Pengertian, Jenis dan Fungsi Kunci Momen (Kunci Torsi) Lengkap

Apa yang dimaksud Kunci Momen? Torque wrench atau kunci torsi adalah salah satu alat (tool) khusus untuk mengencangkan dan mengendorkan mur dan baut dengan acuan skala ukuran yang bisa ditentukan.

Kunci momen biasanya berdimensi panjang dengan dilengkapi pen diujung kunci. Pen tersebut berguna untuk memasang kunci socket dan untuk handle berada di sisi lainnya yang jika diamati biasanya terdapat skala ukuran.

Kunci momen ini kerap sekali digunakan untuk pengencangan baut-baut tertentu
misalnya saja baut pada cylinder head, baut penghubung crankshaft, dan mur con-rod cap yang seluruhnya diperlukan pengencangan sesuai aturan.

Apa fungsi dari torque wrench?

Fungsi Kunci Momen (Torque wrench)

Kunci momen berfungsi untuk mengukur tingkat kekencangan (gaya puntir) mur dan baut berdasarkan kualitas dari mur dan baut itu sendiri, hal ini ditujukan agar tingkat kekecangan mur dan baut pas tidak kurang (kendor) dan tidak lebih (dol).
 Torque wrench atau kunci torsi adalah salah satu alat  Pengertian, Jenis dan Fungsi Kunci Momen (Kunci Torsi) Lengkap
Gambar Kunci Momen
Brosis bisa melihat tabel ukuran kunci momen untuk masing-masing ukuran mur dan baut. Hal ini penting dilakukan untuk mengantisipasi kerusakan baut dengan tempat baut itu sendiri.

Jenis-jenis Kunci Momen

Ada beragam macam jenis kunci momen yang beredar di pasaran tanah air, setidaknya ada lima jenis kunci torsi yang dapat digunakan sesuai kebutuhan masing-masing.

Walaupun demikian cuman ada 3 jenis kunci momen yang sering digunakan (umum) oleh kebanyakan orang. Apa saja jenis kunci momen tersebut, berikut rinciannya.
 Torque wrench atau kunci torsi adalah salah satu alat  Pengertian, Jenis dan Fungsi Kunci Momen (Kunci Torsi) Lengkap
Jenis-jenis Kunci Momen

Macam-macam Jenis Kunci Momen

  1. Kunci momen jenis Dial Indicator
  2. Kunci momen jenis Jarum Penunjuk (DDeflecting Beam)
  3. Kunci momen jenis Pneumatic
  4. Kunci momen jenis Click Adjustable
  5. Kunci momen jenis Digital
  6. Kunci momen jenis Hydraulic
Bagaimana cara menggunakan kunci momen?

Cara Menggunakan Kunci Momen

Cara memakai kunci momen ini sangat mudah Brosis lakukan di rumah, cekidot.

Kunci Torsi Jenis Jarum Penunjuk

Model kunci momen ini sangat familiar dipakai di rumahan atau pun di bengkel. berikut langkah-langkah menggunakan kunci momen tersebut.

Pasangkan kunci shock tepat bagian kepala kemudian kencangkan baut perlahan tapi bertenaga sampai jarum penunjuk berputar di angka yang sudah ditentukan.

Baca Juga: Fungsi Turbocharger Pada Mesin Diesel

Sebelum memakai kunci momen jenis jarum penunjuk ini, ada baiknya Brosis lihat dulu ukuran kekencangan baut tersebut. Sebaiknya jangan dipaksakan jika melebihi batas maksimal kunci momen.

Selain itu besar dan kecilnya bentuk kunci momen juga berpengaruh terhadap tingkat ukuran momen yang bisa dihasilkan, semakin besar kuncinya semakin besar momen yang mampu diatasi.

Kunci Torsi Jenis Click Adjustable

Nah, untuk cara memakai kunci momen jenis click adjustable itu lebih mudah. Hal ini karena kita tidak perlu repot-repot lagi melihat secara seksama bar jarum penunjuk.

Cukup setel ukuran tingkat kekecangan baut sebelum menggunakannya, kemudian pasang kunci momen dan putar perlahan sampai bunyi klik.

Bunyi tersebut menandakan bahwa tingkat kekecangan baut sudah pas sesuai pengaturan yang diinginkan.

Nah, untuk jenis kunci torsi lainnya kurang lebih sama cara penggunaannya.

Sekedar tambahan tips cara kalibrasi kunci torsi berikut ulasannya.

Cara Kalibrasi Kunci Momen (Torque wrench)

Kalibrasi ulang kunci momen bisa dilakukan setiap 5.000 kali putaran (12 bulan) sekali.

Berakhir sudah tentang pengertian, jenis, dan fungsi kunci momen (Torque wrench) atau kunci torsi. Sekian dan terimakasih, salam otomotif.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu