Motor Injeksi Brebet

Motor injeksi sekarang sudah banyak beredar di pasaran tanah air kita, karna sistem pengabut karburator sudah disuntik mati dan digantikan dengan sistem pengabut injeksi.
Beberapa orang sering mengeluh akibat motor injeksi jika bermasalah pada bagian paket injektornya harus di bawa ke dealer yang mempunyai alat khusus untuk mensetting injeksi tersebut.

Jauhnya dealer atau tempat servis injeksi motor akan membuat masalah besar bagi mereka jika mempunyai motor injeksi yang mogok saat berada di rumah.

Cara mengatasi Motor injeksi yang brebet atau mati tidak bisa hidup sama sekali :

1. Bahan bakar

Pastikan dahulu bahwa bahan bakar yang anda gunakan adalah bahan bakar yang bagus dan bukan bahan bakar oplosan minyak tanah atau yang lainnya.

2. Aki (accu)


Aki adalah alat untuk menyimpan Arus listrik dan jika aki sudah lemah atau soak maka tidak bisa lagi untuk menyimpan arus listrik, jika aki sudah lemah atau soak ini juga akan berpengaruh untuk kerja kelistrikan pada sepeda motor, karna fuel pump pada tangki motor tidak akan bekerja dengan optimal sehingga membuat penyuplaian bahan bakar ke injektor akan bermasalah dan membuat motor akan brebet bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

3. Fuel Pump


Fuel pump adalah alat yang ada di dalam tangki motor dan berfungsi untuk memompa bahan bakar yang ada di tangki menuju injektor, jika fuel pump rusak atau filter fuel pump kotor maka semprotan dari fuel pump akan lemah jadi penyuplaian bahan bakar akan tersendat - sendat dan membuat sepeda motor akan berebet jika di gas malah mesin mati, untuk mengeceknya silahkan lepas tangki motor dan cabut selang yang ada di  tangki dan biarkan soket kabel fuel pump tetap menancap selanjutnya on kan kunci kontak dan perhatikan penyemprotan pada fuel pump tersebut, jika fuel pump yang masih baik maka penyemprotan bahan bakarnya akan lancar dan jauh sekitar setengah meter, tetapi jika jarak semprotnya hanya satu kilan saja maka fuel pump bermasalah.

Coba lepaskan fuel pump dari tangki motor kemudian cek filter fuel pump tersebut apakah tersumbat atau tidak jika dirasa filter sudah kotor maka sebaiknya ganti yang baru dan silahkan coba lagi cek jarak semprotan bahan bakarnya.
Jika penyemprotan jaraknya panjang berarti kasus ini telah selesai dalam permasalahan fuel pump tetapi jika masih sama mungkin fuel pump sudah melemah dan harus di ganti.

4. Injektor


Injektor berfungsi sebagai pengkabutan bahan bakar menuju ke ruang bakar, dan jika injektor bermasalah maka proses pengkabutan tidak akan normal maka mesin motor akan tersendat - sendat bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

Untuk pengecekanya silahkan lepas injektor pada bagian head mesin motor dan biarkan selang dari fuel pump dan soket kabel tetap menancap pada injektor setelah itu coba stater motor anda atau di sela untuk memastikan kabut yang di keluarkan dari injektor, jika injektor masih bagus maka kabut bahan bakar akan terlihat banyak dan jaraknya 15-20 cm tetapi jika injektor bermasalah maka jarak kabutnya hanya 10 cm bahkan lebih rendah hanya berkisar 5 cm saja maka alhasil motor tersendat - sendat atau bahkan tidak bisa hidup sama sekali.

5. Pengapian

Pengapian sepeda motor meliputi Busi, Koil, Cdi(Untuk pengkabut bahan bakar pada motor karburator), Ecu/Ecm(Untuk pengkabut bahan bakar pada motor injeksi) Aki, dan Spull.
Pastikan semua komponen pengapian tersebut berjalan normal dan dapat bekerja dengan baik, jika salah satu dari komponen tersebut sudah lemah atau mati akan di pastikan kinerja motor akan berkurang dan mungkin mesin motor tidak bisa hidup.

6. Filter udara

Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran debu yang ikut terhisap pada saat mesin hidup, jika dalam jangka panjang pasti filter udara akan sangat kotor karna debu-debu yang menempel, apabila filter udara kotor maka otomatis mesin motor akan tersendat - sendat karna hasil udara yang masuk keruang bakar sangat minim.

Sebaiknya anda cek filter udara motor kesayangan anda jika sudah sangat kotor coba bersihkan dengan kompresor bertekanan tinggi supaya debu - debu yang menempel dapat terbuang jika dirasa filter udara sudah tidak layak pakai sebaiknya ganti dengan yang baru.

Apabila anda telah melakukan langkah di atas tapi permasalahan belum terselesaikan sebaiknya anda bawa motor kesayangan anda ke beres (bengkel resmi) langganan anda, karna disana sudah mempunyai alat untuk mensetting paket injeksi baik dari full pump hingga injektornya.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu