Pengertian VVT-I Dan Dual VVT-i | Perbedaan, Kelebihan dan Prinsip Kerja


- Hampir di semua mobil zaman now, teknologi ini sudah tersemat pada mesin mobil. Seperti di pabrikan Toyota menamai teknologi ini VVT-i.

Pabrikan lain seperti Mitsubishi juga menyematkan teknologi ini, namun dinamai dengan nama MIVEC. Pabrikan Honda menamainya VTEC dan i-VTEC.

Namun kali ini kita akan bahas mengenai VVT-i.

A. Apa itu VVT-i ?

VVT-i atau Variable Valve Timing Intelegent.

Fungsinya.?

VVT-i diciptakan sebagai mekanisme yang bertugas mengatur pengubahan timing pembukaan valve atau katup mesin.

VVT-i disematkan untuk mencegah valve overlap. Dimana saat mesin bekerja dalam putaran tinggi, katup "sedikit" terlambat membuka saat piston melakukan langkah hisap. Hal tersebut wajar mengingat gerakan piston yang sangat cepat.

Jika katup lambat membuka, maka akan terjadi kevakuman yang berujung menghambat RPM mesin. Singkatnya, tenaga mesin kurang.

Untuk itu tercipta dan tersemat teknologi VVT-i pada mesin untuk membuka katup intake lebih awal saat piston bergerak melakukan langkah hisap agar aliran udara lebih lancar masuk ke mesin.

Keuntungan Sistem VVT-i Pada Mesin

  1. Tenaga mesin lebih besar
  2. Putaran mesin lebih tinggi
  3. Bahan bakar lebih efisien, dan
  4. Emisi gas buang lebih terjaga

B. Prinsip (cara kerja) VVT-i


Seperti diawal, VVT-i menggunakan sistem yang dapat mengubah sudut agar dapat menyesuaikan posisi camshaft dengan gerakan piston saat putaran tinggi. Artinya posisi camshaft lebih fleksibel.

Semua karena komponen VVT-i memiliki cam dan sprocket gear yang terpisah. Tidak seperti komponen camshaft biasa yang pemasangannya kaku hingga tidak ada proses pengubahan sudut cam.

Pada VVT-i, sprocket gearnya memiliki komponen tambahan. Komponen tambahan ini terdapat sistem yang dapat mengubah sudut camshaft sekitar 5 derajat.

Maksudnya, camshaft dapat diputar hingga 5 derajat ke kanan atau ke kiri tetapi tidak membuat sprocket gear berputar.

Seperti gambar berikut :


Jika rentang putaran mesin dari rendah sampai menengah, VVT-i mengatur posisi camshaft pada sudut normalnya.

Jika putaran mesin mulai meningkat dan makin tinggi, VVT-i akan memajukan sudut camshaft sesuai putaran mesin agar katup intake selalu terbuka lebih awal.

Pertanyaannya, bagaimana VVT-i bisa memajukan timing pembukaan katup.?

Ketika mesin bekerja dalam putaran tinggi, tekanan oli pun semakin meningkat tinggi. Nah tekanan oli yang tinggi ini dimanfaatkan oleh VVT-i untuk dapat mengubah sudut camshaft (lebih maju).

Fix, VVT-i untuk mengubah sudut camshaft saat putaran mesin tinggi.


C. Perbedaan VVT-i dan Dual VVT-i

VVT-i dan Dual VVT-i sebenarnya sama saja. Pada awalnya, VVT-i disematkan pada mesin SOHC. Lalu kemudian dikembangkan pada mesin DOHC.


Di mesin DOHC pada awalnya juga disematkan VVT-i pada camshaft intakenya saja. Sedangkan camshaft exhaustnya masih konvensional atau biasa saja.


Namun sekarang baik cam intake maupun cam exhaust disematkan teknologi VVT-i. Otomatis jumlah VVT-inya ada dua atau sepasang, karena itulah disebut Dual VVT-i.

Efeknya ke mesin jika ada dua VVT-i bagaimana.? Jelas, satu saja sudah bagus apalagi dua kan.? 

Asal jangan diduakan, itu berat, gak akan kuat.

Okedeh, sekian dari fz tentang VVT-i, keep ganteng dan semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu