Fakta Unik Warna Lampu Mobil yang Harus Brosis Ketahui

Fakta Unik Warna Lampu Mobil yang Harus Brosis Ketahui Fakta Unik Warna Lampu Mobil yang Harus Brosis Ketahui
Lampu Mobil

Lampu mobil yang memegang peranan penting guna memandu kita saat jalan di malam hari ini ternyata menyimpan beragam cerita unik dan sangat menarik untuk diketahui Brosis.

Pernahkan Brosis sekalian memperhatikan dan menayakan dalam diri sendiri, kenapa lampu belakang mobil terdiri dari tiga warna yang berbeda dan apakah ada arti dari setiap warna lampu mobil tersebut?

Terdengar tidak penting dan nyleneh namun sangat asyik terlebih bikin kita penasaran hehe...

Baiklah beberapa ulasan berikut mungkin masuk akal untuk menyelesaikan masalah yang tidak terlalu kita pikirkan ini.

Warna lampu belakang mobil yang terdiri dari tiga warna, yaitu merah, kuning, dan putih.

Ketiga warna tersebut pastinya juga memiliki arti tersendiri, seperti ibarat isarat untuk memberitahukan sesuatu.

Nah, berikut beberapa makna dari warna lampu tersebut yang sering kita mengartikan untuk sebuah aksi selanjutnya.

Warna Merah : Warna ini menyala ketika kendaraan melakukan pengereman atau mudahnya lampu rem.
Warna Kuning : Warna yang menunjukan tanda kendaraan mau belok, atau lampu sein kita menyebutnya.
Warna Putih : Sering kita memakainya saat kendaraan berjalan mundur.

Beberapa pengetahuan di atas adalah ilmu berkendara di jalanan umum yang sangat familiar ditelinga kita, akan tetapi yang menjadi pertanyaan kenapa harus warna tersebut yang dipilih?

Berdasarkan ceritanya ketiga warna tersebut dipilih lantaran warna-warna tersebut mudah ditangkap oleh mata kita plus ada perbedaan yang mencolok di masing-masing warna Bro.

Lantas apa hanya itu saja? Belum Brosis masih ada keterangan lanjutan lagi mengenai asal usul warna lampu mobil belakang ini.

Salah satunya datang dari "Vienna Convertion on Road Traffic" atau jika dibahasa jawakan yang artinya konvensi tentang kendaraan di jalan Bro!

Nah, kalau penjelasan secara biologinya bunyinya gini Bro...

Setiap mata yang dalam keadaan normal tanpa gangguan, dapat menangkap gelombang spektrum warna sepanjang 400-700nm. Itu artinya jika kurang atau melebihi standar tersebut bisa terlihat kabur dan jelas.

Oleh karena itu pemilihan warna lampu mobil memang sudah dihitung dan diriset secara matang sejak tahun 1949 Bro, ternyata pemilihan warna lampu mobil tidak sembarangan.

Langsung saja kita bahas mulai dari warna putih lampu mobil, ternyata warna ini dipilih lantaran warna putih memang sangat terang dibanding warna lainnya. Warna yang terang sangat bermanfaat ketika kita jalan mundur Bro, lebih jelas gitu.

Terlebih warna putih juga sengaja disamakan dengan lampu depan mobil yang juga putih, hal ini dimaksudkan untuk menghimbau yang berlawanan arah untuk bersiap-siap ada kendaraan lewat di depannya.

Warna selanjutnya datang dari warna mencolok yaitu merah, warna ini sengaja dipilih lantaran memiliki nilai spektrum yang paling tinggi sekitar 620-750nm.

Warna mencolok sangat pas digunakan untuk mengisyaratkan tanda bahaya atau peringatan Bro, misalnya saja tanda berhenti atau larangan Bro.

Lanjut lagi soal warna kuning lampu kendaraan atau lampu sein Bro, menurutnya lampu kuning sendiri mempunyai daya tarik bahkan sensitif terhadap mata kita Bro. Gak percaya coba saja apa pun yang warnanya kuning rasanya lebih menarik perhatian ketimbang warna lainnya.

Oleh karenanya lampu kuning menjadi pilihan terbaik untuk menarik perhatian pengguna jalan lain jika kendaraan yang ada di hadapannya akan belok.

Baca Juga : Kumpulan Arti Simbol Lampu Indikator Mobil Lengkap

Selengkapnya berikut warna lampu rambu-rambu plus nilai spektrum masing-masing warna.

Tabel Spektrum Warna Lampu
Warna
Nilai (nanometer)
Ungu
380-450 nm
Biru
450-495 nm
Hijau
495-570 nm
Kuning
570-590 nm
Jingga
590-620 nm
Merah
620-750 nm

Berdasarkan data warna spektrum di atas dapat disimpulkan sudah mengapa beberapa warna lampu rambu-rambu hanya berwarna itu-itu saja.

Baca Juga : Fakta Unik MotoGP yang Harus Brosis Ketahui

Oke, Brosis edisi Gaje kali ini tentang fakta unik lampu mobil sudah kelar gitu aja. Brosis jika mau tahu perkembangan berita tak penting (tak terpikirkan) lainnya, masuk saja ke laman Gaje "Gak Jelas Bro!"...

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu