Kelebihan Dan Kekurangan Rem Tipe ABS


- Tentu setiap komponen pada kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri dalam menjalankan tugasnya. Salah satunya rem dengan sistem ABS pada motor atau mobil keluaran terbaru saat ini.

Mari kita bahas dari kelebihannya dulu.

Rem ABS dirancang untuk mencegah roda mengunci saat melakukan pengereman mendadak baik itu di jalan kering atau basah (licin) supaya kendaraan tidak meluncur tanpa kendali. Memaksimalkan pengereman dan meratakan putaran roda untuk menerkam permukaan jalan dengan baik agar tetap dapat dikendalikan.

Cara kerjanya yang menggunakan sensor kecepatan yang terhubung langsung ke komputer.

Baca juga : Fungsi Dan Cara Kerja Rem ABS pada Mobil/Motor

Kekurangannya.?

Rem ABS mitosnya disebut-sebut kurang pakem jika digunakan mengerem dalam jarak dekat (beringiring-iringan) yang kadang menyebabkan tabrakan dengan kendaraan yang ada di depan. Ini karena rem ABS butuh jarak pengereman

Tapi ini tidak bisa disebut kekurangan dari rem ABS.

Secara automotologi, kita dituntut untuk selalu menjaga jarak saat beriringan dengan kendaraan lain. Karena apapun sistem rem yang ada pada kendaraan jika tidak menjaga jarak aman pasti akan berhadapan dengan bahaya tabrakan.

Kekurangan lain yang disebutkan ialah kurang optimalnya rem ABS ketika mengerem di jalan berkerikil atau permukaan jalan bergelombang dimana kita butuh pengereman yang langsung membuat roda berhenti.

Jika anda seorang freestyler motor atau drifter, tentu mobil dan motor yang mengadopsi ABS pada remnya bukan pilihan yang tepat. Freestyle motor dan drifting perlu rem yang super pakem agar dapat beraksi.

Berikut video yang menunjukkan bagaimana rem ABS bekerja pada saat mengerem di permukaan jalan yang basah atau licin.



Terlihat jika rem biasa digunakan untuk mengerem mendadak di jalan yang licin, motor akan tergelincir dan pastinya akan sulit dikendalikan.

Pada rem ABS, walaupun pengereman dilakukan secara mendadak, ABS akan mencegah ban mengunci. Caranya cukup sederhana yang dapat dilakukan pada rem biasa, yaitu dengan cara "mengocok" rem. Hanya saja pada ABS terkomputerisasi jadi pengereman lebih maksimal.

Jadi, apapun sistem rem pada kendaraan kita, sebaiknya tetap menjaga jarak dan cara berkendara yang baik. Karena keselamatan berkendara adalah dari kita, untuk kita dan orang-orang disekitar kita. Oke, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu