Pengertian Oskilasi Pada Bodi Kendaraan


- Pengertian Oskilasi Pada Bodi Kendaraan Dan Jenisnya.

Oskilasi adalah pergerakan bodi kendaraan akibat gaya yang diterima dari luar saat berkendara. Jenis oskilasi beragam tergantung arah pergerakan bodi saat menerima gaya. Dan berikut jenis-jenis oskilasi pada kendaraan.

1. Rolling


Rolling merupakan oskilasi yang terjadi saat mobil menikung. Hal ini dapat dirasakan saat mobil menikung ke kanan, penumpang akan merasa terlempar atau terasa goyang ke kiri akibat gaya centrifugal.

Disaat itu juga, suspensi di sebelah kanan mengembang, suspensi di sebelah kiri mengkerut dan sebaliknya. Rolling juga dapat terjadi berlebihan jika suspensi sudah mulai rusak, efeknya saat mobil menikung mobil akan terasa limbung atau terasa seperti mau terbalik.

2. Pitching


Pitching merupakan gerakan naik turun bodi mobil depan dan belakang terhadap titik tengah mobil. Pergerakan bodi mobil ini dapat dilihat dari samping mobil, yaitu bergeraknya bodi depan dan belakang mobil secara bergantian. Yaps, ibarat seperti jungkat-jungkit.

3. Bouncing


Bouncing merupakan pergerakan bodi depan dan belakang mobil secara bersamaan. Untuk melihatnya tetap dilihat dari samping mobil. Pergerakan ini terjadi karena mobil melewati jalan yang bergelombang.

4. Yawing


Yawing merupakan pergerakan bodi kendaraan memanjang ke arah kanan dan kiri terhadap titik tengah kendaraan. Yawing dapat terjadi ketika mobil melewati jalan yang tidak rata, berbatu dan sebagainya.

Yap sekian dari fz tentang oskilasi, semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments

Close Menu