Penyebab Dan Cara Mengatasi Gas Motor Nyangkut


- Gas nyangkut merupakan hal yang dapat membahayakan sang pengendara saat berkendara.

Gas nyangkut ini membuat motor terus melaju tanpa kendali karena gas tidak mau turun atau meninggi dengan sendirinya. Jika hal ini terjadi jangan panik. Usahakan tetap fokus mengendalikan motor anda.

Penyebab gas motor nyangkut beragam, mulai dari sudah ausnya tali gas, handle gas, dan hal-hal lainnya. Berikut ulasannya.

Penyebab Gas Motor Nyangkut/Naik Sendiri

1. Tali Gas Mulai Aus

Jika tali gas aus, maka handle gas pun akan terasa berat dan tidak nyaman digunakan untuk berkendara. Selain itu, tali gas atau seling di dalam kabel gas akan seret karena bergesekan entah itu dengan kabel gasnya, kotoran misal karat, atau seling gas seret tidak ada pelumas. Hal terburuknya tali gas dapat putus jika terus digunakan.

Untuk mengatasinya segera ganti tali gas. Tujuannya selain mencegah tali gas putus, tali gas yang baru juga akan membuat pergerakan handle maupun tali gas itu sendiri akan lebih lancar dan tidak membuat gas nyangkut.

2. Handle Gas yang Rusak

Handle gas juga dapat menjadi penyebab gas nyangkut. Salah satunya jika handle gas seret karena di dalamnya terdapat kotoran ataupun karat hingga membuat pergerakan handle berat dan lambat turun.

Untuk mengatasinya, coba lihat dahulu kondisi handle gas, jika masih bisa digunakan bongkar, bersihkan lalu beri pelumas pada handle. Jika handle gas rusak parah, segera ganti.

3. Skep Karburator Kotor

Skep karburator yang kotor membuat baret permukaan skep yang berakibat pada sulitnya gerakan skep naik ataupun turun. Nah disitu gas akan terasa nyangkut walaupun gas sudah kembali ke posisi awal.

Untuk mengatasi baret pada skep cukup bongkar skep lalu amplas dengan amplas halus. Bersihkan seluruh bagian karburator lalu berikan sedikit pelumas di permukaan skep lalu pasang kembali. Jangan lupa pasang filter udara atau ganti juga filter udara jika dirasa sudah sangat kotor.

Nah itu dia dari fz tentang gas motor yang nyangkut, semoga bermanfaat.

Posting Komentar

0 Komentar

Close Menu