Fungsi Water Pump Mobil Plus Penyebab dan Masalahnya

Apa itu water pump pada mobil? Water pump mobil adalah salah satu komponen pendingin mobil yang berperan dalam mensirkulasikan air radiator melalui sebuah pompa air.

Apa fungsi water pump mobil?

Fungsi Water Pump

 Water pump mobil adalah salah satu komponen pendingin mobil yang berperan dalam mensirkul Fungsi Water Pump Mobil Plus Penyebab dan Masalahnya
Gambar Water Pump Mobil
Water pump mobil berfungsi untuk memompa air pendingin dari radiator ke dalam mesin mobil, hal ini berguna dalam menjaga suhu kerja mesin agar tetap optimal dan jika water pump bermasalah akibatnya mesin mobil overheat (kepanasan).

Apa fungsi water pump pada alat berat?

Nah, jika untuk kendaraan-kendaraan besar fungsi water pump kurang lebih sama. Mungkin yang membedakan hanya soal tekanan dan kapasitasnya.

Cara Kerja Water Pump Mobil

Masuk ke sesi prinsip kinerja water pump yaitu dengan mengikuti putaran mesin yang terhubung dengan belt pada puli crankshaft.

Baca Juga: Penyebab Mobil Mogok

Ciri-ciri Water Pump Rusak

Adapun tanda-tanda water pump rusak adalah sebagai berikut.
  1. Cara pertama untuk mengetahui kapan waktunya ganti water pump yaitu cukup dengan melihat lampu indikator suhu mesin mobil yang ada di dashboard.
  2. Ciri-ciri water pump bocor yaitu terjadi kebocoran di sistem pendingin mesin, lebih tepatnya jika hasil pemeriksaan menyatakan bahwa selang-selang dan radiator dalam keadaan baik (tidak bocor).
  3. Ciri-ciri water pump mobil rusak yaitu munculnya desingan suara khususnya pada bagian timing belt, dan biasanya akan terjadi kebocoran air radiator pada bagian samping mesin kendaraan.
  4. Salah satu ciri-ciri bearing water pump rusak datang dari sini, laher (bearing) mulai oblak dan aus. Alhasil kinerja putaran bearing tidak stabil sehingga mengakibatkan desingan bunyi.
  5. Tanda-tanda water pump mobil rusak berikutnya bisa dilihat dari komponen water pump itu sendiri, lepas water pump dan periksa dengan cara memutar piringannya. Rasakan apakah oblag atau malah seret, jika iya dapat dipastikan water pump bermasalah biasanya timbul bunyi aneh.
  6. Cara mengetahui water pump rusak terakhir Brosis bisa melakukan pengamatan pada lubang air pengisian radiator, yaitu dengan membuka terlebih dahulu tutup radiator sebelum mobil distarter. Nyalakan mobil sampai mesin mulai panas, lalu amati apakah ada gelombang (riak) di dalam radiator atau bahkan sampai muncrat keluar. Dapat dipastikan bahwa kondisi water pump normal (baik), jika sebaliknya berarti kondisi water pump rusak.

Penyebab Water Pump Rusak

Banyak faktor penyebab water pump mobil bocor berikut diantaranya.
  1. Salah pilih air pendingin radiator (water coolant), kebanyakan pengendara tidak memakai air khusus radiator saat melakukan penggantian air. Hasilnya komponen dalam sering korosi atau karatan.
  2. Penyebab water pump bocor lainnya adalah cairan pendingin (coolant) yang sudah keruh, hal ini berakibat korosi pada komponen hasilnya water pump tidak bekerja secara optimal.
Sebenarnya untuk kerusakan water pump sendiri jarang banget terjadi, hal ini lantaran masa pakai water pump juga tergolong lama yaitu mencapai 10 tahun.

Tips cara mengganti water pump mobil yang tidak kalah penting dilakukan adalah dengan melakukan penggantian komponen secara menyeluruh. Biasanya saat ganti water pump juga harus ganti timing belt, hal ini dikarenakan letak kedua komponen tersebut sangat sulit dijangkau dan membutuhkan biaya untuk penggantiannya. Selalu gunakan suku cadang original untuk masa pakai jangka panjang.

Nah, adapun untuk cara memperbaiki water pump mobil yang bocor Brosis bisa melakukan service water pump mobil di dealer resmi terdekat.

Beberapa komponen water pump dan fungsinya sudah kita bahas, mulai dari cara kerja, tanda-tanda kerusakan, penyebab kerusakan, sampai fungsi water pump mobil. Sampai jumpa Brosis.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu