Fungsi Dan Cara Kerja Katup/Klep atau Valve Pada Mesin Kendaraan


- Fungsi Dan Cara Kerja Katup/Klep atau Valve Pada Mesin Kendaraan

Pengertian Katup/Klep atau Valve

Katup/Klep atau dalam bahasa inggris Valve, merupakan suatu komponen pada mesin yang terpasang pada bagian kepala silinder yang bergerak sesuai langkah piston. Katup ini hanya ada pada mesin 4 tak atau 4 langkah, sedangkan mesin 2 tak tidak menggunakan katup.

Fungsi Katup/Klep atau Valve

Katup IN (Intake): Berfungsi untuk mengatur masuknya campuran udara dan bahan bakar ke mesin.
Katup EX (Exhaust) : Berfungsi untuk mengatur keluarnya gas buang sisa pembakaran dari mesin.

Perbedaan Katup In dan Katup Ex

Diameter katup in lebih besar dari katup ex. Tujuannya agar memaksimalkan aliran bahan bakar masuk ke mesin. 

Sedangkan katup ex diamaternya kecil karena gas buang lebih mudah keluar dari mesin karena dorongan piston. Selain itu, gas buang juga bertekanan tinggi, jadi tidak akan sulit keluar dari mesin meskipun diameter katup ex kecil.

Jenis Mekanisme Katup/Klep atau Valve

Jenis mekanisme katup pada mesin terbagi dua, yaitu :

Jenis OHV (Overhead Valve) :
Rangkaian katup jenis ini terbilang cukup rumit karena letak katup berada di dalam blok silinder. Ini karena camshaft yang terhubung langsung dengan sproket roda gigi crankshaft harus menekan valve lifter dan pushrod sebelum menggerakkan katup.

Jenis OHC (Overhead Camshaft) :
Pada rangkaian ini, katup dan camshaft berada di kepala silinder mesin yang membuat rangkaian ini cukup mudah ditangani. Sistem ini ditetaskan untuk menggantikan sistem OHV yang rangkaiannya cukup rumit.

Jenis OHC ini terbagi lagi menjadi dua jenis, yaitu :
  • SOHC (Single Overhead Camshaft), dimana hanya memiliki satu camshaft untuk menggerakkan 2 sampai 4 katup. Jenis ini banyak pada sepeda motor. 
  • DOHC (Double Overhead Camshaft), dimana pada jenis ini memiliki 2 camshaft untuk menggerakkan 4 katup yang masing-masing camshaft menggerakkan 2 katup. Jenis ini banyak digunakan pada mobil. Namun sepeda motor sekarang juga banyak menggunakan sistem ini.

Cara Kerja Katup/Klep atau Valve


Pada saat piston bergerak dari TMA ke TMB atau melakukan langkah hisap, katup in membuka dan mengalirkan campuran udara dan bahan bakar masuk ke ruang bakar. Katup in menutup saat piston melakukan langkah kompresi. Selanjutnya bahan bakar dibakar dan piston melakukan langkah usaha, disitu katup ex terbuka dan gas buang sisa pembakaran terdorong keluar dari mesin.

Oke itu saja dari fz tentang fungsi dan cara kerja katup pada mesin, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu