Motor brebet saat di gas pada rpm tinggi

Baiklah sobat kali ini saya akan membahas mengenai motor yang brebet ketika digas atau brebet pada rpm tinggi, hal ini banyak sekali penyebabnya dan tentunya tak sedikit orang yang mengalaminya.

Untuk mengatasinya kita perlu tau awal mula penyebabnya yang membuat motor kita tidak bisa naik ke rpm tinggi atau brebet saat di gas tinggi.

Untuk pengecekan awal kita perlu tau kualitas bahan bakar yang kita gunakan apakah itu bagus apakah tidak, sebab bahan bakar juga sangat berpengaruh pada performa mesin motor kita, sebaiknya kita menggunakan bahan bakar yang berkualitas bagus nilai oktannya pakailah pertamax dan belilah di spbu karna biasanya ketika membeli bahan bakar pada kios kecil atau eceran itu sudah di campur-campur oleh tangan-tangan nakal mereka, setelah kita tau kualitas bahan bakar yang kita gunakan saatnya mengecek karburator, biasanya karburator sedikit kemasukan air saat di cuci maupun kehujanan, maka tutuplah kran dari tangki motor kita dan buanglah bahan bakar yang ada pada karburator dengan membuka baut pembuangan yang ada pada karburator motor tersebut.

Setelah itu kita juga bisa mengecek pada pengapian jika dengan cara diatas motor masih brebet saat rpm tinggi, untuk pengecekan pengapian kita memulai dari busi-koil-cdi-pulser-spul (untuk motor dengan sistem ac) dan cek aki pada motor sistem dc)

Cek BUSI, lalu lihat apakah percikan bunga apinya masih normal atau tidak, untuk busi yang masih bagus pada percikan bunga api akan terlihat berwarna biru keputih-putihan dan tidak menyebar pada sisi-sisi busi melainkan fokus pada ujung tengah busi.

Baca juga : Motor Injeksi Brebet


Cek KOIL, untuk mengeceknya kita lihat percikan api yang dikeluarkan pada koil, untuk koil yang masih bagus maka percikan api yang dikeluarkan koil juga berwarna biru keputih-putihan dan terlihat besar apinya.


Cek CDI, untuk mengeceknya kita cabut soket kabel yang menuju atau menancap pada koil, tempelkan ke masa dan coba sela motor tersebut bila ada percikan bunga apinya berarti cdi masih bagus, bunga api yang dikeluarkan cdi tidak terlalu besar karna hanya dialiri arus 12volt saja.


Cek PULSER, untuk mengecek pulser kita perlu memnggunakan alat multitester, setel multitester pada hambatan ohm meter kemudian salah satu ujung kabel multitester kita tempelkan pada masa dan satunya melalui kabel yang dari pulser, jika jarum multi tester masih bergerak berarti pulser masih hidup, tapi jika tidak bergerak sama sekali berarti pulser telah mati.

Cek AKI, untuk motor sistem pengapian dc, jika aki motor sudah tidak normal lagi ini juga sangat berpengaruh pada motor yang memakai sistem pengapian dc, karna motor juga akan brebet dan tidak bisa langsam, dan jika ini berlanjut pada jangka panjang maka akan merembet ke komponen lain seperti cdi akan mulai mati, karna pada umumnya pengapian dc diharuskan untuk memakai aki.


Cek SPULL, cari kabel dari spul yang berwarna hitam-merah untuk motor honda pengapian (AC), tempelkan pada masa kemudian sela motor tersebut, jika masih mengeluarkan percikan api berarti spul juga masih berfungsi, arus yang dikeluarkan spul tidaklah terlalu besar karna hanya sekitar 12Volt saja.


Cek filter udara, Filter udara tentunya sangat berpengaruh terhadap mesin, karna filter yang sudah terlalu kotor akan menghambat masuknya udara ke ruang bakar, hal ini yang sering terjadi pada sekitar kita dan karna berkurangnya udara akan menyebabkan motor brebet ketika digas bahkan tenaga motor pun akan berkurang.


Itulah cara menemukan masalah yang timbul pada motor brebet saat rpm tinggi, jika anda bingung dalam melakukan uji coba sebaiknya bawa saja ke dealer atau bengkel langganan anda, tapi tidak ada salahnya anda memperbaiki sendiri dengan mengikuti cara yang saya terangkan di atas.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu