Fleksibel
Keuntungan selanjutnya saat menggunakan lampu LED yaitu lebih fleksibel bisa ditaruh Diana saja, karena secara visual jauh lebih oke ketimbang bohlam. Terlebih bagi pecinta modifikasi motor mungkin akan sangat setuju menggunakan tipe lampu ini.

Adem dan Awet
Kelebihan lampu LED jika diterapkan pada motor berikutnya adalah efisiensi panas yang dihasilkan cenderung lebih adem daripada lampu bohlam, hal ini tentu saja akan mempengaruhi seberapa lama umur lampu akan hidup. Lampu LED memang memiliki ketahanan usia pakai yang lebih awet Bro, sekitar 20x lebih awet.

Gimana Brosis mantap bukan kelebihan-kelebihan lampu LED motor yang sangat menakjubkan. Lantas di mana letak kekurangannya?

Kekurangan Lampu LED Motor

Nah, ulasan berikut ulasan singkat terkait kerugian lampu LED sepeda motor yang wajib kita simak, cekidot.

Silau
Hal pertama secara kasat mata cahaya yang dihasilkan oleh lampu LED motor pemotor lain senam mata (merem melek) lantaran terlalu silau, hal tersebut mungkin karena warna cahaya yang dihasilkan putih. Berbeda dengan lampu lainnya khas semu kuning seperti lampu halogen.

Cahaya Menyebar
Kekurangan lampu LED motor berikutnya datang dari efek intensitas cahaya yang dihasilkan yang cenderung cocok buat jarak dekat, karena sifat cahayanya yang menyebar luas walaupun dari jauh terlihat silau. Berbeda dengan halogen yang lebih cenderung fokus saat penerangan jauh tentunya, mungkin lantaran pemakaian daya lampu LED yang sangat efisien. Kendati demikian bukan tidak mungkin untuk diakali penggunaan reflektor khusus mungkin bisa membantu untuk penerangan jarak jauh.

Mati Satu Lampu Berarti Semuanya
Kekurangan lampu LED sepeda motor selanjutnya datang dari komponen lampu itu sendiri, kita tahu bahwa lampu LED tersusun dari rangkaian beberapa lampu yang dikaitkan jadi satu. Nah, ketika satunya mati atau rusak maka otomatis semuanya juga ikut merasakan (mati satu mati semua). Jadi usahakan untuk tetap melakukan kontrol pada sistem kelistrikan sepeda motor Brosis, jangan sampai ada tegangan yang berlebihan atau pun korsleting.

Silau Bukan Berarti Juara
Hal minus lainnya dari lampu LED motor yaitu sifat cahayanya yang cenderung kalah jika sudah terpantul aspal jalan lebih lagi sedang turun hujan, pandangan jadi makin nggak jelas Bro.

Harga Lampu LED Nggak Bersahabat Bro!
Terakhir mungkin sudah banyak yang mengetahui bahwa harga lampu LED motor ini lebih menguras kantong, hal tersebut lantaran dipengaruhi harga komponen penyusun atau pun kemampuan yang dihasilkannya.

Kelebihan dan kekurangan dari suatu produk tetaplah ada dan wajib kita ketahui untuk pengguna pintar dan lebih bijak.

Terlepas dari itu potensi dan kinerja lampu LED memang sangat baik dan akan lebih baik lagi jika dikembangkan lebih jauh lagi.

Baca Juga : Rahasia Cara Merawat Aki Motor Tampil Lebih Prima dan Cara Cek CDI Motor Mati Ternyata Itu Mudah Bro!

Pembahasan terpaksa kita akhiri Brosis tentang lampu LED motor ini, karena rasanya kita sudah kenyang memakan gurihnya pengertian lampu les itu apa, sampai mengetahui cara memasang lampu LED pada sepeda motor dengan disertai kelebihan dan kekurangan lampu LED motor secara lengkap, akhir kata tetap berkarya salam tips otomotif.

Post a Comment for "Detil Lampu LED Motor Kelebihan dan Kekurangannya Lengkap"