Meringkas Kabel Motor Mio, Vega R dan Jupiter Z

Meringkas kabel pengapian pada sepeda motor supaya tetap bisa jalan dan sepeda motor akan terlihat tanpa adanya kabel - kabel tidak terpakai yang berserakan tentunya akan membuat sebuah sepeda motor akan terlihat lebih simpel.

Tentunya ini akan menjadi pilihan pemilik sepeda motor tersebut, di karenakan motor tersebut memang motor yang sudah tua atau motor tersebut sudah tidak ada body nya karena sudah pecah ataupun hilang.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya untuk meringkas kabel body untuk jalur pengapian pada sepeda motor yamaha mio lama, vega r, dan jupiter z.

Di karenakan motor tersebut memiliki kesamaan pada CDI jadi saya akan meringkas dan menjelaskan secara urut dalam pemasangannya mulai dari spull pengisian, kiprok, cdi, dan koil.

Ketiga motor tersebut menganut sistem pengapian arus DC jadi jika anda meringkasnya sebaiknya di pasangkan aki pada motor tersebut, supaya arus yang keluar dan mengaliri CDI akan murni arus searah atau arus DC, sebenarnya tanpa aki pun motor tersebut akan tetap bisa hidup tetapi jika pemakaian dalam jangka panjang akan merusak CDI.

Marilah kita bahas dan mulai pengerjaanya mulai dari awal, buang dulu semua kabel kelistrikan yang ada pada body motor kemudian potong kabel yang ada pada soket kiprok dan cdi dikarenakan kita nantinya masih gunakan soket - soket tersebut, dan gunakanlah kabel baru untuk mempermudah kita dalam memasangnya atau kabel lama pun juga boleh itu terserah anda, tetapi cari yang bagus jangan yang sudah rapuh.

Baca juga : Warna Kabel Semua Motor


Warna kabel yang dari spull terdapat lima warna dalam lima warna tersebut menggunakan 2 soket, untuk soket pertama hanya ada dua kabel yaitu kabel warna pink dan putih, kabel tersebut ada lah kabel dari pulser untuk warna putih itu arus positif pulser sedangkan yang pink adalah arus negatif pulser nantinya kedua kabel tersebut akan menuju ke CDI.

Sedangkan soket yang kedua memiliki tiga warna kabel yaitu warna hitam, putih, dan kuning, kabel warna hitam tersebut adalah kabel massa sedangkan yang putih adalah kabel spull pengisian sedangkan yang kuning kabel spull untuk lampu depan, lampu senja dan lampu seri belakang.

Untuk pemasangannya sambungkan semua kabel massa dari cdi, spull, kiprok, koil , aki, menjadi satu ke rangka atau mesin motor, untuk cdi ada 2 kabel massa yang pertama massa warna hitam ke rangka atau mesin motor dan yang massa warna merah di sambungkan ke kabel warna pink pada pulser.

Pastikan semua kabel massa tersambung dengan benar dan untuk warna kabel - kabel yang lain tinggal mengikuti skema pada gambar yang sudah saya buatkan di atas, usahakan untuk pemasangannya serapih mungkin dan setiap sambungan harus kuat supaya tidak terjadi yang namanya hubungan arus pendek atau konsleting listrik.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu