Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lampu Motor Sering Putus

Pernahkan anda mempunyai masalah pada motor kesayangan anda dimana lampu motor anda sering banget putus, padahal baru di ganti beberapa hari saja sudah putus atau bahkan cuma dalam hitungan menit juga bisa putus.


Lampu motor tentunya sangat penting jika untuk berkendara di malam hari fungsinya selain untuk penerangan juga untuk keselamatan kita, gimana jadinya jika kita berkendara malam hari tidak menggunakan lampu, pastinya kita akan merasa bingung untuk memilih jalan yang bagus untuk kita lewati apa lagi pada saat melewati jalan berlubang dan bergelombang.

Selain di gunakan pada malam hari lampu utama motor untuk melewati jalan raya pastinya harus dihidupkan, hal ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecelakaan para pengguna jalan raya, maka dari itu sepeda motor keluaran terbaru untuk lampu utama sudah tidak di lengkapi dengan saklar on/off lagi.

Untuk mengatasi masalah lampu sering putus sebaiknya anda lihat kualitas lampu yang anda gunakan, apakah lampu tersebut bagus atau tidak.
Cek juga watt lampu tersebut, jika pada sepeda motor yang menggunakan dua bohlam lampu maka sebaiknya di pasang lampu 12volt/18 atau 25watt, dan jika motor anda hanya menggunakan satu bohlam lampu sebaiknya di pasang 12volt/25watt ke atas.

Apabila motor yang menggunakan 2 bohlam lampu diberi daya bohlam 12volt/35watt x dua bohlam maka penerangan akan menjadi redup, itu dikarenakan watt yang terlalu besar untuk dua buah lampu yang terpasang di sepeda motor anda.
dan apabila sepeda motor yang menggunakan satu bohlam lampu diberi daya 12volt/18watt ini akan membuat lampu tersebut cepat putus dikarenakan arus yang keluar dari spull motor lebih besar dari pada daya bohlam lampu tersebut.
tetapi apabila diberi daya 12volt/35watt ini akan membuat penerangan motor semakin terang tetapi reflektor motor akan meleleh akibat panas berlebih yang di keluarkan oleh bohlam lampu tersebut.

Penyebab lampu motor sering putus juga bisa di sebabkan karena kiprok motor yang sudah rusak, apabila kiprok rusak arus yang keluar dari spull motor jadi membesar mengikuti putaran mesin.


Maka dari itu kiprok sangat penting untuk sepeda motor karna fungsinya adalah untuk menstabilkan arus lisrik yang keluar dari spull motor, selain untuk menstabilkan arus listrik kiprok juga berfungsi sebagai penyearah arus dari spull motor dari yang tadinya keluar dari spull itu arus AC (bolak - balik) maka setelah keluar dari kiprok akan berubah menjadi arus DC (searah), dan nantinya arus DC itu akan digunakan untuk mengecas aki sepeda motor.

Untuk memastikan kondisi kiprok dalam keadaan baik atau tidak coba anda hidupkan sepeda motor anda lalu perhatikan nyala lampu pada saat di rpm bawah dan perharikan juga pada saat rpm tinggi.

Jika pada saat rpm tinggi nyala lampu menjadi terang benderang tudak seperti pada umumnya sudah di pastikan kiprok motor tersebut sudah mulai mati, dan jika dibiarkan terus di gas di rpm tinggi pasti lampu tersebut akan putus, itu di karenakan kiprok sudah tidak bekerja secara maksimal jadi nyala lampu motor akan menjadi terang dan terus menerang apabila gas semakin di putar ke rpm tinggi.

Dan untuk kiprok yang masih baik adalah ketika motor di gas pada rpm sedang ataupun tinggi nyala lampu masih sama  dan tidak terus menerang mengikuti putaran mesin.

Post a Comment for "Lampu Motor Sering Putus"