Fenomena Kasus Harga Motor Bekas yang Terjun Bebas Akhir-akhir ini

akhir ini ternyata banyak kasus harga motor bekas yang terjun bebas atau anjlok Fenomena Kasus Harga Motor Bekas yang Terjun Bebas Akhir-akhir ini

Brosis sekalian akhir-akhir ini ternyata banyak kasus harga motor bekas yang terjun bebas atau anjlok, banyak ditemukan terutama mereka yang bergelut di bidang penjualan motor bekas. Lantas apa yang terjadi belakangan ini?

Oke, langsung saja saya bagikan dalam beberapa kasus...

Harga Motor Bekas Suzuki Satria F 150 Terjun Bebas

kasus pertama kita buka dari harga motor Suzuki Satria F 150 saat ini sedang turun drastis, hal ini tentu saja membuat penjual tak habis pikir dengan fenomena ini.

Pasalnya selama ini Suzuki Satria F 150 ini selalu jadi kebanggaan anak muda, dilihat dari modelnya yang ramping dengan mesin yang powerful pastinya juga sanggup memuaskan hasrat para pecinta kecepatan.

Kendati demikian era kejayaan Suzuki Satria F 150 perlahan kian memudar, alhasil harga jual motor bekas Suzuki Satria F 150 ini tidak lagi sekuat dan setenar dulu sewaktu jadi pemain utama di kelas motor bebek underbone 150cc.

Sebelumnya harga Satria F 150 bekas bertengger diangka 10 jutaan mentok-mentoknya turun paling hanya sampai 9 jutaan. Sekarang terjun bebas pasarannya hanya sampai kisaran 7 atau 8 jutaan untuk keluaran setahun silam atau 2015, fenomena turun harga ini jelas ada penyebabnya.

Banyak penyebab kenapa harga bekas Suzuki Satria F 150 ini begitu murah, salah satunya ketersediaan suku cadang motor Suzuki yang jarang sekali atau sulit ditemukan di pasaran Brosis.

Lantaran hal tersebut banyak calon konsumen yang akhirnya berpikir kembali buat ngeboyong si ayam jago ini.

Selain itu berdasarkan pengamatan akhir-akhir ini konsumen mulai beranjak beralih ke segmen lain, yang artinya untuk saat ini memang sedang surut lantaran banyak konsumen sekarang yang lebih tertarik ke motor bebek, matik, sampai sport.

Nah, maka dari itu bagi yang masih minat buat beli motor bekas Suzuki Satria F 150, ini adalah momen yang paling tepat karena harganya yang murah.

Harga Motor Bekas Pabrikan Yamaha Cenderung Murah

Selain harga motor Suzuki Satria F bekas yang terjun bebas, skutik produksi Yamaha juga mengalami hal yang sama. Kendati saat ini segmen tersebut masih sangat digandrungi akhir-akhir ini. Kendati demikian ada fenomena unik khusus penjualan motor bekas ini Brosis.

Kasus ini terjadi pada motor skutik besutan pabrikan Garpu tala ini, Depresiasi harga yang cukup tinggi walaupun para konsumen motor bekas produk buatannya bisa dibilang banyak.

Hal ini bisa saja terjadi tak kala suatu produk beralih dan mengalami perubahan dengan tempo yang terlalu cepat, alhasil orang malas beli model jadul lantaran ada model terbaru dengan merek yang sama yang jauh lebih unggul.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha R15 Terbaru

Hal ini tentu saja berbeda jauh saat masa kejayaan skutik Yamaha Mio tipe karburator, di mana penjualan masih sangat laku keras dnegan harga yang stabil.

Selain faktor peralihan varian model terbaru yang begitu cepat, ada juga faktor lain seperti ketangguhan mesin yang semakin berkurang, banyak yang beranggapan bahwa mesin keluaran sekarang cepat sekali masuk ke bengkel. Baru satu atau dua tahun beli langsung rewel.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Yamaha Mio Z Terbaru

Kendati demikian peluang pasaran motor bekas khususnya segmen motor matik masih bisa diharapkan, hal ini lantaran banyak peminat yang mengincar model motor jenis ini. Kepraktisan dan kemudahan dalam operasionalnya dinilai menjadi nilai lebih knapa masyarakat beralih ke motor jenis ini.

 Harga Motor Bekas Injeksi Sangat Murah

Kasus selanjutnya datang dari motor bekas injeksi yang penjualannya selalu mengalami penurunan terutama dari segi harga yang bisa dibilang anjlok ketimbang harga anyarannya.

Hal ini berdasarkan data perbandingan penjualan motor bekas injeksi dengan motor bekas karburator, hal ini berdasarkan data tersebut ternyata hasilnya sangat mengejutkan tercatat sekitar 20% nilai depresiasi penjualan motor injeksi untuk tahun pertama. Hal ini tentu saja berbeda dengan motor sistem karburator yang nilai depresiasi sama terjadi pada tahun kedua.

Sebagai contoh banyak penjualan motor Honda Vario Techo 150 bekas keluaran tahun 2015 dengan umur belum genap setahun hanya seharga 15 juta saja, tentunya sangat aneh mengingat umurnya yang masih tergolong muda.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Honda Vario 125 eSP Terbaru

Kasus tersebut berbeda dengan yang dialami harga motor skutik bekas seperti Honda BeAT karburator yang harganya lebih potensial mengingat umurnya yang sudah genap 4 tahun dengan nilai penjualan seharga 11 jutaan.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga New Honda CB150R StreetFire Special Edition Terbaru

Nah, lantas faktor apakah yang membuat motor dengan mesin keluaran terbaru malah justru yang paling sering anjlok?

Banyak faktor salah satunya datang dari ketersediaan tenaga ahli atau bengkel yang mampu memperbaiki motor bermesin injeksi. Di Indonesia sendiri memang masih sedikit bengkel yang menampung motor injeksi ini, maka dari itu tak ada jalan lain lagi selain dibawa ke dealer resmi.

Jadi tidak heran banyak masyarakat yang enggan beli motor injeksi, meskipun keluaran terbaru.

Selain itu banyak yang berspekulasi bahwa motor injeksi dinilai kurang bertenaga, alhasil banyak orang yang kembali memilih motor karburator.

Baca Juga : Cara Membayar Pajak Kendaraan Lewat ATM atau e-Samsat

Kesimpulannya dari sekian kasus yang ada ternyata banyak faktor penyebab harga motor bisa anjlok yang tentu saja semuanya dipengaruhi oleh keadaan selain minat dan daya beli konsumen.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu