Membuat Bunyi Klakson Putus - Putus Pakai Relay

Berbagi ilmu itu indah dan akan mendapat banyak pahala, kali ini saya akan membagikan sebuah trik cara membuat bunyi klakson putus -putus tentunya bisa di pasang pada semua jenis klakson yang ada di motor.


Jika anda berminat silahkan siapkan alat serta bahan - bahanya dan ikuti langkah - langkahnya.

Untuk alat dan bahan yang kita siapkan yaitu :

  1. Solder
  2. Timah solder
  3. Kabel secukupnya
  4. Relay 12volt kaki lima satu buah
  5. Dioda 1 ampere satu buah
  6. Kapasitor (elco) 50volt 220uf satu buah
  7. Isolasi secukupnya


Setelah semua alat dan bahan sudah siap saatnya mulai langkah demi langkahnya, solder ujung dioda yang ada garis putihnya tepat pada kaki relay yang ada ditengah kemudian ujung satunya kepinggir seperti gambar diatas dan lanjutkan solder pada kaki kapasitor (elco) yang ada garis putihnya itu menunjukkan bahwa garis putih menuju ke negatif sedangkan kaki yang tidak ada garis putihnya alias polos seperti warna kapasitor (elco) menandakan kaki positif, solder seperti di gambar sesuai warna jalur yang telah saya bikin di atas.

Kemudian tambahkan kabel secukupnya pada setiap kaki relay persis seperti di gambar, untuk kabel warna merah pendek dan hitam pendek itu langsung di sambungkan pada soket klakson lama, jangan sampai kebalik untuk warna merah itu arus positif(+) sedangkan warna hitam itu arus negatif(-).
Sedangkan untuk kabel merah panjang dan hitam panjang itu langsung menuju ke klakson, cek kembali rangkaian tersebut jika sudah sama dengan gambar yang ada di atas saatnya posisikan kunci kontak ke ON dan selanjutnya pencet tombol klakson motor anda.

Jika berhasil maka bunyi klakson pada sepeda motor anda akan terlihat berbeda dari sebelumnya, jika sebelumnya tombol klakson di tahan klakson akan terus manteng berbunyi tetapi setelah anda memasang relay tersebut jika anda menahan tombol klaksonnya maka akan berbunyi putus-putus.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu