Komponen Roda Atau Kaki-Kaki Mobil yang Sering Mengalami Kerusakan


- Karena bertugas menopang bodi dan seluruh beban kendaraan, sudah seharusnya jika komponen kaki-kaki mobil cepat dan sering mengalami kerusakan. Apalagi ditambah dengan gaya mengemudi yang hajar rata, semakin membuat luka di benak sang komponen kaki-kaki mobil.

Lalu, komponen kaki-kaki mobil apa saja yang sering mengalami kerusakan? berikut ulasannya.

1. Shockbreaker

Sesuai namanya sebagai peredam getaran, shockbreaker setiap saat menerima gaya dari permukaan jalan melalui pergerakan roda yang naik turun. Di dalam shockbreaker terbagi beberapa bagian salah satunya shock absorber.

Shock absorber sering mengalami kebocoran oli akibat sering terkena benturan, kotoran dan usia pemakaian. Apa bedanya shockbreaker dengan shock absorber.? Mudah, jika shockbreaker adalah satu perangkat shock, jika shock absober adalah salah satu komponen shockbreaker.

2. Tie Rod dan Ball Joint

Fungsi kedua komponen ini sebagai penerus gaya belok dari kemudi dan penghubung tie rod dengan knuckle arm roda. Kerusakan dari komponen ini dapat terasa saat membelokkan mobil. Terdapat suara kletek-kletek saat mobil berbelok, mobil sulit dikendalikan, kemudi terasa kosong.

Untuk memastikannya anda dapat melakukan pemeriksaan pada roda mobil dengan cara mendongkrak mobil lalu memegang sisi atas dan bawah, kanan dan kiri lalu goyangkan roda. Jika terasa oblak, dapat dipastikan tie rod dan ball jointnya mengalami kerusakan.

3. Bushing dan Bearing

Kedua komponen ini berfungsi sebagai bantalan dan menghaluskan putaran. Bushing mendapat tugas menahan beban dan sebagai bantalan komponen yang disematkan ke mobil. Sedangkan bearing selalu berputar dan juga ikut menerima beban maupun gaya dari permukaan jalan.

Kerusakan dari bushing terasa jika mobil melewati jalan rusak. Pada saat itu akan timbul suara-suara berisik. Itu karena karet bushing sudah "mati" dan mengeras. Kerusakan pada bearing ialah dengan pecahnya bola bearing yang akan mengakibatkan putaran roda akan tidak mulus, roda oblak. Segara ganti bearing dan bushing jika mengalami kerusakan.

Yaps itu dia beberapa komponen penopang bodi kendaraan yang sering mengalami kerusakan, rawat selalu mobil kesayangan anda agar selalu setia menemani perjalanan anda. Oke, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu