Kelebihan dan Kekurangan Pakai Semir Ban Kendaraan

Semir ban menjadi pilihan terbaik tak kala tampilan kaki-kaki kendaraan terlihat kusam, selain itu kegiatan menyemir ban juga sebagai bentuk perawatan mobil dan motor.

Walaupun demikian tetap saja ada sisi kekurangan dan kelebihan semir ban yang patut Brosis ketahui.

Lantas benarkah pemakaian semir ban dalam jangka panjang dapat menimbulkan masalah, seperti kerusakan ban kendaraan.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Benjol

Berikut ulasan singkat tentan efek pemakaian semir ban pada kendaraan.

Kelebihan dan Kekurangan Semir Ban

 menjadi pilihan terbaik tak kala tampilan kaki Kelebihan dan Kekurangan Pakai Semir Ban Kendaraan
Semir Ban
Semir ban yang beredar di pasaran tanah air umumnya terdiri dari dua jenis semir yaitu semir ban cair dan semir ban busa.

Kedua jenis semir ban tersebut memang tidak ada bedanya, toh fungsinya juga sama sebagai perias ban mobil.

Akan tetapi jika ditelisik lebih lanjut ternyata terdapat perbedaan semir ban cair dan semir ban busa (foam).

Semir ban cair terbuat dari bahan dasar silikon dan umumnya penggunaan semir ban jenis ini sangat familiar sekali di kalangan jasa cuci mobil dan motor.

Baca Juga: Bahaya Ban Vulkanisir

Kelebihan semir ban silikon yaitu tampilan ban akan terlihat jauh lebih mengkilap. Sebaliknya untuk kekurangan semir ban silikon tampilan ban akan terlihat lebih berminyak serta lengket.

Nah, adapun bahaya pemakaian semir ban silikon dalam jangka panjang yaitu ban mobil atau motor jadi mudah getas alhasil ban kendaraan mengalami retak rambut.

Selanjutnya untuk semir ban busa (foam) ini dinilai lebih baik daripada semir berbahan silikon, semir ban jenis ini sudah terkandung aerosol dimana berguna sebagai cairan pembersih ban.

Lebih bagus lagi jika semir ban mengandung wax, karena untuk pemakaian semir ban jangka panjang tidak akan berdampak buruk. Hal ini lantaran wax bisa menjaga elastisitas karet ban, hal ini tentu berbeda dari semir silikon dan busa.

Baca Juga: Perbedaan Polish dan Wax Mobil

Sudah tahukan bahaya apa saja jika salah pilih semir ban, bukannya menambah tampilan ban mobil atau motor kesayangan jadi semakin kece malah sebaliknya dapat merusak ban kendaraan.

Sebagai tambahan saja jika Brosis mampir ke tempat cuci mobil atau motor, harap diperhatikan saat pemilik jasa melakukan penyemiran ban. Kebanyakan masih menggunakan metode penghitaman ban kendaraan dengan campuran semir dan minyak tanah. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena karakteristik minyak tanah yang dapat merusak karet.

Baca Juga: Perbedaan Angin Ban Nitrogen dan Angin Ban Biasa

Setelah membaca kelebihan dan kekurangan semir ban kendaraan baik mobil dan motor semoga kita jadi lebih berhati-hati dalam menggunakannya dan jangan salah pilih lagi. Baca Juga: Merk Ban Motor Terbaik dan Merk Ban Mobil Terbaik

Post a Comment

0 Comments

Close Menu