Karburator Motor Banjir

Semua kendaraan bermotor yang menggunakan bahan bakar premium, pertalite, dan pertamax  pada umumnya mempunyai karburator, namun untuk saat ini karburator sudah tidak di keluarkan lagi atau di suntik mati, dan sebagai penggantinya sekarang di ganti dengan sistem injeksi untuk pengkabutannya.


Bicara soal karburator juga fungsinya sebagai pengkabut antara bahan bakar dan udara yang nantinya akan masuk ke ruang bakar.
Permasalahan yang sering terjadi jika karburator telah lama pasti akan bermasalah yaitu karburator banjir dan keluar bahan bakar dari selang pembuangan.

Kenapa hal itu bisa terjadi, sebab jarum pelampung yang ada di dalam karburator sudah aus dan tidak dapat menutup secara sempurna, atau bahkan karburator kotor akibatnya jarum pelampung terganjal kotoran sehingga akan mengakibatkan karburator menjadi banjir.

Cara memperbaikinya :

Lepas karburator dari motor anda kemudian buka karburator lepas semua repair kit yang ada di dalam karburator,
Setelah semua isi karburator terlepas semua coba lihat ujung pada jarum pelampungnya
apakah sudah aus atau belum dan perhatikan juga apakah didalam karburator juga kotor atau tidak, jika karburator kotor kemungkinan besar itulah yang menyebabkan karburator banjir, dan apabila jarum pelampung sudah aus juga kemungkinan itu yang menyebabkan banjir.

Coba anda ganti jarum pelampung dengan yang baru kemudian skir jarum pelampung menggunakan kompon, jangan menggunakan amril karna amril untuk menyekir klep.

cara menyekirnya menggunakan selang kecil yang pas dengan ukuran jarum pelampung panjang selang kira - kira 5 cm saja pada selang di beri lidi atau jari - jari sepeda motor supaya selang tidak lemas
dan colekkan sedikit kompon pada ujung jarum pelampung dan putar - putar supaya sisi jarum dan dudukan jarum dapat rapat layaknya sepertu menyekir klep sepeda motor.



Jika tahap penyekiran sudah selesai cuci bersih karburator dan repairkit kemudian pasang kembali seperti semula, pasang lagi karburator dan selang - selangnya.

Jika Motor anda terdapat filter bahan bakarnya coba cek dahulu apakah masih layak pakai atau tidak,
apabila sudah terlalu kotor maka akan menyumbat aliran bahan bakar menuji ke karburator, dan jika pada sepeda motor yang tidak ada filter bahan bakarnya, sebaiknya di pasang  filter supaya kotoran dari tangki motor tidak langsung masuk ke karburator dan jika kotoran masuk ke karburator maka akan mengganjal jarum pelampung dan akan mengakibatkan banjir atau keluar secara terus menerus bahan bakar dari selang pembuangan yang ada di kaeburator.

Apabila kondisi bagian dalam tangki motor sudah terlalu berkarat dan kotor sebaiknya kuras tangki motor anda kemudian gunakan filter bahan bakar mobil supaya tingkat penyaringannya lebih baik dari pada filter bahan bakar sepeda motor.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu