Fungsi Tie Rod Pada Sistem Kemudi Mobil Lengkap

Apa fungsi tie rod pada sistem kemudi mobil? Tie rod dan long tie rod adalah bagian dari komponen sistem kemudi mobil. Letak tie rod yang terletak berdekatan antara steering gearbox (steering rack) dan knuckle roda depan.

Tie rod terdiri dari dua jenis yaitu long tie rod (rack end) dan tie rod end. Keduanya memiliki peranan dan cara kerja yang sama yang membedakan hanya pada sistem kemudi yang diterapkan apakah jenis steering rack biasa dikenal dengan rack end atau tie rod end yang pemasangannya terhubung sama knuckle tempat ban mobil.

Langsung saja berikut beberapa fungsi tie rod yang bisa Brosis simak.

Fungsi Utama Tie Rod Mobil yang Wajib Brosis Ketahui

Gambar Tie Rod Mobil

Peredam Getaran

Tie rod berfungsi sebagai peredam getaran dari roda (ban) ke setir mobil untuk kenyaman berkendara secara maksimal.

Hal ini karena sistem kerja tie rod yang merupakan sebuah ball joint yang bergerak naik turun (long tie rod) dan ke samping kanan atau kiri (tie rod end) alhasil getaran dari ban ke setir dapat diminimalisir.

Hasilnya tetap nyaman berkendara dengan roda mobil yang tetap bebas bergerak tanpa terganggunya fungsi sistem kemudi mobil.

Penerus Putaran Kemudi

Manfaat tie rod berikutnya adalah penyalur tenaga perputaran setir ke roda depan kendaraan.

Hal ini dijelaskan bahwa pergerakan perputaran setir saat mengemudi diubah menjadi gerak tarik dan dorong di steering gear box.

Terakhir gerak tarik dan dorong ini diteruskan ke tie rod yang dirubah menjadi gerak horizontal ke kanan dan ke kiri guna membelokan roda ban mobil.

Pengatur Toe Roda Depan

Kegunaan tie rod yang akan kita ulas berikutnya yaitu pengatur toe roda depan mobil. Toe mobil sendiri berfungsi sebagai stabilizer roda depan agar tetap bisa lurus dan stabil.

Toe mobil adalah selisih jarak roda depan (bagian depan) dan roda depan (bagian belakang), toe terdiri dari dua yaitu toe in dan toe out. Nah, untuk tempat pengaturan toe dapat disetel di sambungan long tie rod dan tie rod end.

Beberapa fungsi tie rod pada sistem kemudi mobil di atas semoga dapat membantu Brosis sekalian, salam otomotif.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu