Pengertian Coating Mobil dan Besaran Biayanya

Coating Mobil (nano ceramic) menjadi primadona akhir-akhir ini khususnya dikalangan penggiat otomotif tanah air, hal ini dikarenakan hasilnya yang lebih maksimal ketimbang saat memakai polish dan wax mobil.

Apa itu Coating Mobil?

Coating Mobil dan Biaya untuk Sekali Coating

akhir ini khususnya dikalangan penggiat otomotif tanah air Pengertian Coating Mobil dan Besaran Biayanya
Coating Mobil
Coating mobil adalah salah satu metode cara mengkilapkan dan menjaga warna cat mobil selain waxing dan polishing, dengan memanfaatkan lapisan nano ceramic sebagai lapisan pelindung.

Proses coating mobil yang melalui beberapa tahapan pemolesan lapisan khusus di atas cat mobil. Hal ini bertujuan untuk melindungi cat mobil dari paparan sinar matahari langsung dan guyuran hujan yang keduanya memiliki zat yang dapat merusak cat mobil.

Cara pengerjaan coating mobil sendiri terdiri dari tiga tahapan yang mana itu hanya bisa dilakukan di tempat jasa coating mobil. Hal ini lantaran pengerjaannya yang susah membuat kita harus berhati-hati dalam mencoating mobil kesayangan.

Baca Juga: Cara Mengemudi Mobil Saat Hujan Deras

Adapun proses coating yang pertama yaitu proses pembersihan mobil atau auto detailing yang terdiri dari tiga tahapan. Setelah itu baru bisa dilakukan coating pada mobil.

Hal inilah yang membuat biaya coating mobil lebih mahal ketimbang biaya polish dan wax mobil, selain hasilnya lebih mengkilap juga lebih lama dalam melindungi cat mobil.

Perbandingan Biaya Coating, Waxing, dan Sealant

Berikut beberapa perbandingan yang bisa Brosis simak di bawah ini.
  1. Waxing mobil biasanya hanya bertahan sampai tiga bulanan saja.
  2. Sealant lebih unggul dari wax dan mampu bertahan sampai 6 bulan.
  3. Coating mobil mampu bertahan sampai bertahun-tahun karena menggunakan lapisan nano ceramic.
Nano ceramic adalah lapisan pelindung yang digunakan untuk coating mobi, lapisan ini mampu melindungi mobil dari paparan sinar ultra violet dan guyuran air hujan yang mengandung asam. Salah satu ciri khas mobil yang sudah dicoating biasanya jika terkena air, air tidak akan membasahi permukaan mobil sepenuhnya (kayak daun talas).

Baca Juga: Cara Menghilangkan Noda Air Pada Bodi Mobil

Ada pun lama proses pengerjaan coating mobil sedikit memakan waktu, hal ini dikarenakan ada beberapa tahapan yang membutuhkan waktu pengeringan. Biasanya coating mobil selesai dalam kurun waktu 2-4 hari kerja.

Enaknya jika mobil sudah dicoating yaitu saat mencuci mobil usai terkena hujan, kita tidak perlu lagi memakai shampo khusus mobil dan hanya perlu dibersihkan menggunakan air biasa saja sama dilap.

Biaya Coating Mobil

Beberapa keunggulan coating mobil yang dapat Brosis rasakan ini sebanding dengan besaran biayanya.
Biasanya besaran nominal yang harus dikeluarkan untuk sekali coating mobil berkisar Rp 4-20 juta.
Bagaimana Brosis masih minat untuk coating mobil, tidak ada salahnya jika ingin tampilan mobil terlihat selalu kinclong. Akan tetapi jika dirasa terlalu berlebihan masih ada alternatif lainnya seperti polish dan wax mobil, yang biayanya cenderung lebih bersahabat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu