Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lampu Sein Motor Rusak Atau Error

Fungsi lampu sein motor adalah lampu tanda belok saat kita para penunggang motor mau belok ke kanan maupun kekiri.
Jika lampu sein motor anda eror maka anda akan kena marah orang apabila tiba - tiba belok tanpa menghidupkan lampu sein dan mungkin akan terjadi hal - hal yang tidak diinginkan, maka dari itu fungsi lampu sein sangatlah penting.
Lampu sein error bagian depan nyala terang normal  tapi lampu sein pada bagian belakang nyala redup, atau sebaliknya pada bagian belakang nyala lampu sein normal dan pada bagian depan nyala redup baik yang kanan maupun yang kiri.
untuk mengatasi masalah tersebut pastikan dulu pada bagian mana lampu sein yang eror, bagian depan atau belakang jika pada bagian depan kita cukup membuka bodi pada bagian depan dan apabila lampu sein bagian belakang yang eror anda cukup buka bodi bagian belakang saja, karna kita akan melakukan pengurutan kabel bodi sebaiknya anda siapkan alat - alat dan bahannya.

Alat dan bahan yang di perlukan :

  • Obeng untuk membuka body motor
  • Isolasi
  • Gunting
  • Kabel secukupnya
  • Multi tester (Tidak terlalu disarankan)

Langkah awal pastikan dulu bagian mana lampu sein yang error bagian depan atau belakang, jika sudah jelas silahkan buka bodi motor anda menggunakan obeng atau kunci lainnya untuk membuka body karna setiap sepeda motor alat untuk membuka body motor berbeda - beda.

Jika bodi sudah terlepas kini saatnya anda mencari kabel yang menuju pada bagian lampu sein, dan silahkan anda cek kabel - kabelnya apakah ada yang putus atau tidak, biasanya kabel putus karna gesekan atau tertarik oleh part - part yang lain.

Jika dirasa tidak ada yang putus pada bagian luar dan terlihat baik - baik saja mungkin kabel putus pada bagian dalam atau pada bagian sambungan - sambungan kabel yang ada di dalam bungkusan isolasi atau slongsong kabelnya.

Silahkan anda buka isolasi dan selongsong kabel sampai kelihatan bagian dalamnya, 
pada bagian dalam selongsong tersebut terdapat banyak kabel dengan warna yang berbeda - beda, maka dari itu anda harus tau arti warna kabel sepeda motor anda.

Biasanya eror sein yang redup di akibatkan oleh kabel massa(-) yang putus jika anda telah mengetahui warna kabel massa motor anda silahkan anda lepas soket lampu sein motor anda dan gunakan multi tester arahkan pada skala ohm (hambatan) colokkan ujung kabel multi tester ke sasis besi motor atau ke mesin motor pokoknya besi yang di aliri arus massa (-) dan ujung kabel multi tester yang satunya colokkan pada soket massa lampu sein yang menuju ke kelistrikan motor bukan soket yang menuju ke lampu sein, apabila jarum multi tester tidak bergerak berarti kabel massa memang putus.

Coba anda jumper kabel massa yang ada di lampu sein motor dengan kabel tambahan dan colokkan kembali soket dari lampu sein ke kelistrikan motor kemudian tempelkan ujung kabel tambahan,  yang satunya tadi ke massa atau sasis besi motor dan coba hidupkan sein motor anda jika lampu sein motor nyala seperti sedia kala kini saatnya anda urut kabel massa sein tadi di kabel bodi motor anda dan jika sudah ketemu silahkan anda sambung menggunakan kabel tambahan, dan isolasi kabel tersebut dengan rapat dan rapihkan kabel seperti sedia kala.

Demikianlah cara untuk memperbaiki lampu sein motor yang eror secara tiba-tiba, dan bila ada yang kurang paham silahkan bertanya langsung kepada saya, sekian dan terimakasih.

Post a Comment for "Lampu Sein Motor Rusak Atau Error"