Jenis-Jenis Lampu Depan Pada Kendaraan


- Lampu seiring perkembangan selalu dilakukan improvisasi untuk mendapatkan pencahayaan yang optimal saat menerjang gelap malam di bawah pancaran cahaya rembulan. Sehingga, pada saat ini ada beberapa jenis lampu yang digunakan pada kendaraan. Apa saja? berikut ulasannya.

Jenis-Jenis Lampu Depan Pada Kendaraan

1. Lampu Jenis Bohlam Pijar


Cahaya dari lampu ini dihasilkan lewat penyaluran arus listrik melalui filamen lampu yang kemudian memanas dan menghasilkan cahaya. Kaca yang menutupi filamen yang amat panas itu ditugaskan untuk menjaga filamen dari udara agar filamen tidak cepat rusak akibat teroksidasi.

Setelah itu, lampu jenis ini kemudian diciptakan versi halogennya. Cahaya yang dihasilkan oleh bohlam halogen lebih terang karena kualitas filamen yang lebih bagus. Tentu dengan kualitas tersebut bohlam halogen lebih mahal dalam segi harga.

2. Lampu Jenis LED ( Light Emitting Diode)


Lampu jenis ini sekarang telah banyak diaplikasikan pada kendaraan baik motor maupun mobil. Hebatnya lampu LED ialah cahayanya yang terang namun konsumsi listriknya yang rendah.

Selain itu lampu LED juga tidak menggunakan filamen, melainkan menggunakan dioda. Karena itu lampu LED lebih awet dibanding lampu bohlam. Hanya saja lampu LED memerlukan arus listrik yang stabil agar lebih tahan lama.

3. Lampu Jenis HID (High Intensity Discharge)


Lampu HID ini levelnya yang paling keren. Lampu ini bertipe Xenon dan bekerja dalam kapsul gas hingga menghasilkan cahaya dari busur diantara dua elektroda yang saling berdekatan.

Lalu disebut high intensity karena lampu xenon ini sorotan cahayanya mengarah ke atas dan melebar. Selain itu, HID juga mempunyai 6000 sampai 8000 Lumens. Lebih tinggi daripada lampu LED.

Untuk diketahui, lampu yang lebih dari 3000 Lumens sudah akan sangat menyilaukan pengendara lain terutama dari arah berlawanan. Cahaya dari lampu HID dapat membuat pengendara lain mengalami buta sesaat yang efeknya sangat berbahaya.

Untuk mengatasinya, lampu HID dapat dilengkapi dengan proyektor HID. Gunanya agar pancaran cahaya fokus ke bawah agar tidak menyilaukan pengendara lain.


Sekian dari fz tentang jenis lampu pada lampu depan, gunakan lampu dengan bijak agar tidak membahayakan orang dari arah berlwanan ataupun searah. Oke, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu