Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Meringkas Kabel Motor

Meringkas atau sama halnya dengan membuat simpel kabel instalasi motor sangat lah mudah bagi orang yang sudah ahli di dunia kabel bodi sepeda motor.
Namun untuk orang yang belum berpengalaman tentunya akan kesulitan dalam melakukannya yaitu untuk membuat kabel bodi motor jadi simpel karna kita akan meringkasnya dengan mengambil yang penting saja.

Biasanya motor yang di ringkas kabelnya adalah motor - motor yang sudah tua dan di gunakan untuk pergi ke ladang ataupun ke sawah, dan untuk membuat sepeda motor jadi lebih kelihatan simpel dan tidak berantakan kabelnya karena bodi motor tinggal sedikit, maka salah satu cara yang mereka lakukan adalah dengan meringkas kabel motor tersebut.

Biasanya kabel yang sering digunakan adalah untuk komponen seperti CDI, KIPROK, KOIL, KUNCI KONTAK, DAN LAMPU DEPAN. ada juga yang tidak menggunakan lampu depan jadi kabel bodi terlihat lebih simpel karna hanya beberapa helai saja.

Baiklah kali ini saya akan memberikan trik meringkas kabel bodi motor, tapi tentunya kita juga harus mengerti arti warna kabel tersebut supaya tidak salah dalam melakukan pemasangan instalasinya.

Baca Juga : Warna Kabel Semua Motor

Untuk pengerjaan yang lebih mudah sebaiknya gunakan kabel yang baru supaya kita tidak harus mengambil bekas kabel dari motor tersebut, kita siapkan dulu bahan dan alatnya,

  1. Kabel kurang lebih empat meter
  2. Gunting
  3. Isolasi
  4. Tang
  5. Tali tis untuk mengaitkan kabel dengan sasis motor
  6. Saklar

Cara pengerjaanya

1. Lepas dulu semua kabel pada sasis motor tersebut.
2. Potong kabel yang ada di soket CDI dan KIPROK tapi jangan terlalu pendek karena nantinya soket kabel itu masih kita gunakan lagi.


Dari instalasi di atas adalah rangkaian yang sudah saya ringkas, berlaku untuk motor GRAND, LEGENDA, SUPRA, SUPRA FIT dan motor yang memiliki CDI sama persis dengan motor tersebut.

Baca Juga : Membuat Jalur Stater Elektrik Sepeda Motor

  • Kabel yang berwarna hijau kaitkan pada sasis motor atau mesin motor.
  • Kabel yang berwarna hitam strip merah itu adalah kabel api dari spull motor.
  • Kabel yang berwarna biru strip kuning itu dari pulser, letak pulser juga sama dengan spull ada di dalam bak magnet motor.
  • Kabel hitam strip putih adalah kabel untuk kunci kontak, tanpa kunci kontak juga bisa sebenarnya ketika mesin dalam keadaan hidup pada saat kita akan mematikan mesin cukup menempelkan kabel hitam strip putih tersebut pada sasis motor/Massa (-), tetapi apabila saat menghidupkan mesin motor jangan menempelkan atau menyambung kabel tersebut ke sasis/massa (-) karena mesin motor tidak akan bisa hidup, jadi fungsi kabel hitam strip putih tersebut adalah untuk memutus dan menyambung arus listrik yang ada pada CDI motor.
  • Kabel yang berwarna kuning adalah kabel dari spull motor, dimana kebel kuning dari spull adalah berfungsi untuk mengaliri arus listrik ke lampu motor, untuk pemasangannya juga harus seperti skema gambar di atas, harus tersambung juga melalui kiprok motor, apabila tidak tersambung ke kiprok maka lampu akan mudah putus.

Post a Comment for "Meringkas Kabel Motor"