Lampu Indikator Jupiter MX Berkedip

Ada berbagai macam gejala kedipan yang terjadi pada indikator temperatur pada panel speedo meter motor jupiter mx, baik kedipan normal bahkan kedipan yang tidak normal atau salah satu komponen jupiter mx mengalami masalah.

Pada umumnya indikator akan menyala 1 kali sekitar 2 detik lalu akan mati lagi ketika kunci kontak di on kan, jika anda menemui hal seperti itu berarti motor anda tidak ada masalah alias normal.

Apabila indikator menyala setelah anda bawa untuk perjalanan cukup jauh itu tandanya mesin motor anda sudah terlalu panas dan pasti juga di ikuti dengan kipas radiator yang berputar, sebaiknya anda berhenti sebentar supaya kondisi motor tidak terlalu panas, jika anda memaksa untuk tetap melanjutkan perjalanan meskipun tau indikator sudah menyala kemungkinan besar motor anda akan ngejim dikarenakan pemuaian yang ada di dalam mesin motor akibat panas yang berlebih.


Tetapi jika motor baru berjalan beberapa kilometer saja indikator sudah menyala ini mungkin sistem pendingin pada motor ada yang bermasalah.

Silahkan anda cek kipas radiator apakah berputar atau tidak, fungsi kipas radiator untuk mendinginkan air yang ada pada radiator dan setelah dingin maka air radiator akan masuk lagi ke bagian sisi dalam silinder blok mesin, sedangkan yang ada pada dalam sisi blok silinder yang sudah panas akan masuk ke radiator untuk didinginkan lagi melalui kipas tersebut.

Cek juga pada air radiator (water coolen) jika sudah terlalu lama sebaiknya ganti dengan yang baru cek juga air yang ada di botol penampungannya sebaiknya berada pada garis bagian atas dan jangan sampai kurang.

Penggantian air radiator setiap 10000km atau kurang dari 10000km untuk mendapatkan pendinginan yang maksimal.

Selanjutnya untuk mengecek indikator yang lainnya,

Apabila kunci kontak di on kan indikator berkedip 1 kali dan selanjutnya indikator berkedip berulang-ulang ini adalah hal yang tidak wajar dan kemungkinan besar salah satu komponen motor anda sedang bermasalah.

Hal yang harus anda lakukan adalah cek satu persatu komponen inti yang menyebabkan indikator menyala berkedip secara terus menerus.

Silahkan anda cek pada thermo sensor/thermostat dan sensor TPS, thermo sensor letaknya berada di sebelah kanan tepat di bagian head motor sedangkan sensor TPS terletak pada bagian karburator.

Baca juga : Arti Kedipan Indikator Injeksi Motor Honda PGM-FI

Arti kedipan pada indikator jupiter MX

Ketika kunci kontak di on kan kemudian indikator menyala 1 kali dan akan mati kembali kemudian indikator menyala lagi sebanyak 3 kali dan terus berulang-ulang berarti kerusakan terletak pada thermo sensor.


Ketika kunci kontak di on kan kemudian indikator menyala 1 kali dan akan mati kembali kemudian indikator menyala lagi sebanyak 5 kali dan terus berulang-ulang berarti kerusakan terletak pada sensor TPS.


Itulah cara mengetahui permasalah yang terjadi pada indikator temperatur yang terletak pada panel speedometer.
Walaupun kecil komponen tersebut memang sangat mahal harganya Untuk thermo sensor sekitar 150 ribuan dan untuk sensor TPS sekitar 350 ribuan.

Semoga artikel yang saya tulis bisa membantu dan menyelesaiakn permasalahan yang terjadi pada motor kesayangan anda.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu