Fungsi Kiprok Motor dan Tanda Kiprok Rusak (Lemah)

Apa fungsi kiprok motor? Kiprok atau regulator adalah komponen pada sepeda motor yang berperan penting dalam hal sistem pengisian arus listrik motor. Prinsip kerja sistem pengisian motor yaitu memanfaatkan energi putaran mesin yang diolah menjadi energi listrik untuk menyuplai arus ke semua komponen kelistrikan motor termasuk aki.

Jika rangkaian kiprok motor rusak beberapa komponen seperti: lampu motor, starter, sampai sistem pembakaran mesin sepeda motor bakalan kena imbasnya.

Langsung saja berikut beberapa kegunaan kiprok motor yang bisa Brosis simak.

Fungsi Kiprok Motor

 Kiprok atau regulator adalah komponen pada sepeda motor yang berperan penting dalam hal s Fungsi Kiprok Motor dan Tanda Kiprok Rusak (Lemah)
Gambar Kiprok Motor
Kiprok motor berfungsi untuk menstabilkan arus listrik pada motor dan arus tegangan yang masuk ke aki motor.

Dalam hal ini kiprok berperan untuk mengatur arus listrik yang masuk ke baterai supaya lebih stabil tidak terlalu kecil atau pun besar.

Manfaat kiprok motor berikutnya yaitu sebagai pengubah arus AC ke DC atau penyearah (rectifier) arus dari spull ke aki motor.

Akibat Melepas Kiprok Motor

Penasaran dengan akibat melepas kiprok motor? Sebenarnya tidak masalah jika dilihat dari sistem kelistrikan motor itu sendiri, apakah arus DC atau AC.

Baca Juga: Umur Aki Kering Motor

Karena fungsi kiprok motor sebagai penyearah tegangan dari DC ke AC, jadi jika motor tersebut menggunakan sistem kelistrikan AC itu tidak masalah.

Sebagai tambahan tips cara mengetahui kiprok motor bermasalah.

Cara Mengecek Kiprok Motor Rusak

  1. Cara mengetahui kiprok motor rusak Brosis bisa pakai metode ini, yaitu memakai multitester.
  2. Caranya dengan mengukur tegangan pada komponen kiprok itu sendiri, silakan Brosis ukur tegangannya apakah sesuai dengan spesifikasi kiprok motor.
  3. Bila tegangan yang didapat terlalu rendah atau tinggi, kemungkinan besar kiprok motor rusak.
  4. Nah, untuk cara memperbaiki kiprok rusak Brosis bisa mempercayakan ke dealer resmi terdekat.

Ciri-ciri Kiprok Motor Rusak

Berikut beberapa tanda-tanda kiprok motor rusak yang bisa Brosis jadikan acuan.

Motor Mogok
Sepeda motor mogok mendadak biasanya karena kiprok putus, alhasil sistem kelistrikan motor juga ikut mati.

Lampu Motor Redup
Jika komponen kelistrikan termasuk aki motor masih tokcer, berarti kemungkinan masalahnya ada di kiprok sepeda motor. Bisa Brosis coba geber motor di rpm tinggi, kalau hasilnya redup berarti kiprok motor mati.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Motor

Keluar Cairan
Amati apakah bodi kiprok mengeluarkan semacam cairan, jika iya kemungkinan besar kiprok motor mengalami panas berlebihan atau kiprok over heat.

Baca Juga: Cara Mengatasi Motor Cepat Panas

Hal ini bisa terjadi lantaran sistem pembatas arus yang bekerja kurang maksimal dan lebih condong menghambat arus tegangan dari spull motor.

Aki Cepat Tekor
Dalam pemakaian normal aki motor akan habis setelah menempuh jark 20.000 Km, jika aki motor habis sebelum waktunya bisa dipastikan kiprok motor bermasalah.

Bisa Brosis amati juga saat menghidupkan mesin motor dengan starter elektrik, jika tidak kuat bisa dipastikan kiprok lemah.

Baca Juga: Cara Merawat Aki Motor

Sudah pernah ngalamin belum Brosis terkait gejala-gejala kiprok motor rusak di atas?

Buat tambahan info harga kiprok motor itu sekitar Rp. 200 ribuan Brosis, bisa kurang atau lebih sekitar Rp. 400 ribuan.

Baca Juga: Cara Mengecek CDI Motor Mati

Beberapa fungsi kiprok pada mesin motor sudah dibahas beserta tanda kiprok rusak atau lemah. Sampai jumpa salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu