Fungsi Lower Arm Pada Suspensi Mobil Lengkap

Banyak sekali fungsi lower control arm (lengan ayun bawah) pada mobil yang dapat dirasakan, selain itu komponen serupa upper arm (lengan ayun atas) juga tak kalah penting pada sistem suspensi mobil.

Letak lower arm pada sistem suspensi biasanya berada di bagian bawah dan terpasang dengan rangka mobil. Uniknya bentuk lower arm ini beraneka ragam, hal ini bisa terjadi lantaran desain dan jenis suspensinya.
 juga tak kalah penting pada sistem suspensi mobil Fungsi Lower Arm Pada Suspensi Mobil Lengkap
Lower Arm

Lower arm berbentuk huruf A
  • Biasanya dipakai khusus untuk suspensi double whisbone.
Lower arm berbentuk huruf L
  • Nah, kalau untuk suspensi macpherson berbentuk seperti huruf L.
Lower arm berbentuk huruf I
  • Kalau untuk yang satu ini sudah banyak digunakan pada jenis kendaraan umum.
Lantas apa fungsi lower arm pada suspensi mobil ?

Fungsi Lower Arm Mobil

 juga tak kalah penting pada sistem suspensi mobil Fungsi Lower Arm Pada Suspensi Mobil Lengkap
Gambar Lower Arm

Kontrol Gerak Roda

Lower arm berfungsi untuk mengontrol pergerakan roda pada mobil, seperti gerak maju atau mundur dan gerak atas atau bawah. Semua gerakan akan dihandle oleh lower arm ini.

Penopang Knuckle Arm

Fungsi lengan ayun bawah mobil selanjutnya adalah sebagai wadah untuk menyangga knuckle.

Knuckle arm adalah salah satu komponen tempat dimana ban dan velg terpasang bersamaan dengan hub dan komponen rem mobil.

Baca Juga: Fungsi Sock Absorber Pada Sistem Suspensi Mobil

Lewat ball joint semua komponen akan ditopang seperti knuckle arm, rem, dan roda. Alhasil knuckle bisa bergerak lebih leluasa karena tidak terhubung dengan lower arm mobil.

Di tempat lain lower arm akan terpasang pada rangka dan bodi mobil, pemasangan bushing dilakukan diantara lower arm dan rangka untuk meredam getaran supaya nyaman dikendarai.

Stabilizer Roda Mobil

Fungsi lower control arm berikutnya adalah sebagai penyeimbang antara roda kanan dan kiri saat berbelok, bergerak selaras berdasarkan sudut-sudut kemiringan kemudi yang tepat antara roda kanan dan kiri mobil.

Cara kerjanya begini Brosis ujung poros dari lower arm yang berdekatan dengan roda (bagian knuckle) terhubung dengan ball joint. Hasilnya roda mobil dapat berbelok dan bergerak dengan bebas mengikuti arah putaran steering mobil.

Baca Juga: Fungsi Tie Rod Pada Sistem Kemudi Mobil

Beberapa fungsi lower arm pada suspensi mobil sudah dijabarkan di atas, bila ada yang kurang bisa ditambahkan di kolom komentar.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu