Frame Deltabox Dan Tralis Lebih Bagus Mana?


- Anggap saja tulang belulang yang menjadi penopang komponen yang tersemat di tubuh. Kini ke segmen rangka atau frame atau tulang pada sepeda motor.

Yang populer kini ada dua jenis frame yaitu frame deltabox dan tralis. Secara automotologi kedua frame ini sama-sama bertipe diamond. Hanya saja berbeda bentuk, desain dan nama.

Nah kira-kira antara mereka berdua ini mana yang lebih bagus.?

Bahas dari "karakternya" dulu.

Rangka deltabox mempunyai karakter yang lebih rigid atau bahasa jepangnya "kaku". Karakter frame delta yang kaku ini sangat berpengaruh pada handling yang stabil.

Bekerjanya saat motor sedang menikung atau dalam kecepatan tinggi akan terasa stabil dan tidak goyang. Simplenya, deltabox lebih tertuju pada balap.

Karena itu rangka atau frame deltabox digunakan pada ajang MotoGP.

Lanjut ke frame tralis atau truss frame. Frame tralis berkarakter lebih ringan dan lentur sehingga frame jenis ini lebih nyaman digunakan disituasi perkotaan atau jalan yang bergelombang atau rusak dan sebagainya.

Karena lebih ringan dan kuat, tentu akan lebih memudahkan pengendara bermanuver di jalan-jalan sempit.

Selanjutnya dari "desain".

Karena sering digunakan pada ajang balap, tentu frame deltabox memiliki nuansa balap-balap juga. Selain itu juga motor terlihat lebih sporty, kekar, padat dan punya ciri khas tersendiri.

Frame tralis juga tak kalah. Frame tralis mempunya desain yang dinamis, futuristik, ala-ala Ducati karena lekukan-lekukan frame yang nyaman dipandang.

Untuk "trouble"...

Frame deltabox dapat mengalami karat lalu parahnya dapat mengalami keropos. Ini karena frame deltabox bukan besi padat melainkan terdapat lubang ditengah frame seperti ini ( [] ). Jika mengalami kerusakan ini frame hanya bisa diganti baru.

Kemudian pada rangka tralis, dapat mengalami hal seperti patahnya frame pada sambungan las-lasannya. Jika frame patah, kabarnya frame masih bisa disambung lagi dengan dilas ulang.

Tapi, kerusakan seperti diatas hanya sebagian kecil saja yang mengalaminya. Kerusakan seperti itu juga datang jika perawatan dan pemakaian motor yang "sembrono" atau tau pakai saja tanpa pernah melakukan perawatan pada motor.

Jadi, antara frame deltabox dan tralis lebih bagus mana.?

Sama saja.!

Tinggal menyesuaikan selera, suka yang berkarakter racy or cozy.

Keep calm and stay ganteng,

Sekian..

Semoga bermanfaat.!

Post a Comment

0 Comments

Close Menu