Penyebab Bunyi Dengung Pada Motor

Kenali gejala bunyi dengung secara tiba - tiba yang di hasilkan dari suara mesin motor kita,
bunyi dengung pada sepeda motor sangatlah banyak, namun kita harus bisa mengenali dari mana suara dengung itu berasal, dan jangan buru - buru untuk membongkar di satu titik saja.

Kali ini saya akan memberikan pengalaman saya pada saat saya mendapat pasien sepeda motor suzuki shogun 125, dimana di keluhkan oleh empunya karena motor kesayangan miliknya dalam tiga hari terakhir mengeluarkan bunyi dengung, terkadang bunyi itu hilang dan terkadang ada, dan jika pada saat bunyi ngung ngung lampu pada motor tersebut jadi redup.

Dari masalah itu dan mendengar cerita empunya motor tersebut saya mulai mengecek dari mana asal muasal bunyi tersebut berasal, setelah saya mengecek bunyi tersebut saya langsung menyimpulkan bahwa suara dengung tersebut terletak pada bagian bak magnet mesin motor dan berfikir bahwa adanya konsleting dari spullnya, kalau bunyi dengung gigi nanas akan ketahuan pada saat motor di bawa jalan, tetapi motor ini mesin hidup tanpa di bawa jalan pun berbunyi ngung ngung seperti speaker salon yang terlalu banyak basnya jadi agak bunyi sember gitu.

Setelah saya menyimpulkan letak bunyi itu pada bagian bak magnet kemudian saya bongkar bak magnetnya dan saya lihat pada bagian spull motor tersebut, setelah saya teliti dengan melihat kawat kumparan tersebut saya mulai curiga dengan salah satu pertemuan antara dua kawat kumparan spull itu karena terlihat gosong.


Akhirnya saya renggangkan antara dua kawat spull itu supaya tidak bersentuhan dan terjadi konsleting, kemudian saya beri sedikit lem plastik steal untuk mengantisipasi dari menempel kembali antara dua kawat kumpuran spull tersebut.

Setelah semua kawat dirasa aman dan tidak ada yang gosong dan menempel, selanjutnya saya mulai pasang kembali spull tersebut, dan setelah semua terpasang dengan benar saya coba hidupkan mesin motornya, dan akhirnya bunyi dengung tersebut hilang.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu