Motor Tiba-Tiba Mogok? Ketahui 5 Penyebabnya


- Mogok selalu menjadi momok menakutkan bagi setiap pengendara baik pengendara motor ataupun mobil.

Karena mogok adalah kondisi dimana kendaraan tidak dapat berjalan bahkan menyala pun tidak bisa. Mungkin bisa diberi applause dulu untuk definisi dari mogok ini.

Lalu apa saja penyebab motor dapat tiba-tiba mogok.? Berikut ulasannya.

Penyebab Motor Mogok

Kehabisan Bahan Bakar

Kadang antara jarum penunjuk dengan jumlah bahan bakar di tangki bahan bakar tidak sinkron. Ada juga yang sinkron tapi karena panik, pengendaranya tidak melihat indikator bahan bakarnya. 

Yang tidak lucu ialah karena gauge dan jumlah bahan bakar tidak sinkron.

Begitu kendaraan mati, pandangan langsung tertuju pada gauge bensin (jarum penunjuk) padahal masih ada "setengah".

Disaat itu anda sibuk mencari penyebab mogoknya motor anda. Lepas ini lepas itu periksa ini periksa itu. Ternyata saat membuka tutup tangki, kondisi di dalam tangki begitu gersang dan tandus.

Bisa dipastikan kata-kata mutiara akan terucap oleh lisan ini.

Lubang Ventilasi Tangki Bahan Bakar Tersumbat

Lubang ventilasi ini terdapat pada bagian atas tutup tangki atau di dalam tutup tangki. Nah, lubang ventilasi ini harus secara berkala dicek kondisinya.

Karena jika tersumbat, maka aliran bahan bakar harus berhadapan dengan gaya vakum. Akibatnya aliran bahan bakar akan berhenti dan motor akan mogok.

Terdapat Air Dan Kotoran Di Dalam Tangki Bahan Bakar

Terdapatnya air dan kotoran-kotoran pada tangki bahan bakar. Yaps, biasanya kotoran akan menyatu dengan air ketika bersama bahan bakar. Air akan masuk ke pompa injeksi atau berkumpul di karburator.

Air dapat masuk ke tangki karena proses penguapan dan masuk secara manual melalui tutup tangki.

Proses penguapan yang menyebabkan air ada di dalam tangki karena bahan bakar dalam tangki sering kurang dan tangki terpapar panas matahari dalam jangka waktu yang lama.

Jadi usahakan bahan bakar selalu cukup dan cari tempat parkiran yang teduh.

Lalu masuk secara manual dari tutup tangki maksudnya karena karet pada tutup tangki sudah mulai hilang kelenturannya dan fungsinya.

Jadi air dapat masuk ketika motor dicuci atau terkena hujan.

Bukan hanya masuk air, bahan bakar juga bisa rembes yang membuat volume bahan bakar cepat habis dan tentunya berbahaya karena motor anda bisa...

Terbakar.

Jadi, bersihkan tangki secara berkala untuk mencegah penyakit ini terjadi.

Busi Bermasalah

Busi yang selalu menjadi dugaan awal penyebab mogoknya motor ini kenapa fz letakkan di nomer 4.? Tujuannya satu, yaitu...

Tidak ada.

Busi bermasalah biasanya karena busi sudah mati (rusak) atau elektroda busi basah karena terkena banyak bahan bakar atau oli mesin.

Jadi memeriksanya cukup mudah, jika busi basah keringkan terlebih dahulu kemudian pasang pada cop busi, arahkan ke mesin start lalu lihat apakah ada percikan api, jika ada berarti busi aman.

Jika tidak ada, coba periksa serangkaian kabel busi.

Aki Ngedrop Atau Soak

Pada beberapa jenis motor, tapi sekarang sudah rata-rata kan yah..

Motor jaman now kini telah menggunakan sistem injeksi untuk pengabutan bahan bakarnya.

Sistem injeksi bekerja sama dengan ECU. ECU sendiri memerlukan tenaga yang harus cukup untuk bekerja. Karena ECU bertugas mengatur sensor-sensor pada mesin.

Jika baterai ngedrop atau lemah maka kinerja ECU pun akan menurun juga efeknya akan berpengaruh pada kinerja sistem injeksi bahan bakar.


Itulah mengapa motor injeksi lebih cepat K.O akinya karena semua beban tertumpu pada aki. Apalagi jika ditambah spul dan kiprok motor yang rusak. Tentu suplai arus listrik ke baterai tidak ada dan membuat aki jadi soak.

Jadi, selalu periksa aki secara berkala agar kinerja semua sistem pada motor maksimal.

Nah itu dia beberapa penyebab yang sering membuat motor tiba-tiba mogok. Untuk mencegah hal ini terjadi, selalu periksa dan rawat motor secara rutin dan berkala agar motor tetap fit menemani kita beraktifitas.

Sekian dari fz, stay ganteng..

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu