Fungsi Dan Cara Kerja Rem ABS Pada Mobil/Motor


- Rem merupakan piranti keselamatan dalam berkendara. Bukan hanya untuk menghentikan laju kendaraan, tapi juga untuk mengendalikan laju kendaraan. Dari waktu ke waktu, semula dari rem biasa berevolusi menjadi rem dengan sistem ABS.

Apa itu rem ABS.?

Rem ABS atau Antilock Braking Sytem merupakan rem dengan keamanan dan duralibity yang baik. Rem ABS mulai digunakan sejak beberapa waktu lalu terutama untuk keperluan balap mobil atau motor. Dimana penggunaan rem ABS dapat membantu pembalap mengendalikan kendaraannya dengan mudah.

Rem ABS berfungsi untuk mencegah roda terkunci pada saat melakukan rem mendadak. Jika roda mengunci maka kendaraan akan meleset atau meluncur tanpa kendali dan bisa menyebabkan kecelakaan.

Bukan hanya berfungsi pada saat rem mendadak. Rem ABS juga dapat berfungsi ketika mengerem di permukaan jalan yang licin seperti aspal yang basah akibat hujan dan lainnya.

Kesimpulannya, rem ABS memaksimalkan pengereman dengan cara mencegah roda terkunci agar tidak mengurangi daya terkam ban ke jalanan. Fix.

Jadi, jangan salah artikan rem ABS, rem ABS tidak membuat mobil atau motor langsung berhenti ketika direm, apalagi rem mendadak. Melainkan untuk memaksimalkan pengereman dengan mencegah roda terkunci agar kendaraan tetap dapat dikendalikan.

Dibalik itu, rem ABS didukung oleh 4 komponen utama agar

1. Sensor Kecepatan
Sensor kecepatan berfungsi untuk membaca kecepatan putaran roda ataupun differensial/gardan untuk kemudian dikirimkan ke ABS control module atau biasa disebut kontroler.


2. Katup Pengereman
Katup pengereman berfungsi sebagai pengatur aliran fluida menuju rem. Katup pengereman bekerja sesuai dengan perintah kontroler ABS.

Katup pengereman ini ada disetiap saluran minyak rem dan terdapat 3 posisi katup untuk mengatur fluida seperti berikut :
  • Terbuka penuh : Tekanan minyak rem langsung diteruskan ke rem
  • Terbuka setengah : Tekanan minyak rem hanya setengah yang diteruskan ke rem walapun pengemudi menekan rem secara penuh
  • Tertutup : Tekanan minyak rem tidak akan diteruskan ke rem walaupun pengemudi menekan rem secara penuh

3. Pompa Rem ABS
Pompa rem ABS berfungsi untuk mengembalikan tekanan minyak rem pada jalur pengereman dari katup pengereman.


4. Kontroler/Modul Rem ABS
Piranti ini berfungsi sebagai pengatur segala aktivitas pada saat rem ABS bekerja ketika mendapatkan sinyal dari sensor kecepatan.

Prinsip kerja rem ABS

Rem ABS yang telah ditugaskan agar mencegah roda terkunci saat pengereman, sebelum roda akan terkunci, sensor kecepatan mengirimkan sinyal ke modul/kontroler rem ABS. Disitu kontroler akan mengolah data dan langsung memerintahkan katup untuk mengambil posisi terbuka penuh, setengah atau tertutup untuk mengatur minyak rem.

Setelah kecepatan ban terdeteksi normal, kontroler kembali memerintahkan katup untuk membuka sepenuhnya agar tekanan minyak rem kembali dan dapat diteruskan ke rem.

Sekarang, apapun jenis rem pada kendaraan, yang paling utama adalah cara berkendara kita yang baik. Karena keselamatan itu berawal dari kita, untuk kita dan orang-orang disekitar kita. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu